Starting XI Pemain Termahal di Dunia, Tembus Rp 18 Triliun

Oleh Rizki Hidayat pada 07 Agu 2019, 07:45 WIB
Ilustrasi bola

Bola.com, Jakarta - Klub-klub Eropa kerap menggelontorkan dana besar pada bursa transfer, baik musim panas maupun musim dingin. Bahkan, beberapa klub rela menggelontorkan uang hingga triliunan rupiah untuk membeli pemain.

Joao Felix menjadi pemain termahal pada bursa transfer musim panas tahun ini. Felix ditebus Atletico Madrid dari Benfica dengan banderol yang mencapai 126 juta euro (Rp 2 triliun).

Kehadiran pemain berusia 19 tahun tersebut bakal menggantikan peran Antoine Griezmann di lini depan. Griezmann hengkang ke Barcelona pada 12 Juli 2019.

"Saya memiliki peluang ini dan saya mengambilnya. Saya di sini untuk memberikan yang terbaik," kata Joao Felix, membuka alasannya gabung Atletico Madrid.

"Saya banyak mengikuti perkembangan La Liga, saya telah melihat Atletico memenangi gelar La Liga dan Liga Europa. Diego Simeone? Dia pelatih yang menyebarkan determinasi ke dalam tim, begitu banyak motivasi," lanjutnya.

Antoine Griezmann juga menyandang status pemain dengan nilai transfer termahal pada musim panas tahun ini. Penyerang Timnas Prancis itu didapatkan El Barca dari Atletico dengan banderol 120 juta euro (Rp ,9 triliun).

Selain Joao Felix dan Antione Griezmann, masih ada beberapa nama lainnya yang berstatus pemain termahal pada bursa transfer, mulai dari kiper, bek, gelandang, hingga penyerang.

Berikut ini adalah starting XI pemain termahal pada bursa transfer. Ke-11 pemain ini memiliki total nilai yang menembus angka 1,1 miliar euro (Rp 18 trilun).

2 of 12

Kiper: Kepa Arrizabalaga

Bantai Arsenal, Chelsea Raih Juara Liga Europa
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga membawa trofi Liga Europa usai mengalahkan Arsenal pada pertandingan Final Liga Europa di stadion Olimpiade di Baku, Azerbaijan (30/5/2019). Chelsea berhasil mengalahkan Arsenal 4-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Pemain berusia 24 tahun itu hengkang ke Chelsea pada 8 Agustus 2019. Kepa digaet untuk menggantikan peran Thibaut Courtois yang memutuskan untuk menerima tawaran dari Real Madrid.

Kepa ditebus dari The Blues dari Athletic Bilbao dengan nilai yang mencapai 80 juta euro (Rp 1,2 triliun). Dibeli dengan harga yang tak sedikit, pemain asal Spanyol tersebut mampu tampil impresif pada musim perdananya di Chelsea.

Dia mampu mencatatkan 23 clean sheet dan kebobolan 51 gol dari 54 pertandingan di seluruh ajang kompetisi musim lalu. Kepa Arrizabalaga juga turut membantu Chelsea menjuarai Liga Europa 2018-2019.

3 of 12

Bek Kanan: Kyle Walker

PFA, Mohamed Salah, Premier League
Bek Manchester City, Kyle Walker. (AFP/Paul Ellis)

Tampil impresif bersama Tottenham Hotspur membuat Manchester City tertarik mendapatkan tanda tangan Kyle Walker. Setelah menggelontorkan dana hingga 53 juta euro (Rp 846 miliar), City sukses memboyong Walker ke Stadion Etihad pada 14 Juli 2017.

Sejak saat itu, dia mampu menjadi sosok penting di sisi kanan pertahanan Manchester City. Walker tercatat turut membantu The Citizens merengkuh tujuh titel juara dalam dua musim terakhir.

Teranyar, dia membawa Manchester City menjuarai Community Shield 2019, setelah pada partai final mengalahkan Liverpool lewat adu penalti di Stadion Wembley, 4 Agustus 2019.

4 of 12

Bek Tengah: Virgil van Dijk

bek termahal di dunia
2. Virgil van Dijk (Bek Tengah) - Bek asal Belanda ini dilabuhkan Liverpool dengan transfer 75 juta poundsterling dari Southampton pada Januari 2018 lalu. (AFP/Oli Scarff)

Lini belakang yang rapuh membuat Liverpool gencar mencari bek berkualitas pada bursa transfer. Pilihan pun akhirnya jatuh kepada Virgil van Djik.

Pemain berusia 28 tahun tersebut digaet The Reds dari Southampton pada Januari 2018. Namun, Liverpool harus merogoh kocek hingga 85 juta euro (Rp 1,3 trilun) demi bisa menebus Van Dijk dari The Saints.

Kehadiran bek Timnas Belanda itu membawa dampak positif untuk skuat Si Merah. Kepiawaian Van Dijk dalam menghalau serangan lawan dan juga mencetak gol, mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu.

5 of 12

Bek Tengah: Harry Maguire

Harry Maguire Resmi Berkostum Manchester United
Manchester United baru saja mengumumkan rekrutan anyar Harry Maguire, Senin (5/8/2019). Doc: Manutd.

Pemain berusia 26 tahun tersebut kerap dikaitkan dengan Manchester United sepanjang bursa transfer musim panas tahun ini. MU butuh pemain seperti Maguire untuk memperkuat lini pertahanan.

Akan tetapi, upaya The Red Devils untuk mendapatkan tanda tangan Harry Maguire selalu mendapat penolakan dari Leicester City. Leicester baru akan menjual si pemain dengan nilai transfer yang mencapai 103 juta euro (Rp 1,6 triliun).

Manchester United akhirnya berhasil meminang Harry Maguire dari The Foxes. Dana 88 juta euro (Rp 1,4 triliun) harus dikeluarkan manajemen Setan Merah, demi menebus bek Timnas Inggris itu dari The Foxes pada 2 Agustus 2019.

Nilai itu membuat Maguire menjadi bek termahal di dunia, melampaui banderol Virgil van Dijk ketika ditebus dari Liverpool.

6 of 12

Bek Kiri: Lucas Hernandez

Lucas Hernandez
Bek baru Bayern Munchen, Lucas Hernandez berpose saat dirinya diperkenalkan secara resmi di Allianz Arena, Munich, Senin (8/7/2019). Lucas Hernandez menjadi bek termahal di dunia setelah diboyong Bayern Munchen dari Atletico Madrid dengan harga 80 juta euro (Rp 1,2 triliun). (Christof STACHE/AFP)

Pemain Timnas Prancis itu angkat kaki dari Atletico Madrid dan bergabung ke Bayern Munchen pada 1 Juli 2019. Namun, Lucas telah resmi dibeli Bayern sejak 27 Maret 2019, dengan harga 80 juta euro (Rp 1,3 triliun).

Kehadiran Lucas Hernandez bakal membuat lini pertahanan The Bavarians semakin solid. Pemain 23 tahun tersebut memiliki keunggulan dalam tekel, dribel, dan menutup pergerakan lawan.

Selain itu, dia tak hanya bisa tampil sebagai bek tengah, namun juga menempati pos di sisi kiri pertahanan. Dia akan bersaing dengan David Alaba untuk bermain sebagai bek kiri.

7 of 12

Gelandang Tengah: Paul Pogba

Paul Pogba
Gelandang MU, Paul Pogba. (AP Photo/Rui Vieira)

Berhasil meraih delapan gelar juara bersama Juventus membuat Manchester United tertarik memulangkan Pogba. MU akhirnya menggelontorkan dana 105 juta euro (Rp 1,6 triliun), untuk menebus Paul Pogba dari Juve pada 8 Agustus 2016.

Pemain berusia 26 tahun itu mampu menjadi sosok penting di lini tengah The Red Devils. Dia sukses mencetak 31 gol dan 29 assist dari 142 penampilan di seluruh ajang.

Pogba juga turut membantu Manchester United meraih dua gelar juara, yakni titel Piala Liga Inggris dan Liga Europa musim 2016-2017.

8 of 12

Gelandang Tengah: Rodri Hernandez

Rodri Hernandez - Manchester City
Rodri Hernandez resmi bergabung dengan Manchester City. (dok. Manchester City)

Manchester City butuh suksesor Fernandinho untuk menjadi gelandang jangkar. Pemain asal Brasil itu telah berusia 34 tahun dan segera memasuki masa pensiun.

Man City akhirnya memilih Rodri untuk menjadi penerus Fernandinho. Pemain Timnas Spanyol itu digaet City dengan harga 70 juta euro (Rp 1,1 triliun) dari Atletico Madrid pada 3 Juli 2019.

Manajer The Citizens, Pep Guardiola, merasa puas dengan penampilan Rodri pada pramusim. Menurut Guardiola, Rodri merupakan gelandang bertahan yang luar biasa.

9 of 12

Gelandang Tengah: Frenkie de Jong

Frenkie de Jong
Frenkie de Jong resmi bergabung dengan Barcelona. (Twitter Barcelona)

De Jong merupakan satu di antara pemain muda yang banyak diburu klub-klub besar Eropa. Barcelona tak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tanda tangan si pemain.

Los Cules langsung bergerak cepat mengamankan jasa gelandang Timnas Belanda itu. Barca menebus Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam sejak 23 Januari 2019, dengan nilai transfer yang mencapai 75 juta euro (Rp 1,1 triliun).

Akan tetapi, De Jong baru resmi bergabung dengan Barcelona pada 1 Juli 2019. Dia pun akan memperkuat Blaugrana hingga 30 Juni 2024.

10 of 12

Winger Kanan: Philippe Coutinho

Barcelona Vs Real Madrid
Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Madrid pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (28/10). Barcelona menang 5-1 atas Madrid. (AFP/Gabriel Bouys)

Pemain Timnas Brasil itu merupakan satu di antara rekrutan termahal Barcelona. Coutinho ditebus El Barca dari Liverpool dengan nilai transfer yang mencapai 145 juta euro (Rp 2 triliun).

Akan tetapi, performa Philippe Coutinho bersama Barcelona tidak sesuai dengan banderolnya yang selangit. Dia hanya mampu mencetak 21 gol dari 75 penampilan di seluruh ajang.

Alhasil, Coutinho kerap mendapat kritikan dari pendukung Blaugrana. Pemain berusia 27 tahun tersebut kerap dikabarkan bakal angkat kaki dari Camp Nou. Namun sampai saat ini, dia masih tetap bertahan.

11 of 12

Penyerang: Kylian Mbappe

Canda Tawa Neymar CS Jelang Hadapi Rennes
Pemain Paris Saint-Germain Kylian Mbappe tertawa saat bercanda dengan Neymar saat sesi latihan jelang menghadapi Rennes dalam Trophee des Champions di Stadion Universiade Shenzhen, China, Jumat (2/8/2019). PSG akan menghadapi Rennes pada Sabtu, 3 Agustus 2019. (FRANCK FIFE/AFP)

Pemain Timnas Prancis itu mulai berseragam Paris Saint-Germain pada 3 Agustus 2017. Saat itu, Mbappe didapatkan PSG dengan status pinjaman dari AS Monaco, dengan opsi pembelian yang mencapai angka 180 juta euro (Rp 2,8 triliun) pada musim panas 2018.

Dibeli dengan harga selangit, Kylian Mbappe mampu membawa dampak positif buat Les Parisiens. Dia berhasil mencetak 60 gol dari 87 pertandingan di seluruh ajang bersama Paris Saint-Germain.

Mbappe juga turut membantu PSG meraih lima trofi juara, yakni dua gelar Ligue 1, dan satu titel juara Coupe de France, Coupe de la Ligue, serta Trophee des Champions.

12 of 12

Winger kiri: Neymar

Canda Tawa Neymar CS Jelang Hadapi Rennes
Pemain Paris Saint-Germain Neymar (kiri) bercanda dengan Kylian Mbappe saat sesi latihan jelang menghadapi Rennes dalam Trophee des Champions di Stadion Universiade Shenzhen, China, Jumat (2/8/2019). PSG akan menghadapi Rennes pada Sabtu, 3 Agustus 2019. (FRANCK FIFE/AFP)

Berada di bawah bayang-bayang Lionel Messi, Neymar memutuskan hengkang dari Barcelona dan bergabung ke Paris Saint-Germain pada 3 Agustus 2017.

PSG menebus pemain Timnas Brasil itu dari Barca dengan harga 222 juta euro (Rp 3,5 triliun). Harga itu membuat mantan pemain Santos tersebut menyandang status pemain termahal di dunia.

Berharap menjadi bintang, Neymar justru kalah pamor dibandingkan Mbappe. Pemain berusia 27 tahun tersebut hanya mampu menjaringkan 51 gol dari 58 laga.

Situasi tersebut membuat Neymar mulai tak betah berada di Paris Saint-Germain. Dia pun kerap dikabarkan bakal kembali ke Barcelona. Namun, banderol 180 juta euro (2,8 triliun) yang dipatok PSG membuat Barca kesulitan menggaet si pemain.

Sumber: Transfermarkt

Lanjutkan Membaca ↓