4 Pesepak Bola Legenda yang Pernah Pakai Nomor Punggung 10 di Bayern Munchen

Oleh Rizki Hidayat pada 21 Agu 2019, 05:30 WIB
Gabung Bayern Munchen, Philippe Coutinho Pamer Jersey dan Istri

Bola.com, Munchen - Bayern Munchen pernah memiliki sejumlah pemain legendaris yang identik dengan nomor punggung 10. Memasuki musim ini, nomor keramat tersebut dipakai Philippe Coutinho.

Winger Timnas Brasil tersebut dipinjam Die Bayern dari Barcelona hingga akhir musim ini. Manajemen The Bavarians harus mengeluarkan dana hingga 8,5 juta euro (Rp 134,2 miliar) untuk meminjam Coutinho.

Selain itu, Die Roten juga memiliki opsi untuk mempermanenkan status si pemain. Namun syaratnya, mereka harus mengeluarkan dana hingga 120 juta euro (Rp 1,8 triliun) pada musim panas tahun depan.

Bersama Bayern Munchen, Coutinho akan memakai nomor punggung 10. Mengenakan nomor tersebut, mantan pemain Liverpool itu diharapkan mampu menjadi suksesor Franck Ribery dan Arjen Robben, sekaligus motor serangan The Bavarians.

Andai menorehkan prestasi gemilang, Philippe Coutinho akan mengikuti jejak sejumlah pesepak bola bernomor punggung 10 yang meraih banyak gelar bersama Bayern Munchen. Berikut ini adalah empat di antaranya.

2 of 5

Arjen Robben

Winger Bayern Munchen, Arjen Robben.
Arjen Robben melakoni laga terakhirnya bersama Bayern Munchen Bayern Munchen saat bersua Eintracht Frankfurt pada pertandingan pekan ke-34 Bundesliga Jerman di Allianz Arena, Sabtu (18/5/2019). (AP Photo/Matthias Schrader)

Mulai berseragam Bayern pada 28 Agustus 2009, Robben langsung menjadi sosok penting di lini serang. Meski beberapa kali dihantam cedera, winger asal Belanda tersebut berhasil mencetak 144 gol dan 101 assist dari 309 pertandingan di seluruh ajang.

Selama 10 musim memperkuat Die Roten, dia juga berhasil mempersembahkan 20 titel juara, beberapa di antaranya adalah delapan gelar Bundesliga, satu Liga Champions, dan satu trofi Piala Super Eropa.

Dengan segudang prestasi tersebut, Arjen Robben layak disebut sebagai pemain bernomor 10 terbaik di Bayern Munchen pada abad ke-21.

3 of 5

Roy Makaay

Bayern Munich Vs Real Madrid
Roy Makaay usai menciptakan gol tercepat dalam sejarah Liga Champions (scoopnest.com)

Sebelum Arjen Robben, pemain asal Belanda yang memakai nomor punggung 10 di Bayern Munchen adalah Roy Makaay. Pria yang kini berusia 44 tahun tersebut memperkuat Die Roten dari 2003 sampai 2007.

Selama empat musim membela Bayern, Makaay berhasil mencetak 103 gol dan 35 assist dari 183 pertandingan di seluruh ajang. Berkat kontribusinya tersebut, The Bavarians berhasil meraih lima gelar juara, termasuk dua trofi Bundesliga Jerman.

4 of 5

Lothar Matthaus

lothar-matthaus-131006c.jpg
Lothar Matthaus

Mantan kapten Timnas Jerman Barat itu merupakan sosok penting di lini tengah Bayern Munchen, pada 1984 sampai 1988 serta 1992 hingga 2000. Namun, Matthaus baru memakai nomor punggung 10 pada periode kedua membela Die Roten.

Secara keseluruhan, dia turut membantu Bayern Munchen meraih 19 gelar juara, termasuk tujuh trofi Bundesliga dan satu Piala UEFA. Lothar Matthaus juga berhasil mencetak 100 gol dan 50 assist dari 410 penampilan bersama The Bavarians.

5 of 5

Uli Hoeness

uli-hoeness-131212c.jpg
Uli Hoeness

Pria yang kini berusia 67 tahun tersebut merupakan sosok legenda di Bayern Munchen. Selama 10 musim membela Die Roten, Hoeness mampu mencetak 115 gol dari 336 penampilan di seluruh ajang.

Dia juga berperan mengantarkan Bayern meraih delapan gelar juara, beberapa di antaranya adalah tiga trofi Bundesliga dan Liga Champions. Sayangnya, Uli Hoeness harus pensiun dini. Dia gantung sepatu ketika berusia 27 tahun pada musim 1978-1979, akibat cedera lutut yang menghantamnya tak kunjung pulih.

Setelah tak lagi menjadi pesepak bola, Hoeness tak bisa jauh-jauh dari Bayern Munchen. Sempat menjabat sebagai general manager, Uli Hoeness duduk di kursi presiden Die Rote sejak 27 November 2009.

Sumber: Transfermarkt

Lanjutkan Membaca ↓