Bungkam Jerman, Timnas Belanda Diingatkan untuk Tak Jemawa

Oleh Rizki Hidayat pada 07 Sep 2019, 14:20 WIB
FOTO: Sempat Tertinggal, Belanda Bungkam Tuan Rumah Jerman

Bola.com, Hamburg - Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, mengingatkan anak asuhnya untuk tak jemawa setelah meraih kemenangan atas Jerman dalam laga Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020, di Volksparkstadion, Jumat (6/9/2019).

Bertindak sebagai tim tamu, Belanda sempat kerepotan meladeni serangan Jerman. Bahkan, Tim Oranje tertinggal 0-1 pada paruh pertama, setelah Serge Gnabry mencetak gol pada menit ke-9.

Masuk paruh kedua, Timnas Belanda mampu bangkit. Mereka pun berhasil mencetak empat gol dan menyudahi pertandingan dengan skor 4-2.

Keempat gol Belanda disarangkan Frenkie de Jong pada menit ke-59, Jonathan Tah menit ke-66, Donyell Malen menit ke-79, dan Georginio Wijnaldum menit ke-90+1. Sementara itu, tambahan satu gol Jerman dicetak Toni Kroos pada menit ke-73.

"Ini adalah malam yang hebat dan kami telah meraih kemenangan dengan sangat baik," ujar Koeman.

"Perbedaannya adalah kami melakukan lebih banyak untuk mendapatkan kemenangan, dan itu membuat dunia berbeda dalam grup," lanjut legenda Timnas Belanda itu.

2 of 2

Pantang Jemawa

Belanda Menang Telak Atas Jerman di Kualifikasi Euro 2020
Pelatih Belanda Ronald Koeman menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Jerman pada pertandingan grup C kualifikasi Euro 2020 di Hamburg, Jerman (6/9/2019). Belanda menang telak 4-2 atas Jerman. (AFP Photo/Patrik Stollarz)

Hasil ini membuat Timnas Belanda berada di peringkat tiga Grup C dengan nilai enam. Mereka hanya tertinggal tiga poin dari Jerman di urutan kedua, dan enam angka dari Irlandia Utara di posisi teratas.

Meski mampu memangkas poin dari Timnas Jerman, Ronald Koeman mengingatkan anak asuhnya untuk tak jemawa. Pasalnya, Tim Oranje masih memiliki lima pertandingan yang harus dijalani untuk bisa lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Lima pertandingan tersisa yang akan dijalani oleh Timnas Belanda adalah melawan Estonia pada 9 September dan 19 November, Irlandia Utara pada 10 Oktober dan 16 November, serta Belarusia pada 13 Oktober.

"Sangat menyenangkan Anda tahu cara untuk menang di sini (Jerman). Kami masih harus memainkan lima pertandingan, jadi kami belum sampai di sana (Piala Eropa 2020). Tetapi, hasil ini membuat jalan sedikit lebih mudah,​​" papar Koeman.

Sumber: Sportsmole

Lanjutkan Membaca ↓