Pemenang UEFA Player of the Year Award Dalam Dua Tahun Terakhir

Oleh Nurfahmi Budi pada 29 Agu 2019, 21:03 WIB
FOTO: Patahkan Dominasi Ronaldo dan Messi, Modric Jadi Pemain Terbaik Dunia

Bola.com, Jakarta - Malam ini, UEFA akan melakukan beberapa hajatan besar di Monako. Satu di antara yang menjadi penantian adalah pemenang penghargaan individu alias pemberian penghargaan UEFA Player of the Year Award.

Pengumuman siapa yang berhak menyandanng gelar 'terbaik' di kawasan Eropa memiliki gengsi tersendiri. Apalagi seremoni tersebut selaras dengan perhelatan drawing fase grup Liga Champions 2019-2020.

Namun, sebelum menyaksikan siapa yang akan bersatus terbaik di level umum maupun masing-masing posisi, melihat hasil lalu menjadi hal menarik. Pemberian penghargaan UEFA Player of the Year Award sudah berjalan dua tahun.

Pada musim 2016-2017, gelar Pemain Terbaik Eropa menjadi milik bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Ia mengalahkan Lionel Messi (Barcelona) dan Gianluigi Buffon (Juventus).

Tiga nama tersebut menjadi yang teratas, mengungguli nomine lain seperti Luka Modric (Real Madrid), Toni Kroos (Real Madrid), Paulo Dybala (Juventus) dan Sergio Ramos (Real Madrid). Selain itu, masih ada Kylian Mbappe (AS Monaco), Roberto Lewandowski (Bayern Munchen) dan Zlatan Ibrahimovic (Manchester United).

Gelar individu lain menjadi milik Gianluigi Buffon (kiper terbaik), Sergio Ramos (bek terbaik), Luka Modric (gelandang terbaik) dan Cristiano Ronaldo (penyerang terbaik). Deretan pemenang tersebut menjadi sajian dari ketatnya kompetisi di antara para pemain terbaik Eropa.

 

2 of 2

Periode 2016-2017

3 Rekor Ballon dOr yang Diciptakan Cristiano Ronaldo Musim Ini
Luka Modrid baru saja meraih gelar sebagai pemenang Ballon d’Or 2018. Raihan tersebut merusak dominasi Ronaldo dan Messi yang selalu meraih gelar tersebut. Namun tahun ini Ronaldo berhasil menciptakan sejumlah rekor Ballon d’Or. (AFP/Frank Faguere)

Pada perhelatan UEFA Player of the Year Award 2017-2018, status Pemain Terbaik menjadi milik Luka Modric (Real Madrid). Cristiano Ronaldo (Real Madrid) menjadi runner-up dan Mohamed Salah (Liverpool) harus puas berada di peringkat 3.

Sementara itu, gelar personal jatuh ke Keylor Navas (kiper terbaik), Sergio Ramos (bek terbaik), Luka Modric (gelandang terbaik) dan Cristiano Ronaldo (penyerang terbaik). Sedangkan pada level putri, pemain terbaik edisi 2016-2017 adalah Lieke Martens (Barcelona). Setahun kemudian, pemain asal Denmark, Pernille Harder (Wolfsburg) menjadi sang jawara.

Pada malam ini, UEFA akan mengumumkan siapa yang layak menjadi pemain terbaik edisi 2018-2019. Pada level putra, tiga nomine akan bersaing, yakni Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Virgil van Dijk (Liverpool).

Sumber: UEFA.com

Lanjutkan Membaca ↓