Data dan Fakta Jelang Duel Liverpool Vs Chelsea di Piala Super Eropa 2019

Oleh Rizki Hidayat pada 14 Agu 2019, 09:15 WIB
Liverpool Vs Chelsea

Bola.com, Jakarta - Liverpool dan Chelsea akan saling berhadapan pada laga Piala Super Eropa 2019, di Vodafone Park, Istanbul, Rabu (14/8/2019). Bagi kedua klub, ini merupakan pertemuan perdana di Piala Super Eropa.

The Reds tampil di ajang ini dengan status juara Liga Champions musim lalu. Mereka berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0, pada partai final di Estadio Wanda Metropolitano, 1 Juni lalu.

Andai membungkam Chelsea, Liverpool akan meraih gelar juara Piala Super Eropa yang keempat. Sebelumnya, mereka mengangkat trofi pada 1977, 2001, dan 2005.

Sementara itu, The Blues merupakan kampiun Liga Europa 2018-2019. Chelsea sukses merengkuh titel juara setelah meraih kemenangan 4-1 atas Arsenal di Olympic Stadium, Baku pada 29 Mei 2019.

Sejauh ini, Chelsea telah tiga kali tampil di Piala Super Eropa. Dari tiga kesempatan itu, Tim London Biru hanya sekali keluar sebagai juara, yakni pada 1998 setelah mengalahkan Real Madrid dengan skor 1-0.

Oleh karena itu, Chelsea berambisi membungkam Liverpool sekaligus meraih gelar yang kedua di ajang ini. Jika keluar sebagai juara, The Blues akan menyamai pencapaian Ajax Amsterdam, Anderlecht, Valencia, dan Juventus yang mengoleksi dua trofi Piala Super Eropa.

Berikut ini adalah data dan fakta jelang duel Liverpool Vs Chelsea:

2 of 4

Head to head

Liverpool Vs Chelsea
UEFA Super Cup - Liverpool Vs Chelsea Head to Head (Bola.com/Adreanus Titus/Faris Kholid)

1. Ini adalah pertemuan perdana dua klub asal Inggris di Piala Super Eropa.

2. Laga Liverpool kontra Chelsea menjadi pertemuan kelima klub satu negara dalam enam musim terakhir (Real Madrid Vs Sevilla;2014, Barcelona Vs Sevilla;2015, Real Madrid Vs Sevilla;2016, Atletico Madrid Vs Real Madrid;2018), dan yang kedelapan sepanjang sejarah Piala Super Eropa.

3. Bagi kedua klub, ini adalah pertemuan ke-11 di kejuaraan Eropa, semuanya sejak 2005. Dalam 10 pertemuan sebelumnya berlangsung di Liga Champions, dengan Liverpool meraih dua kemenangan, Chelsea menang dalam tiga laga, dan lima pertandingan sisanya berakhir imbang.

3 of 4

Data dan fakta Liverpool

Pesta Liverpool dan Duka Tottenham di Final Liga Champions
Pemain Liverpool Jordan Henderson mengangkat trofi juara Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Sabtu (1/6/ 2019). (AP Photo/Francisco Seco)

1. Liverpool merupakan klub Inggris terakhir yang memenangkan Piala Super Eropa. The Reds meraih titel juara pada 2005 setelah menang 3-1 atas CSKA Moskow lewat perpanjangan waktu.

2. Bagi Liverpool, ini adalah penampilan keenam di Piala Super Eropa. Dari enam kesempatan tersebut, The Reds berstatus sebagai juara Liga Champions.

3. Sejauh ini, Liverpool telah tiga kali meraih trofi Piala Super Eropa, yakni pada 1977 (mengalahkan Hamburg), 2001 (mengalahkan Bayern Munchen), dan 2005 (mengalahkan CSKA Moskow). Skuat Si Merah tertinggal dua trofi dari Barcelona dan AC Milan yang masih menjadi klub tersukses di Piala Super Eropa.

4. Statistik Liverpool di Liga Champions musim lalu adalah delapan kemenangan, sekali imbang, menelan empat kekalahan, mencetak 24 gol, dan kebobolan 12 gol.

5. The Reds juga meraih kemenangan dalam lima dari enam laga terakhir di turnaman Eropa. Sementara itu, satu pertandingan sisa berakhir dengan kekalahan (1-3 kontra Barcelona).

4 of 4

Data dan fakta Chelsea

Chelsea - Liga Europa
Para pemain Chelsea merayakan trofi Liga Europa usai mengalahkan Arsenal 4-1 dalam laga final di Olympic stadium in Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.(AP Photo/Darko Bandic)

1. Bagi Chelsea, ini adalah pertandingan keempat di Piala Super Eropa. Setelah meraih titel juara pada 1998, The Blues menelan kekalahan dalam dua penampilan terakhir (2012 dan 2013).

2. Manajer Chelsea saat ini, Frank Lampard, adalah kapten Tim London Biru ketika menelan kekalahan dari Atletico Madrid pada 2012 dan Bayern Munchen pada 2013.

3. Statistik Chelsea melawan klub-klub Inggris di kejuaraan Eropa adalah tujuh kemenangan, tujuh hasil imbang, dan menelan empat kekalahan.

4. Saat masih menjadi pemain Chelsea, Lampard mencetak tujuh gol dalam 39 pertandingan melawan Liverpool. Torehan Lampard ketika bersua The Reds ketika masih berseragam The Blues adalah 18 kemenangan, delapan imbang, dan menelan 13 kekalahan.

5. Chelsea selalu mencetak tiga gol atau lebih dalam lima dari delapan pertandingan terakhir di kejuaraan Eropa. Koleksi 36 gol The Blues di Liga Europa musim lalu menjadi satu di antara jumlah gol terbaik di ajang itu.

Sumber: UEFA

Lanjutkan Membaca ↓