Aston Villa dan Deretan Klub Paling Boros pada Bursa Transfer Musim Panas 2019

Oleh Rizki Hidayat pada 31 Jul 2019, 08:45 WIB
Aston Villa

Bola.com, Jakarta - Aston Villa menjadi satu di antara tiga klub Divisi Championship yang promosi ke Premier League musim 2019-2020. Demi bisa bersaing, The Villa aktif pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Aston Villa meraih tiket promosi ke Premier League 2019-2020 lewat jalur play-off. Pada laga final play-off di Stadion Wembley pada 27 Mei 2019, Villa meraih kemenangan 2-1 atas Derby County.

Tak ingin kembali terdegradasi, manajemen Aston Villa mengucurkan dana yang tak sedikit untuk belanja pemain. Berdasarkan data di Transfermarkt, The Villa menghabiskan uang 127 juta euro (Rp1,9 triliun) untuk mendapatkan 10 pemain.

Beberapa pemain yang diboyong Villa ke Villa Park adalah Wesley (Club Brugge), Tyrone Mings (Bournemouth), Douglas Luiz (Manchester City), Ezri Konsa (Brentford), dan Anwar El Ghazi (Lille).

Dengan dana tersebut, Aston Villa masuk jajaran klub paling boros pada bursa transfer musim panas tahun ini. Bahkan, pengeluaran Villa untuk belanja pemain lebih besar dibandingkan Bayern Munchen, klub raksasa Bundesliga, yang menghabiskan dana 118 juta euro (Rp1,8 triliun).

Selain Aston Villa, beberapa klub elite Eropa mengeluarkan uang hingga triliunan rupiah untuk merekrut pemain anyar pada musim panas tahun ini. Berikut ini daftar empat klub lainnya.

2 of 5

Juventus

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt resmi gabung Juventus dengan mengenakan nomor punggung 4. (Bola.com/Dok. Juventus)

I Bianconeri menjadi klub Serie A yang paling aktif dalam merekrut pemain anyar pada bursa transfer musim panas tahun ini. Manajemen Juve menghabiskan uang hingga 151 juta euro (Rp2,3 triliun) untuk membeli empat pemain.

Matthijs de Ligt menjadi pembelian termahal Juventus. Bek Timnas Belanda itu ditebus La Vecchia Signora dari Ajax Amsterdam dengan harga 85,5 juta euro (Rp1,3 triliun).

Selain membeli empat pemain, Juve juga menggaet tiga nama secara cuma-cuma. Tiga pemain gratisan itu adalah Aaron Ramsey (Arsenal), Adrien Rabiot (Paris Saint-Germain), dan Gianluigi Buffon (Paris Saint-Germain).

3 of 5

Barcelona

Antoine Griezmann
Penampilan rambut Antoine Griezmann saat resmi diperkenalkan Barcelona sebagai penghuni baru Camp Nou pada 14 Juli 2019. (Foto by Lluis Gene / AFP)

Barca menggaet lima pemain baru pada bursa transfer musim panas tahun ini, dan menghabiskan 237 juta euro (Rp3,7 triliun). Kelima pemain itu adalah Antoine Griezmann (Ateltico Madrid), Frenkie de Jong (Ajax), Neto (Valencia), Emerson (Atletico Mineiro), dan Marc Cucurella (Eibar).

Mayoritas dana belanja Los Cules dihabiskan untuk mendapatkan Griezmann. Penyerang Timnas Prancis itu ditebus El Barca dari Atletico dengan nilai yang mencapai 120 juta euro (Rp1,8 triliun).

Barcelona tampaknya belum akan berhenti dalam belanja pemain. Mereka santer disebut masih ingin memulangkan Neymar. Namun, sampai saat ini, pembahasan transfer Neymar dengan Paris Saint-Germain masih menemui jalan buntu.

4 of 5

Atletico Madrid

Joao Felix
Gelandang Atletico Madrid, Joao Felix tersenyum saat berpose dengan jersey klub barunya selama perkenalan dirinya di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid (8/7/2019). Pemain Portugal ini resmi diboyong Atletico seharga 126 juta euro dengan kontrak selama tujuh tahun. (AP Photo/Manu Fernandez)

Manajemen Los Rojiblancos mengucurkan dana hingga 243,5 juta euro (Rp3,8 triliun) untuk mendapatkan delapan pemain. Beberapa pemain yang diboyong Atletico adalah Joao Felix (Benfica), Marcos Llorente (Real Madrid), dan Kieran Trippier (Tottenham Hotspur).

Joao Felix berstatus sebagai pembelian termahal Atletico Madrid. Pemain 19 tahun itu dipinang Atletico dengan mahar 126 juta euro (Rp1,9 triliun) pada 3 Juli 2019.

5 of 5

Real Madrid

Eden Hazard
Eden Hazard diperkenalkan kepada media dan publik sebagai pemain anyar Real Madrid di Santiago Bernabeu, Jumat (13/6/2019).(AP Photo/Manu Fernandez)

Klub paling boros pada bursa transfer musim panas 2019 ditempati oleh Real Madrid. Sejauh ini, manajemen Los Blancos telah merogoh kocek hingga 303 juta euro (Rp4,7 triliun) untuk memboyong lima pemain.

Eden Hazard menjadi pemain paling mahal yang dibeli Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini. Pemain Timnas Belgia itu dibeli dari Chelsea dengan mahar sebesar 100 juta euro.

Selain Hazard, Real Madrid juga mengeluarkan uang sebesar 60 juta euro untuk memboyong striker Serbia, Luka Jovic, dari klub Jerman, Eintracht Frankfurt.

Kemudian, El Real juga membeli Eder Militao (50 juta euro), Ferland Mendy (48 juta euro), dan Rodrygo (45 juta euro).

Uang yang akan dikeluarkan Los Blancos akan bertambah lagi. Sebab, mereka sedang melakukan pendekatan dengan gelandang Manchester United, Paul Pogba, yang dibandrol seharga 120 juta poundsterling.

Sumber: Transfermarkt

Lanjutkan Membaca ↓