Liga Champions: Data dan Fakta Jelang Laga Borussia Dortmund Vs Barcelona

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Sep 2019, 16:00 WIB
Borussia Dortmund Vs Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona akan bertandang ke markas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, dalam laga pertama Grup F Liga Champions, Selasa (17/9/2019). Bagi kedua klub, duel ini adalah pertemuan perdana dalam 21 tahun terakhir.

Sebelumnya, Barca dan Dortmund bersua di ajang Piala Super Eropa 1997. Dalam pertandingan tersebut, Los Cules meraih kemenangan agregat 3-1, dan berhak akan trofi juara.

Pada pertamuan pertama di Camp Nou, 8 Januari 1998, Blaugrana menang dengan skor 2-0. Sementara itu, dalam leg kedua di Westfalenstadion (kini Signal Iduna Park) pada 11 Maret 1998, Barcelona dan Borussia Dortmund harus puas bermain 1-1.

Kembali bersua untuk pertama kalinya dalam dua dekade terakhir, Blaugrana ingin mengulang hasil positif tersebut. Akan tetapi, mengalahkan Dortmund perkara yang mudah.

Pasalnya, Die Borussen mendapat dukungan penuh dari suporternya. Selain itu, mereka juga memiliki tren apik ketika bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Dari empat laga terakhir di Signal Iduna Park, Borussia Dortmund berhasil menyapu bersih kemenangan.

"Borussia Dortmund dapat memainkan pertandingan dengan penguasaan bola yang sangat baik, tetapi mereka juga bagus dalam serangan balik. Kami tidak tahu apa yang akan mereka lakukan pada laga nanti," ujar pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Berikut ini adalah data dan fakta menarik jelang duel Borussia Dortmund versus Barcelona:

2 of 3

Data dan Fakta Borussia Dortmund

Borussia Dortmund
Borussia Dortmund menjuarai Piala Super Jerman 2019 setelah mengalahkan Bayern Munchen 2-0 di Signal Iduna Park, Minggu (4/8/2019) dini hari WIB. (AFP/Ina Fassbender)

1. Pada fase grup Liga Champions musim lalu, Dortmund menorehkan tiga clean sheet di kandang, yakni ketika mengalahkan AS Monaco 3-0, Atletico Madrid 4-0, serta imbang 0-0 melawan Club Brugge.

2. Pada fase grup Liga Champions musim lalu, Die Borussen adalah tim yang paling sedikit kebobolan (2 gol), dan mencatatkan clean sheet terbanyak (5). Namun, mereka tak mampu melangkah lebih jauh dari 16 besar.

3. Antoine Griezmann (Barcelona) mencetak satu gol untuk Atletico ketika mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0, pada matchday keempat Grup A Liga Champions musim lalu.

4. Dortmund cuma menang satu kali dalam enam laga terakhirnya melawan klub-klub Spanyol (2 imbang; 3 kalah).

5. Borussia Dortmund hanya kalah tiga kali dalam 15 laga kandang terakhirnya melawan klub-klub Spanyol (8 menang; 4 imbang), dan memenangi lima dari tujuh laga terakhir (5 menang; 1 imbang; 1 kalah).

6. Borussia Dortmund cuma menang dalam tiga pertandingan dari 10 laga kandang terakhirnya di turnamen Eropa (3 menang; 2 imbang; 5 kalah).

7. Dortmund selalu menang dengan margin empat gol dalam dua laga kandang yang sudah mereka mainkan di Bundesliga musim ini (5-1 vs Augsburg, 4-0 vs Leverkusen).

3 of 3

Data dan Fakta Barcelona

Luis Suarez - Barcelona
Luis Suarez mempersembahkan golnya ke gawang Valencia untuk anak dari mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique. (AFP/Pau Barrena)

1. Barcelona cuma kalah sekali dalam 12 laga terakhirnya di Liga Champions (8 menang; 3 imbang; 1 kalah), yakni 0-4 saat tandang melawan Liverpool yang membuat mereka kalah agregat 3-4 di semifinal musim lalu.

2. Barcelona cuma menang empat kali dalam 13 laga tandang terakhirnya di turnamen Eropa (4 menang; 5 imbang; 4 kalah).

3. Barcelona cuma meraih dua kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya melawan klub-klub Jerman.

4. Terakhir kali melawat ke Jerman, Barcelona mengalahkan Borussia Monchengladbach dengan skor 2-1 pada fase grup Liga Champions 2016-2017.

5. Ousmane Dembele mencetak enam gol dalam 32 penampilan untuk Dortmund di Bundesliga pada musim 2016-2017, sebelum bergabung dengan Barcelona.

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana/Published: 16/9/2019)

Lanjutkan Membaca ↓