10 Pensiunan Pesepak Bola Tersukses di Dunia

Oleh Ario Yosia pada 31 Jul 2019, 12:00 WIB
Maradona dan Pele

Bola.com, Jakarta - Di antara sederet atlet olahraga, pesepak bola jadi sosok paling populer dan dicintai. Bukan hanya cinta yang mereka dapatkan ketika mereka unjuk kualitas di lapangan sepak bola. Mereka tidak hanya meraih rasa hormat, kekaguman,  perhatian semua orang, uang, dan ketenaran.

Namun, semua ini didapat saat mereka masih aktif bermain. Banyak hal berubah ketika Anda tidak berada di lapangan lagi.

Kadang-kadang keadaan menjadi begitu drastis sehingga para pemain sepak bola harus mengambil pekerjaan yang tidak pernah mereka impikan.

Cerita pesepak bola asal Belanda, Berry van Aerle, yang mengais rezeki sebagai tukang pos usai gantung sepatu jadi contoh dunia berbalik 180 derajat begitu para pemain tak lagi jadi bintang lapangan. Mereka menghadapi kehidupan yang keras seperti orang-orang biasa lainnya.

Namun, tidak semua pemain melanjutkan kehidupannya pasca pensiun dengan cara menyedihkan, banyak eks pesepak bola tetap menikmati kesuksesan.

Situs Sports Show menyusun daftar 10 mantan pesepak bola top yang sukses mengarungi kehidupan baru usai gantung sepatu. Siapa-siapa saja mereka?

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 10

Gianfranco Zola

Maurizio Sarri - Gianfranco Zola
Maurizio Sarri bersama Gianfranco Zola. (AFP/Ian Kington)

Sejak pensiun, Gianfranco Zola menjalani karier manajerial yang sukses. Dia adalah pelatih Timnas Italia U-21 periode 2006-2008. Ia kemudian sempat jadi manajer West Ham United pada 2008-2010.

Selanjutnya gelandang serang legendaris Napoli dan Chelsea itu menandatangani kontrak 2 tahun dengan Watford. Terakhir, Zola tercatat sebagai asisten pelatih Chelsea mendampingi pelatih asal Italia lainnya, Gianfranco Zola.

3 of 10

Gerd Muller

10 Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia Dari Masa Ke Masa
Gerd Muller saat muda dan kini. (Istimewa)

Gerd Muller salah satu striker hebat yang pernah dimiliki Timnas Jerman. Ia top scorer sepanjang masa Bundesliga.

Setelah pensiun, ia sempat memiliki masalah kecanduan alkohol, tetapi ia masuk ke program rehabilitasi dan kini bersih.

Sejak itu, ia meniti karier di staf kepelatihan Bayern Munchen dan kini masuk jajaran direksi klub paling besar di Jerman itu. 

 

 

4 of 10

Pele

Ritual Aneh 9 Pesepakbola Terkenal Sebelum Memulai Pertandingan
Pele (AFP/Benedikt Loebel)

Pele dianggap sebagai salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa oleh para penggemar sepak bola. Ia jadi sosok kunci saat Timnas Brasil memenangi tiga gelar Piala Dunia periode 1960-1970.

Karena reputasinya di dalam dan luar lapangan usai pensiun Pela amat laku duta berbagai organisasi internasional.

Pele menjadi duta besar UNESCO dan duta besar PBB untuk ekologi dan lingkungan. Ia juga diangkat sebagai Presiden Kehormatan New York Cosmos pada 2010 hingga saat ini. Setiap ada sebuah fenomena sepak bola internasional, Pele selalu dimintai pendapatnya oleh media.

5 of 10

Gary Neville

Legenda MU Gary Neville
Gary Neville (JOSE JORDAN / AFP)

Sejak pensiun, Gary Neville langsung banting setir menekuni karier kepelatihan. Dia memegang lisensi kepelatihan UEFA dan ditunjuk sebagai staf kepelatihan Timnas Inggris pada tahun 2012.

Neville dianugerahi gelar kehormatan oleh University of Bolton untuk kontribusinya yang luar biasa pada sepak bola. Dia sering muncul di media, menulis kolom dan bekerja sebagai analis untuk berbagai saluran TV.

6 of 10

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane terhenyak melihat kekalahan telak 3-7 dari Atletico Madrid (Johannes EISELE / AFP)

Zinedine Zidane satu atlet Muslim terbesar sepanjang masa. Saat aktif bermain Zidane adalah seorang playmaker hebat. Ia mengantar negaranya Prancis juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Ia nyaris mempersembahkan gelar World Cup kedua bagi Tim Ayam Jantan jika saja tidak kena kartu merah saat Prancis bersua Italia di final. Ia menanduk Marco Materazzi dan kemudian diusir gelandang. Timnas Italia akhirnya keluar sebagai pemenang lewat drama adu penalti.

Ia kini melatih Real Madrid. Tiga gelar Liga Champions ia persembahkan buat El Real.

7 of 10

Sir Bobby Charlton

Manchester United (MU)
Dua top scorer Manchester United (MU) sepanjang masa, Sir Bobby Charlton dan Wayne Rooney. (Twitter)

Gelandang legendaris Manchester United, Sir Bobby Charlton, sempat menekuni dua kepelatihan usai pensiun sebagai pemain. Ia menukangi Preston North End.

Bobby kemudian didapuk Direktur Wigan Athletic dan sekarang menjabat sebagai anggota dewan direksi Manchester United. Charlton masuk Hall of Fame Sepak Bola Inggris.

Dia juga memenangkan penghargaan olah raga BBC dalam kategori pencapaian seumur hidup tahun 2008. Selain itu, dia terlibat dalam beberapa kegiatan amal dan organisasi terkemuka serta anggota Laureus World Sports Academy.

8 of 10

Luis Figo

Luis Figo anggap kemenangan Sepp Blatter adalah kekalahan seluruh sepakbola dunia. (AP Photo/Matt Dunham, File)
Luis Figo (AP Photo/Matt Dunham, File)

Bintang Timnas Portugal satu ini menikmati kesuksesan Real Madrid dan Internazionale Milan. Usai pensiun ia meniti karier sebagai duta dan pengusaha.

Ia masuk jajaran manajemen Inter Milan dan menjadi duta organisasi bertajuk “Stop TB Partnership.”

Ia punya bar bernama Network 90 di Portugal, yang jadi salah satu tempat nongkrong asyik bagi pencinta sepak bola.

 

9 of 10

Eric Cantona

Pesepak Bola yang Merambah ke Dunia Seni Peran
Eric Cantona (AFP/Stephane de Sakutin)

Setelah pensiun, mantan striker Timnas Prancis itu aktif di dunia hiburan. Dia tampil di berbagai film dan iklan TV. Cantona juga diangkat sebagai kapten tim sepak bola pantai nasional Prancis. Dia juga terlibat memproduseri album band rock Prancis, Dionysos.

Pada 2011, Cantona kembali ke dunia sepak bola ketika ia ditunjuk oleh New York Cosmos sebagai direktur sepak bola. Dia juga terlibat dalam sejumlah kegiatan politik dan telah jadi bintang iklan dua video game sepak bola.

10 of 10

David Beckham

David Beckham
Mantan pesepak bola Inggris, David Beckham menyaksikan babak semifinal Grand Slam Wimbledon di All England Lawn Tennis Club, Kamis (11/7/2019). David Beckham menjadi saksi petenis Rumania Simona Halep lolos ke final usai menang atas Elina Svitolina dari Ukraina 6-1, 6-3. (AP/Tim Ireland)

Diidolai banyak wanita saat aktif bermain, popularitas David Beckham tak meredup usai gantung sepatu.

Beckham, memiliki karier yang sensasional di dalam maupun di luar lapangan. Sang mantan bintang Manchester United menjadi ikon mode yang amat laku. Brand-brand besar rebutan menjadikannya bintang iklan.

Ia belakangan disebut-sebut bakal main film, berperan sebagai agen 007, James Bond. Di dunia sepak bola Beckham saat ini tercatat sebagai duta sepak bola China.

Lanjutkan Membaca ↓