5 Pesepak Bola dengan Klausul Pelepasan Termahal di Dunia

Oleh Ario Yosia pada 18 Jul 2019, 12:00 WIB
Antoine Griezmann

Bola.com, Jakarta - Barcelona sukses mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Sang pemain direkrut dengan biaya yang mencapai 120 juta euro.

Barcelona mendapatkan pemain Prancis tersebut usai mengaktifkan klausul rilisnya yang terpancang di angka €120 juta. Griezmann kemudian diikat kontrak lima tahun.

Kehadiran Griezmann tentu saja akan meningkatkan kekuatan lini depan Barcelona. Ia sepertinya akan membentuk trio penyerang baru bersama Luis Suarez dan Lionel Messi.

Barcelona menilai Griezmann sebagai rekrutan yang sangat penting. Karena itu sang pemain dipagari dengan klausul rilis yang nilainya sangat fantastis, bahkan melebihi Lionel Messi.

Barcelona memasukkan klausul rilis yang mencapai 800 juta euro di dalam kontraknya. Hal itu dimaksudkan agar tidak ada klub yang berani membajaknya.

Selain Griezmann, ternyata masih ada pemain lainnya yang memiliki klausul rilis yang cukup tinggi. Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya seperti dilansir Sportskeeda.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Lionel Messi

Barcelona Vs Liverpool
Duel Virgil van Dijk melawan Lionel Messi saat Liverpool bertandang ke markas Barcelona, Camp Nou, dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis dini hari WIB (2/5/2019). (AP/Joan Monfort)

Salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Lionel Messi dihargai sangat tinggi oleh Barcelona. Dia saat ini adalah pemain sepak bola dengan penghasilan tertinggi di dunia dan memiliki klausul rilis 700 juta euro. Messi sudah menjadi pemain terbaik Barcelona dalam dekade terakhir dengan memenangkan lima Ballon d'Or, sebuah rekor yang ia pegang dengan Cristiano Ronaldo.

Messi sudah menyatakan berkali-kali bahwa dia tidak akan meninggalkan Barcelona. Namun, jika ada klub yang ingin mengontraknya, klausul rilis yang sangat besar ini akan menjadi penghambatnya.

Selain Messi, ada beberapa pemain Real Madrid yang mempunyai klausul rilis di angka 700 juta euro. Mereka adalah Vinicius Junior, Marco Asensio dan Isco.

3 of 6

Brahim Diaz

Brahim Diaz
Gelandang Real Madrid asal Spanyol, Brahim Diaz. (AFP/Gabriel Bouys)

Salah satu kejutan dalam daftar ini adalah Brahim Diaz, pemain muda Spanyol yang direkrut Real Madrid dari Manchester City. Dia sudah membuat beberapa penampilan di La Liga untuk Madrid tetapi belum mampu menjadi pilihan utama di tim utama.

Diaz secara mengejutkan memiliki klausul rilis sebesar 750 juta euro. Dia adalah pemain yang memiliki potensi untuk menjadi pemain kelas dunia tetapi terlalu dini untuk mengatakan sang pemain sudah mendekatinya.

Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menunggu dan melihat apakah klausul rilisnya pernah diaktifkan. Dengan banyaknya bintang di tim utama Madrid, Diaz harus menghadapi persaingan ketat untuk menemukan tempat di starting eleven.

4 of 6

Luka Modric

Real Madrid
4. Luka Modric - Peraih Ballon d'Or musim lalu ini usianya sudah memasuki 33 tahun saatnya Real Madrid melakukan regenerasi, selain itu menjualnya akan membuat Eden Hazard bisa memakai nomor punggung 10 yang menjadi kesukaannya. (AFP/Gabriel Bouys)

Pemenang Ballon d'Or saat ini Luka Modric memiliki klausa rilis yang sangat besar di dalam kontraknya. Dia memiliki klausul rilis yang mencapai 750 juta euro saat ini.

Modric saat ini sedang dalam tahun-tahun terakhir masa jayanya. Dia memiliki karir yang cemerlang dan akhirnya berhasil merusak dominasi Messi dan Ronaldo dalam ajang Ballon d'Or.

Bahkan jika Madrid bersedia menjual sang gelandang itu, cukup jelas bahwa mereka tidak akan mengharapkan siapa pun untuk menebus klausul rilisnya. Dengan penampilan buruk pada musim kemarin, akan lebih baik melihat dulu kinerjanya pada sesi pra-musim.

5 of 6

Antoine Griezmann

FOTO: 7 Pemain Barcelona dengan Nilai Release Clause Tertinggi
Antoine Griezmann (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Antoine Griezmann belum lama ini bergabung dengan Barcelona. Tim Catalan menebus klausul rilisnya yang mencapai 120 juta di Atletico Madrid.

Setelah datang ke Barcelona, Griezmann dipagari dengan klausul rilis sebesar 800 juta euro. Hal itu untuk memastikan bahwa klub lain tidak akan bisa mendapatkannya dengan mudah.

Akan menyenangkan melihat Griezmann bermain bersama Messi dan Suarez pada musim depan. Setelah puasa gelar Liga Champions, Barcelona sepertinya akan mengandalkan Griezmann untuk mendapatkan gelar tersebut.

6 of 6

Karim Benzema

Momen Kebahagiaan Zidane dan Pemain, Real Madird
Karim Benzema memeluk Zidane saat meraih trofi Liga Champions di San Siro Stadium, Milan, (28/5/2016). Zinedine mundur sebagai pelatih Madrid 31 Mei 2018. (AFP/Filippo Monteforte)

Karim Benzema merupakan pemain dengan klausul rilis terbesar. Ia memiliki klausul rilis sebesar 1 miliar euro.

Benzema sudah melewati masa jayanya meskipun dia masih tetap menjadi pencetak gol utama Real Madrid. Menariknya, Ronaldo juga memiliki klausul rilis yang sama dengan Benzema tetapi kemudian berkurang setelah sang pemain menyatakan keinginannya untuk pergi.

Mungkin saja hal yang sama akan terjadi pada Benzema jika dia ingin meninggalkan Madrid. Terlebih sang pemain sudah memasuki usia 31 tahun dan produktivitasnya menurun.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓