Terpinggirkan di Real Madrid, Gareth Bale Justru Jadi Kapten di Timnas Wales

Oleh Marco Tampubolon pada 23 Agu 2019, 13:15 WIB
Wales, Austria, Kualifikasi Piala Dunia 2018

Jakarta Terombang-ambing di skuat Real Madrid, Gareth Bale justru mendapat posisi terhormat di Timnas Wales. Mantan pemain Tottenham Hotspur tersebut bakal menyandang ban kapten saat negaranya bertanding pada babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa bulan depan.

Hubungan Gareth Bale dan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, kian memburuk. Ini tidak lepas dari penyataan pelatih asal Prancis itu yang secara terang-terangan ingin mendepak Gareth Bale dari skuat Los Blancos musim ini.

Sebelumnya, Zidane sudah juah-jauh hari mengatakan Bale tidak masuk rencananya.   

Pernyataan itu menyinggung Bale dan membuatnya semakin yakin untuk meninggalkan Madrid. Namun, Real Madrid justru bersikap sebaliknya. Los Blancos tidak juga melepas Bale hingga kini meski sebelumnya klub asal Tiongkok, Jiangsu Suning, berniat memboyongnya. 

Gareth Bale sempat mogok dan enggan tampil di laga pramusim Real Madrid. Namun, saat Real Madrid berhadapan dengan Celta Vigo pada laga perdana La Liga pekan lalu, Bale ikut ambil bagian. Winger cepat itu bahkan berperan besar dalam kemenangan 3-1 Los Blancos. 

2 of 3

Hanya Sementara

Gareth Bale - Real Madrid
Pemain Real Madrid, Gareth Bale. (AFP/Miguel Riopa)

Meski seakan terbuang di Real Marid, Bale justru bernasib lebih baik di Timnas Wales. Namanya masuk dalam daftar pemain yang ditunjuk Ryan Giggs untuk menjalani kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Azerbaijan dan Belarus di Cardiff bulan depan. 

Tidak hanya itu, Bale juga akan dipercaya sebagai kapten dalam dua laga ini menyusul absennya Ashley Williams yang saat ini belum memiliki klub usai hengkang dari Everton. Namun, Giggs menjelaskan ban kehormatan di lengan Bale hanya bersifat sementara. 

"Ash masih kapten, saya sudah bicara dengannya pekan lalu dan dia tidak masalah soal itu, karena itu tidak mengejutkan untuknya. Kalau dia masih main, dia pasti akan dilibatkan." kata Giggs.

 

 

3 of 3

Panggil 2 Debutan

Selain Bale, Giggs juga memanggil kembali Aaron Ramsey yang sebelumnya absen saat Wales bertemu Kroasia dan Hungaria akibat cedera. Pemain baru Manchester United, Daniel James juga ikut dipanggil menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain pemain-pemain veteran, Giggs juga mengajak dua debutan, yakni Joe Rodon dan Joe Morrell. Pertandingan melawan Azerbaijan akan berlangsung 7 September 2019. Sementara pertandingan melawan Belarusia akan berlangsung tiga hari kemudian di lokasi yang sama.

Disadur dari: Liputan 6 (Marco Tampubolon/Edu Krisnadefa, published 23/8/2019)

Lanjutkan Membaca ↓