Stephanie Frappart Tak Takut Pimpin Duel Bersejarah di Piala Super Eropa

Oleh Hesti Puji Lestari pada 14 Agu 2019, 20:20 WIB
Stephanie Frappart

Bola.com, Istanbul - Stephanie Frappart mengaku tak takut dengan segala konsekuensi yang mungkin terjadi saat dirinya menjadi wasit pada laga Piala Super Eropa antara Liverpool kontra Chelsea, di Vodafone Arena, Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB

Sosok Stephanie Frappart mencuat karena akan menciptakan sejarah baru di Piala Super Eropa 2019. Ia akan menjadi wasit wanita pertama yang akan memimpin laga sepak bola pria di bawah naungan UEFA.

Meski demikian, wanita 36 tahun itu tidak merasa takut. Frappart mengaku dididik untuk mengatasi setiap kemungkinan yang terjadi.

"Saya tidak takut dengan pertandingan ini, saya sudah siap," ujar Frappart mengutip BBC, Rabu (14/8/2019).

"Kami sudah banyak berlatih sepanjang waktu. Jadi, kami tidak merasa takut dengan berbagai hal yang mungkin terjadi," imbuh dia. 

"Saya rasa tak banyak perbedaan, karena sepak bola sama saja. Menjadi wasit ya sama saja. Saya akan melakukan hal yang sama seperti saat memimpin pertandingan di sepak bola wanita." 

Stephanie Frappart akan ditemani oleh dua asisten wasit yang juga perempuan, yakni Manuele Nicolosi dan Michelle O'Neal. Hanya wasit asal Turki, Cuneyt Cakri, yang akan menjadi ofisial pria dalam laga tersebut.

 

 

 

2 of 2

Populer

Stephanie Frappart
Stephanie Frappart akan menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga resmi kompetisi UEFA. (AFP/Christophe Simon)

Sosok Stephanie Frappart langsung jadi perbincangan hangat di dunia sepak bola sejak ditunjuk memimpin laga penting tersebut. Wasit asal Prancis itu juga mengakui popularitasnya melonjak tinggi.

"Saya sekarang populer di seluruh dunia," ujar Frappart.

"Tapi, saya juga bertugas di Ligue 1, jadi saya tahu bagaimana perasaan dan emosinya, dan bagaimana mengatasinya, dan bagaimana berlatih menghadapi momen tersebut. Ini bukan pengalaman pertama saya," imbuh dia. 

Sebelum terjun ke sepak bola Eropa, Stephanie Frappart sudah masuk dalam daftar wasit profesional di Prancis. Sejauh ini, dia mencatatkan namanya di beberapa kompetisi di Kota Mode itu. Misalnya saja di divisi tiga, Ligue 2, bahkan Ligue 1.

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓