Sadio Mane Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Piala Super Eropa 2019

Oleh Rizki Hidayat pada 15 Agu 2019, 11:30 WIB
Winger Liverpool, Sadio Mane.

Bola.com, Istanbul - Winger Liverpool, Sadio Mane, berhasil mencetak dua gol sekaligus membantu timnya menjuarai Piala Super Eropa 2019. Berkat penampilannya tersebut, Mane dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Menghadapi Chelsea di Vodafone Park, Istanbul, Rabu (4/8/2019) malam waktu setempat, Mane tampil sejak menit awal. Pemain Timnas Senegal itu kerap merepotkan barisan belakang The Blues.

Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, Sadio Mane melepaskan tujuh tembakan yang empat mengarah ke gawang. Akurasi umpannya juga mencapai 83 persen dan menorehkan tiga tekel berhasil.

Dari empat sepakan tepat sasaran yang dilepaskan Mane, dua di antaranya berbuah gol. Sepasang gol Mane tercipta pada menit ke-48 dan 95'. Akan tetapi, Chelsea berhasil menyamakan kedudukan berkat gol Olivier Giroud pada menit ke-36 dan Jorginho menit ke-101.

Skor 2-2 bertahan sampai laga berjalan selama 120 menit. Alhasil, penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, Liverpool keluar sebagai juara dengan skor 5-4.

Dari lima penendang skuat Si Merah, Roberto Firmino, Fabinho, Divock Origi, Tren Alexander-Arnold, dan Mohamed Salah menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, dari lima eksekutor Chelsea, hanya Jorginho, Ross Barkley, Mason Mount, dan Emerson yang mampu mencetak gol, sedangkan bola hasil sepakan 12 pas Tammy Abraham dapat digagalkan kiper Liverpool, Adrian.

 

2 of 2

Pemain Terbaik

Winger Liverpool, Sadio Mane kala menjebol gawang Chelsea
Winger Liverpool, Sadio Mane kala menjebol gawang Chelsea di laga UEFA Super Cup 2019 di Vodafone Arena, Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB) (Foto: Dok Liverpool)

Berkat kontribusi Sadio Mane, Liverpool menjuarai Piala Super Eropa 2019. Bukan hanya itu, dia juga dinobatkan sebagai man of the match dalam pertandingan ini.

Tak berhenti sampai di situ, sepasang gol ke gawang Chelsea membuat Mane menjadi top skorer Liverpool pada 2019. Sejauh ini, pemain berusia 27 tahun tersebut berhasil mencetak 18 gol, unggul enam gol atas Mohamed Salah di tempat kedua, dan 11 gol atas Roberto Firmino di urutan ketiga.

Sadio Mane juga masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak Liverpool di turnamen Eropa. Dia telah mendulang 17 gol dari 27 pertandingan.

Sejauh ini, Steven Gerrard masih bercokol di posisi teratas top skorer The Reds di turnamen Eropa dengan 41 gol, disusul Michael Owen (22 gol), Ian Rush (20 gol), dan Roger Hunt (17 gol).

Sumber: UEFA, Squawka

Lanjutkan Membaca ↓