5 Pesepak Bola Bergaji Termahal di Lima Kompetisi Elite Eropa

Oleh Ario Yosia pada 27 Jul 2019, 09:30 WIB
FOTO: Gaya Cristiano Ronaldo saat Tiru Selebrasi Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Forbes baru saja merilis daftar 100 atlet dengan pendapatan tertinggi di tahun 2019. Sejumlah pesepakbola top dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar masuk dalam daftar itu.

La Pulga berhasil menempati posisi puncak di antara pesepakbola lainnya. Bintang Barcelona itu memiliki pendapatan yang mencapai 127 juta dollar per tahun.

Di bawah Messi, ada bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Ronaldo menempati posisi kedua dengan total penghasilan mencapai 109 juta dollar.

Neymar juga masuk posisi tiga besar pesepakbola dengan pendapatan tertinggi. Penyerang PSG itu menghasilkan total 105 juta dollar per tahun.

Namun, Forbes merilis data tersebut dengan memperhitungkan pendapatan keseluruhan mereka dan bukan hanya dari gaji yang mereka peroleh dari klub. Jika hanya gaji yang diperhitungkan, siapakah pesepakbola dengan bayaran tertinggi di masing-masing lima liga top Eropa?

Berikut ini lima pemain dengan gaji tertinggi dari masing-masing lima liga top Eropa seperti dilansir Fox Sports Asia.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Robert Lewandowski (Bundesliga)

Robert Lewandowski
Striker Bayern Munchen, Roberto Lewandowski melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Werder Bremen, pada laga lanjutan Bundesliga 2017-2018, di Stadion Weser, Sabtu (26/8/2017) malam WIB. (AFP/Patrik Stollarz)

Sejak 2013, Bayern merekrut Mario Gotze, Robert Lewandowski, dan Mats Hummels dari klub rival mereka Borussia Dortmund. Striker Polandia itu adalah satu-satunya pemain yang masih berada di klub sementara dua pemain lainnya sudah kembali ke Dortmund.

Lewandowski tidak pernah hampir kembali ke Dortmund tetapi ia sudah dikaitkan dengan pintu keluar dari klub dalam beberapa tahun terakhir. Namun, klub Bavaria itu sudah melakukan segala daya dan upaya mereka untuk membuatnya tetap bertahan di Jerman termasuk membuatnya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di liga.

Lewandowski mendapat 1,33 juta euro sebulan di Bayern tetapi ketika gajinya dibandingkan dengan striker di liga top Eropa lainnya, sepertinya gajinya tidak terlalu besar. Misalnya, Pierre-Emerick Aubameyang yang meninggalkan Bundesliga untuk bergabung dengan Arsenal mendapatkan penghasilan lebih besar daripada yang diraih Lewandowski saat ini.

3 of 6

Alexis Sanchez (Premier League)

Copa America 2019, Alexis Sanchez
Ekspresi striker Timnas Chile, Alexis Sanchez, setelah menjebol gawang Jepang pada laga Copa America di Cicero Pompeu de Toledo Stadium, Sao Paolo, Selasa (18/6/2019) pagi WIB. (AFP/Miguel Schincariol)

Pada Januari 2018, Manchester United harus membuat beberapa pengorbanan besar untuk meyakinkan Alexis Sanchez agar datang ke klub, bukan Manchester City.

Pertama, mereka harus memberikan Henrikh Mkhitaryan sebagai pengganti pemain asal Chile itu ke Arsenal dan kedua, mereka menjadikannya sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di liga.

Sanchez mendapat 2,28 juta euro per bulan di Manchester United dan wajar saja banyak hal-hal besar diharapkan dari sang pemain. Namun, Sanchez justru terbukti menjadi salah satu pemain terburuk di Premier League dan juga Manchester United.

Menurut Forbes, pendapatan Sanchez per tahun dari gaji dan endorsement mencapai sekitar 30,8 juta dolar. Hal itu menempatkannya sebagai atlet ke-53 di antara atlet-atlet berpenghasilan tertinggi di dunia saat ini.

4 of 6

Neymar (Ligue 1)

Neymar
Neymar (ROMAIN PERROCHEAU / AFP)

Neymar adalah pemain dengan bayaran tertinggi di Ligue 1 tetapi itu mungkin tidak akan bertahan lama selama dia aktif mencoba memaksa pindah ke Barcelona. Jika transfer itu terjadi, maka rekan setimnya di PSG, Kylian Mbappe, akan menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di papan atas Prancis.

Neymar, pemain termahal di dunia, mendapat 3,06 juta per bulan di klub Paris, tetapi wajar untuk mengatakan bahwa klub belum mendapatkan hasil dari investasi besar yang mereka lakukan. Superstar Brasil itu cedera parah di kedua musim di klub ketika mereka tersingkir dari Liga Champions.

Neymar adalah atlet dengan bayaran tertinggi ke-3 di dunia saat ini dengan mendapat 105 juta dollar setahun dari gaji dan endorsement. Dari endorsement saja, ia mendapat 30 juta dollar setahun dan hampir tidak mengejutkan mengingat ia memiliki kerja sama dengan merek terkenal seperti Nike, Red Bull, EA Sports, Mastercard, Gaga Milano, Gillette, Beats by Dre, dan DAZN.

5 of 6

Cristiano Ronaldo (Serie A)

Adu Penalti, Juventus Kalahkan Inter di ICC 2019
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan dalam laga International Champions Cup 2019 di Nanjing Olympic Sports Center Gymnasium, China (24/7/2019). Juventus menang adu penalti atas Inter Milan 4-2 (1-1). (Li Bo/Xinhua via AP)

Apakah ada yang meragukan pemain bergaji tertinggi di Serie A? Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus pada musim panas lalu dengan rekor transfer liga pada usia 33 tahun dan performanya tidak menunjukkan usianya.

Pemenang lima kali Ballon d'Or itu mendapat 4,7 juta euro per bulan di Juventus dan unggul sangat jauh dari pesaing terdekatnya. Untuk Juventus, investasi mereka terbayarkan di dalam dan di luar lapangan karena tiket musiman mereka terjual hampir secara instan meskipun harganya dinaikkan secara signifikan, penjualan kostum Juventus memecahkan rekor dan harga saham mereka melonjak.

Ronaldo adalah atlet bayaran tertinggi kedua di dunia menurut peringkat terbaru Forbes dan selain 65 juta dollar yang ia dapatkan dari gaji dan bonus per tahun, ia juga mendapatkan 44 juta dollar dari endorsement.

6 of 6

Lionel Messi (La Liga)

Hajar Argentina, Brasil Lolos ke Final Copa America 2019
Pemain Argentina Lionel Messi (dua kiri) berebut bola dengan pemain Brazil Philippe Coutinho saat semifinal Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Selasa (2/7/2019). Brasil lolos ke final Copa America 2019 setelah menghajar Argentina 2-0. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Pemain La Liga dengan gaji tertinggi, pesepakbola dengan gaji tertinggi dan atlet dengan bayaran tertinggi di dunia saat ini adalah Lionel Messi. Superstar Barcelona itu mendapat 8,3 juta euro per bulan dari gaji dan itu jauh lebih besar daripada yang didapat Ronaldo di Juventus.

Gaji besar Messi itu tidak mengejutkan karena ia sudah menandatangani delapan perpanjangan kontrak di Barcelona. Kontrak pertamanya pada 2005 dan dalam dua belas tahun berikutnya, ia memperpanjang kontraknya delapan kali. Perpanjangan kontrak terakhirnya terjadi pada November 2017 dan mengingat perannya di klub, Messi kemungkinan besar akan menandatangani perpanjangan kontrak lainnya tahun ini.

Messi adalah atlet dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes saat ini dengan penghasilan tahunan 127 juta dollar dan 92 juta dollar berasal dari gaji dan bonusnya. 35 juta dollar sisanya berasal dari endorsement dan beberapa merek terkenal yang ia wakili termasuk Adidas, Gatorade, Lays, Pepsi, Ooredoo, Mastercard dan Jacobs & Co.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓