Liga Champions: Data dan Fakta Jelang Duel Napoli Vs Liverpool

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Sep 2019, 13:30 WIB
Napoli Vs Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan melawat ke markas Napoli di Stadio San Paolo, pada laga perdana Grup E Liga Champions musim ini, Selasa (17/9/2019). Tengah dalam kondisi onfire, The Reds bertekad meraih tiga poin pada pertandingan ini.

Liverpool mengawali musim 2019-2020 dengan gemilang. Dari enam pertandingan yang sudah dijalani, skuat Si Merah menyapu bersih kemenangan, dengan perincian lima di Premier League dan satu di Piala Super Eropa 2019.

Berbekal hasil tersebut, Liverpool dijagokan bakal mengalahkan Napoli. Apalagi, mereka juga sukses memetik tiga kemenangan dan menelan dua kekalahan dari lima laga terakhir melawan Napoli.

Meski begitu, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengingatkan anak asuhnya untuk tak jemawa. Pasalnya, Partenopei mampu merepotkan The Reds pada fase grup Liga Champions musim lalu.

Sama-sama tergabung di Grup C, skuat Si Merah takluk 0-1 ketika bertandang ke markas Napoli di Stadio San Paolo, 3 Oktober 2018. Gol tunggal Partenopei dicetak Lorenzo Insigne pada menit ke-90.

"Tahun lalu, kami belajar dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya dan kami harus menggunakan pengalaman itu, karena jika kami tidak bertahan dengan semua yang kami miliki, kami tidak memiliki peluang melawan Napoli. Mereka sangat kuat," papar Klopp.

Sementara itu, Napoli tak ingin dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri. Partenopei bertekad untuk mendulang angka penuh demi menjaga asa lolos ke fase knock-out Liga Champions 2019-2020.

Pada musim lalu, mereka gagal melenggang ke-16 besar, setelah pada pertandingan terakhir Grup C menelan kekalahan 0-1 dari Liverpool di Stadion Anfield, 11 Desember 2019. Alhasil, Napoli hanya mampu menempati peringkat ketiga, dan terlempar ke Liga Europa.

Berikut ini adalah data dan fakta duel Napoli versus Liverpool pada laga pertama Grup E Liga Champions:

2 of 3

Data dan Fakta Napoli

Napoli-Liverpool-Lorenzo Insigne
Striker Napoli, Lorenzo Insigne berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada grup C Liga Champions di Stadion San Paolo di Napoli, Italia (3/10). Napoli menang tipis 1-0 atas Liverpool berkat gol tunggal Insigne. (AP Photo/Andrew Medichini)

1. Pada fase grup Liga Champions musim lalu, Napoli meraup tujuh poin dari tiga laga kandangnya (1-0 vs Liverpool, 1-1 vs PSG, 3-1 vs Red Star Belgrade).

2. Napoli hanya meraih empat kemenangan dari sembilan laga kandang terakhirnya di Liga Champions (4 menang; 2 imbang; 3 kalah), tak termasuk pertandingan kualifikasi.

3. Napoli hanya meraih empat kemenangan dari 12 laga terakhirnya di Liga Champions (3 imbang; 5 kalah). Semua kemenangan itu diraih Napoli saat tampil di San Paolo.

4. Napoli selalu kalah dalam tiga laga terakhir melawan klub-klub Inggris, kandang dan tandang.

5. Torehan kandang Napoli melawan klub-klub Inggris di turnamen anteklub Eropa adalah lima menang, sekali imbang, dan menelan dua kekalahan.

3 of 3

Data dan Fakta Liverpool

Liverpool Vs Napoli 1-0
Pemain Liverpool merayakannya kemenangan tim mereka setelah mengalahkan Napoli pada matchday keenam Grup C Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (11/12). Gol Mohamed Salah mengantarkan Liverpool unggul atas Napoli 1-0. (Peter Byrne/PA via AP)

1. Pada fase grup Liga Champions musim lalu, Liverpool selalu kalah dalam tiga laga tandangnya. Namun, berhasil lolos ke-16 besar berkat tiga kemenangan di Stadion Anfield.

2. Catatan Liverpool di Liga Champions musim lalu adalah meraih delapan kemenangan, sekali imbang, dan menelan empat kekalahan. Mereka juga mencetak 24 gol dan kebobolan 12 gol.

3. Liverpool meraih lima kemenangan dari tujuh laga terakhir di kejuaraan Eropa (5 menang; 1 imbang; 1 kalah).

4. Liverpool menelan enam kekalahan dari 10 laga di turnamen Eropa di luar Inggris.

5. Liverpool selalu kalah dalam dua laga tandang terakhirnya melawan klub-klub Italia. Mereka juga hanya meraih tiga kemenangan dan menelan tiga kekalahan, dalam sembilan laga tandang terakhir kontra klub Italia.

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana/Published: 16/9/2019)

Lanjutkan Membaca ↓
Selebgram Cantik yang Rajin Berolahraga