Eksklusif ICC 2019 Singapura: Jadi Tuan Rumah, Singapura Tampung Penggemar Sepak Bola dari Asia Tenggara

Oleh Aditya Wicaksono pada 19 Jul 2019, 04:45 WIB
International Champions Cup 2019 - ICC 2019

Bola.com, Singapura - International Champions Cup (ICC) merupakan kompetiti pramusim klub Eropa yang diadakan setiap tahun. Sejak kali pertama diadakan pada 2013, ICC mengalami evolusi, sehingga memakai format sekarang, yaitu diadakan hampir di seluruh benua.

Tahun 2019 menjadi kali kedua ICC menggunakan format worldwide, artinya semua klub peserta berada dalam satu klasemen dan bermain di seluruh belahan dunia. Nantinya, hanya ada satu klub yang menjadi juara setelah akumulasi seluruh pertandingan.

Untuk edisi 2019, Bola.com mendapat kesempatan untuk menyaksikan secara langsung ICC yang diadakan di Singapura. Kesempatan ini merupakan kesempatan kedua bagi Bola.com untuk meliput ICC secara eksklusif, semoga terus mendapat kepercayaan ya untuk musim-musim berikutnya.

Singapura merupakan negara di Asia Tenggara yang menjadi hub atau penghubung antarnegara. Masyarakat internasional memang melihat Singapura sebagai suatu negara yang memiliki masyarakat global.

Walaupun luas wilayahnya tidak terlalu besar, namun Singapura termasuk ke dalam satu di antara negara maju di dunia. Tidak heran, ICC diadakan di negara tersebut.

Pada tahun 2019, Singapura kebagian untuk menggelar dua pertandingan, yaitu laga antara Manchester United dan Inter Milan, serta laga antara Juventus dan Tottenham Hotspur. Melihat klub yang berlaga, daya tariknya menjadi sangat besar.

Manchester United, Inter Milan, dan Juventus, sudah memiliki basis suporter global. Lalu, Tottenham Hotspur merupakan klub yang sedang memperbesar citranya. Pada musim kemarin, Tottenham menjadi finalis Liga Champions.

2 of 2

Serbuan Warga Asia Tenggara

International Champions Cup 2019 - ICC 2019
Acara aktivasi ICC 2019 yang memberikan hadiah utama berupa tiket pertandingan. (Bola.com/Aditya Wicaksono)

Kehadiran klub-klub tersebut untuk bertanding di Singapura mendapat sambutan yang luar biasa. Sambutan itu bukan datang dari warga Singapura saja, justru lebih banyak dari masyarakat Asia Tenggara yang berbondong-bondong datang ke Singapura untuk melihat klub favoritnya, tidak terkecuali dari Indonesia.

Hal itu dirasakan dari banyaknya warga Indonesia yang berdatangan ke Singapura pada akhir pekan ini. Singapura dibanjiri para penggila sepak bola yang ingin menyaksikan klub-klub top Eropa bertanding.

Pada acara aktivasi yang diadakan di Suntec City, Kamis (18/7/2019), terlihat bagaimana antusiasme masyarakat terhadap ICC. Acara tersebut melombakan sejumlah permainan, dengan hadiah utama adalah tiket pertandingan.

Antusiasme tersebut membuktikan kalau sepak bola adalah olahraga yang universal. Di mana pun sambutan masyarakat terhadap sepak bola akan positif. Kehadiran warga Asia Tenggara untuk menyaksikan laga ICC di Singapura, menjadi bukti yang kongkret.

Semoga saja, datang saatnya Indonesia juga menjadi tuan rumah untuk ICC, sehingga bisa menunjukkan identitasnya sebagai satu di antara negara di dunia yang memiliki kecintaan mendalam terhadap sepak bola.

Lanjutkan Membaca ↓