6 Fakta Unik yang Tak Banyak Diketahui Publik Tentang Bek Anyar Juventus, Matthijs de Ligt

Oleh Ario Yosia pada 19 Jul 2019, 10:01 WIB
Matthijs de Ligt

Bola.com, Jakarta - Raksasa Serie A Italia Juventus akhirnya mengumumkan secara resmi transfer Matthijs de Ligt dari Ajax Amsterdam. Bek sentral 19 tahun itu diboyong senilai 75 juta euro. Ia diikat selama lima tahun.

Pekan lalu, De Ligt sudah menyepakati kesepakatan personal dengan Juventus yang akan membuatnya bergaji 12 juta euro per musim. Sejak Selasa (26/7/2019) sang bek berada di Turin untuk menjalani tes medis.

Juventus dan Ajax lantas mengonfirmasi kepindahan De Ligt melalui laman resminya pada Kamis (18/7) ini.

"De Ligt adalah Bianconero. Selamat datang, Matthijs!" tulis Juventus.

Di rilis resmi Juventus juga merinci detail transfer De Ligt, yakni mahar senilai 75 juta euro yang bisa dicicil selama lima tahun dan biaya tambahan senilai 10,5 juta euro.

Peresmian ini sekaligus mengakhiri saga transfer De Ligt di musim panas ini. Semenjak sukses mengantar Ajax lolos ke semifinal Liga Champions musim lalu, sang pemain jadi gulali incaran banyak klub top Eropa.

Barcelona, Manchester United, dan Paris Saint-Germain, paling getol melakukan negosiasi. Namun, De Ligt memutuskan memilih Juventus.

De Ligt menjadi rekrutan ketujuh Bianconeri di musim panas ini setelah Adrien Rabiot, Aaron Ramsey, Gianluigi Buffon, Luca Pellegrini, Merih Demiral, dan Cristian Romero.

Kehadirannya diharapkan bisa membawa skuad Maurizio Sarri makin dominan di Serie A Italia hingga mengakhiri dahaga gelar Liga Champions.

Bola.com menyajikan fakta-fakta unik yang tak diketahui publik menyangkut Matthijs de Ligt. Simak cerita-ceritanya di bawah ini.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 7

Punya Saudara Kembar

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt bersama keluarganya. (lifebogger.com)

Matthijs de Ligt lahir pada 12 Agustus 1999, di Leiderdorp, Belanda. Ia lahir dari ayahnya, Frank de Ligt, dan ibu Vivian de Ligt dan tumbuh bersama dengan adik laki-lakinya yang bernama Wouter. Dia memegang kewarganegaraan Belanda. Zodiaknya adalah Leo. Ia juga memiliki saudara kembar bernama Fleur dan Wouter. Agamanya Kristen.

 

3 of 7

Awalnya Bermain Tenis

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt, awalnya ingin jadi petenis profesional. (lifebogger.com)

Pada usia lima tahun, ia mulai menggeluti tenis dengan cita-cita tinggi ingin jadi petenis profesional. Dia diperkenalkan ke sepak bola oleh temannya. Segera terpesona olehnya, ia tekun memoles skillnya untuk kemudian memulai petualangan di klub junior FC Abcoude.

4 of 7

Awalnya Bermain Sebagai Gelandang

Ajax Amsterdam Latihan
Pemain Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt, melakukan sesi latihan jelang laga semifinal Liga Champions di Stadion Johan Cruyff, Rabu (8/5). Ajax Amsterdam akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur. (AP/STR)

Pada usia sembilan tahun, ia bergabung ke Akademi Ajax Amstedam, bermain untuk tim kedua U-11. Di masa-masa awal kariernya, Matthijs bermain sebagai gelandang. Gol pertamanya datang ketika ia bermain untuk tim kedua U-15.

Potensi Matthijs sebagai pemain bertahan diperhatikan oleh pelatihnya yang kemudian menjadikannya sebagai bek tengah. Bakatnya mulai jadi pusat perhatian datang pada 2015 saat bermain di Piala Masa Depan (turnamen belia populer di Belanda).

Meskipun Ajax gagal juara di turnamen itu, Matthijs didapuk sebagai pemain terbaik. Di tahun yang sama ia juga meraih penghargaan serupa di Copa Amsterdam. Setelah dianugerahi AFC Ajax Talent of the Future pada 2016, karier Matthijs melesat. Pada bulan Agustus, Matthijs melakukan debut profesionalnya untuk Jong Ajax dalam pertandingan melawan FC Emmen.

5 of 7

Debut di Ajax Langsung Cetak Gol

Aksi Matthijs de Ligt Saat Berduel dengan Ronaldo
Bek Ajax Amsterdam Matthijs De Ligt menggiring bola dari kejaran penyerang Portugal Cristiano Ronaldo sleama pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions di Johan Cruijff ArenA di Amsterdam (10/3/2019). (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Pada bulan September 2016, Matthijs de Ligt melakukan debut untuk tim senior Ajax dalam pertandingan Piala Belanda melawan Willem II. Pada 25 menit tampil di lapangan, Matthijs mencetak gol profesional pertamanya, sehingga menjadi pencetak gol termuda ke-2 yang pernah ada setelah Clarence Seedorf.

Menambah daftar prestasi, di tahun yang sama, Matthijs menjadi pemain termuda yang pernah bermain di final Liga Europa.

6 of 7

Debut Kilat di Timnas Belanda

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt saat membela Timnas Belanda dan kini santer dikaitkan dengan Barcelona (EMMANUEL DUNAND / AFP)

Pada bulan Maret 2017, Matthijs melakukan terobosan besar dalam kariernya dengan melakukan debut di Timnas Belanda dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia melawan Bulgaria. Ia tercatat menjadi debutan De Oranje termuda sejak Mauk Weber.

7 of 7

Pacaran dengan Pemain Hoki

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt berfoto bersama kekasihnya. (Instagram)

De Ligt menjalin hubungan asmara dengan, Annick Diekman, atlet hoki yang bermain untuk HC Athena Amsterdam. Hubungan mereka mulai terjalin sejak 2014.

Keduanya telah hidup bersama untuk waktu yang lama tetapi mereka belum memutuskan akan menikah. Pasangan itu menjalani kehidupan yang bahagia. Dia sering terlihat mem-posting foto dengan pacarnya di Instagram di berbagai tempat. Selain itu, duo ini sering terlihat menikmati liburan mereka di tempat-tempat umum, bukit, dan pantai, dan banyak lainnya.

Sumber: The Famous People

Lanjutkan Membaca ↓