3 Komentar Jurgen Klopp Setelah Bawa Liverpool Juara Piala Super Eropa 2019

Oleh Rizki Hidayat pada 15 Agu 2019, 14:15 WIB
Diperbarui 15 Agu 2019, 14:15 WIB
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp.
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, berhasil membawa timnya menjuarai Piala Super Eropa 2019, setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti dengan skor 5-4 (skor 2-2), di Vodafone Park, Istanbul, Rabu (4/8/2019). (AFP/Ozan Kose)

Bola.com, Istanbul - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, berhasil membawa timnya menjuarai Piala Super Eropa 2019. The Reds keluar sebagai juara setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti.

Tampil di Vodafone Park, Istanbul, Rabu (4/8/2019) malam waktu setempat, Liverpool harus bekerja keras untuk mengalahkan Chelsea. The Reds ditahan 2-2 oleh The Blues hingga laga berjalan 120 menit.

Sepasang gol Liverpool dicetak Sadio Mane pada menit ke-48 dan 95'. Sementara itu, gol Chelsea disarangkan Olivier Giroud (36') dan Jorginho (101').

Skor imbang membuat penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, lima penendang Liverpool menjalankan tugasnya dengan baik.

Di sisi lain, dari lima eksekutor Chelsea, hanya Tammy Abraham yang tak mampu menaklukkan kiper The Reds, Adrian. Liverpool akhirnya meraih kemenangan 5-4 atas Chelsea, dan berhak atas trofi Piala Super Eropa yang keempat.

Jurgen Klopp mengaku bangga bisa membawa The Reds meraih gelar juara. Apalagi, ini adal trofi kedua Liverpool pada tahun ini, setelah sebelumnya menjuarai Liga Champions pada 1 Juni lalu.

Berikut ini adalah ragam komentar Jurgen Klopp setelah Liverpool menjuarai Piala Super Eropa 2019:

 

 

 

2 dari 4 halaman

Puji Suporter Liverpool di Istanbul

Winger Liverpool, Sadio Mane.
Winger Liverpool, Sadio Mane, berhasil mencetak dua gol sekaligus membantu timnya menjuarai Piala Super Eropa 2019 di Vodafone Park, Istanbul, Rabu (4/8/2019) malam waktu setempat. (AP Photo)

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu memuji kehadiran suporter Liverpool di Istanbul. Menurut Klopp, pendukung The Reds mampu membawa atmosfer Stadion Anfield ke Vodafone Park.

"Suasana di stadion luar biasa, itu menunjukkan kepada kami betapa besar klub ini. Kemana pun kami pergi, suporter kami sudah ada di sana. Saya tidak tahu persis berapa banyak penggemar dari Istanbul, tetapi saya hanya bisa mengatakan 'terima kasih' karena ini adalah suasana yang brilian," kata Klopp.

"Kami ingin sekali membawa atmosfer kami ke Turki, setidaknya untuk satu hari, karena ini laga yang sangat intens, tetapi sekarang sudah selesai. Kami berhasil dan kami memenangkannya. Pemain merasa sangat baik, saya merasa sangat baik, jadi semuanya baik-baik saja," paparnya.

3 dari 4 halaman

Pelatih Jerman Pertama yang Menjuarai Piala Super Eropa

FOTO: Meski Menang Liverpool Tetap Gagal Juara Premier League
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyapa suporter usai mengalahkan Wolverhampton pada laga Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (12/5). Liverpool menang 2-0 atas Wolves. (AFP/Paul Ellis)

Jurgen Klopp juga menorehkan prestasi spesial di Piala Super Eropa. Dia menjadi pelatih Jerman pertama yang mampu menjuarai ajang ini.

Klopp melampaui pencapaian Ottmar Hitzfeld (2001) dan Dettmar Cramer (1975, 1976) yang gagal bersama Bayern Munchen, Otto Rehhagel (1992) bersama Warder Bremen, dan Udo Lattek (1982) saat menangani Barcelona.

"Saya tidak tahu itu (pelatih Jerman pertama) dan saya tidak pernah memikirkan hal-hal seperti itu sepanjang hidup saya. Sangat menyenangkan, harus ada yang pertama, jadi saya yakin bukan yang terakhir," kata Klopp.

"Ada banyak pelatih bagus di Jerman, tetapi senang bisa menorehkannya, tetapi saya tidak melihat diri saya sebagai orang Jerman. Saya orang Jerman dan saya suka itu, tetapi saya melihat diri saya sebagai orang Eropa dan saya merasa seperti itu lagi malam ini," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Sanjung Kinerja Wasit Wanita di Piala Super Eropa

Stephanie Frappart
Stephanie Frappart bertugas sebagai wasit dalam laga Liverpool versus Chelsea dalam laga Piala Super Eropa 2019 di Vodafone Park, Istanbul, Rabu (4/8/2019) malam waktu setempat. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Klopp juga mengapresiasi kinerja wasit Stephanie Frappart. Menurut Klopp, Stephanie mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi, Stephanie merupakan wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di turnamen Eropa level pria.

"Mereka menjalankan tugas yang brilian. Saya juga mengatakan kepadanya jika saya tidak senang dengan keputusan penalti (pada menit ke-99), karena saya masih tidak yakin itu penalti, tetapi itu tidak penting lagi," ujar Klopp.

"Mereka bertugas sangat bagus. Apa pun yang Anda bisa pikirkan sebelum pertandingan, ada tekanan kepada mereka seperti di neraka dengan momen bersejarah. Itu benar-benar kinerja yang brilian," kata Jurgen Klopp.

Sumber: Liverpool

Lanjutkan Membaca ↓