Sukses


Bungkam Peru, Brasil Juarai Copa America 2019

Bola.com, Rio de Janeiro - Timnas Brasil menyabet gelar juara Copa America 2019 setelah menundukkan Timnas Peru 3-1 pada final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (8/7/2019) dini hari WIB. 

Selecao kembali mencicipi titel Copa America setelah kali terakhir meraihnya pada 2007 alias 12 tahun silam. Ini sekaligus menjadi titel kesembilan bagi Brasil di turnamen antarnegara America Selatan tersebut. 

Tiga gol Brasil masing-masing disumbangkan Everton Soares, Gabriel Jesus, dan Richarlison. Satu-satunya gol Timnas Peru diukir oleh Paole Guerrero. 

Posisi Brasil sempat terancam karena harus kehilangan pemain pada menit ke-70 ketika Gabriel Jesus mendapat kartu kuning kedua, alias berbuah kartu merah. Keputusan itu tak dapat diterima Jesus yang marah pada wasit Roberto Tobar. 

Saat kehilangan satu pemain, Brasil sedang unggul 2-1 melalui gol Soares pada menit ke-15 dan Jesus pada injury time babak pertama.  Peru juga mendapat satu gol pada menit ke-44 melalui penalti Guerrero. 

Unggul jumlah pemain hampir saja dimanfaatkan Peru untuk menayamakan skor. Aksi pemain Peru Yotun memaksa Alisson Becker bekerja keras mengamankan gawangnya.

Namun, harapan Peru menyamakan skor akhirnya pupus setelah Brasil mencetak gol ketiga melalui penalti Richarlison, yang menyudahi pertandingan.

Wasit memberikan penalti setelah Everton dilanggar Zambrano di kotak terlarang. Brasil akhirnya sukses menjadi kampiun Copa America 2019.  

 

2 dari 2 halaman

Tak Terbendung

Pada pertandingan tersebut, Brasil sebenarnya tak sepenuhnya menguasai permainan. Bahkan, pada menit-menit awal Peru sempat memegang kendali. Beruntung tak ada peluang yang benar-benar berbahaya mengancam jala Selecao.  

Brasil baru bisa benar-benar keluar dari tekanan setelah pertandingan berjalan lebih dari 10 menit. Tak lama berselang lahir gol pertama Brasil. Meski Peru sempat menyamakan skor, Tim Samba akhirnya tak terbendung ke tangga juara. 

Kemenangan tersebut disambut suka cita oleh suporter Brasil. Apalagi, kali ini mereka juara di kandang sendiri. Penantian panjang untuk kembali menjuarai Copa America 2019 akhirnya juga tercapai sudah. 

 

Video Populer

Foto Populer