Prediksi Pertandingan Borussia Dortmund Vs Barcelona : Menanti Lionel Messi dan Lanjutan Sensasi Ansu Fati

Oleh Nurfahmi Budi pada 17 Sep 2019, 16:50 WIB
Borussia Dortmund Vs Barcelona

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund harus rela 'mengalah' dalam pemberitaan jelang menjamu Barcelona, di BVB Stadion Dortmund, dini hari nanti WIB. Pada Matchday 1 Grup F Liga Champions 2019-2020, kalangan media dan pundit justru lebih ramai membahas dua nama; Ansu Fati dan Lionel Messi.

Lionel Messi menjadi atensi setelah sudah terlihat bergabung dengan rekan-rekannya pada sesi latihan tadi pagi. Situs resmi Barcelona menulis, Lionel Messi hadir tepat waktu.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengungkapkan, keberadaan Lionel Messi akan terus mendapat pantauan khusus dari tim medis. "Dia sudah berlatih, dan kali terakhir tak ada masalah. Saya akan terus memantau sebelum memutuskan dia bermain atau tidak," tegas sang entrenador.

Komentar tersebut mendapat respons dari kalangan media. El Mundo Deportivo meyakini, Lionel Messi akan bermain, meski mungkin saja harus duduk di bangku cadangan pada 45 menit pertama.

Harapan terhadap Lionel Messi tak hanya dari fans Barcelona atau pecinta sepak bola secara umum. Penyerang Borussia Dortmund, Marco Reus ingin Lionel Messi bermain sejak awal di markas klubnya.

"Saya sangat gembira jika Lionel Messi bermain. Dia pemain terbaik di dunia," ucap Reus, di situs resmi UEFA. Seperti dirilis Bild.de, Reus menambahkan, Messi akan menjadi penyemangat dirinya secara pribadi.

Asa terhadap keberadaan Messi di lapangan Signal Iduna Park tersebut selaras dengan menunggu sosok bernama Ansu Fati. Publik menanti apa lagi yang akan dibuat pemain Barcelona berusia 16 tahun tersebut.

 

2 of 4

Faktor Fati

Barcelona Vs Valencia
Pemain Barcelona, Ansu Fati, bersama Antoine Griezmann merayakan gol yang dicetak ke gawang Valencia pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (14/9). Barcelona menang 5-2 atas Valencia. (AP/Joan Monfort)

Fati menjadi perbincangan utama pada akhir pekan lalu setelah mencetak satu gol dan memberi assist ke Frenkie de Jong, kala Barcelona menekuk Valencia dengan skor 5-2. Fati menjadi pemain termuda sepanjang sejarah La Liga yang mampu merobek jala lawan sekaligus mengirim umpan matang pada satu pertandingan.

Rekor statistik tersebut menjadi lanjutan dari apa yang Fati perbuat pada dua pekan sebelumnya saat Barcelona meraih hasil imbang 2-2 di markas Osasuna. Kala itu, ia menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Barcelona.

"Ansu Fati akan menjadi starter termuda sepanjang sejarah Barcelona di Liga Champions?. Jika dia bermain bukan berarti memecahkan rekor, tapi karena kami membutuhkannya. Fati adalah pemain luar biasa, dan kami gembira bisa memilikinya," ungkap Valverde.

Seperti ucapan Valverde, Ansu Fati punya kans mencetak rekor baru sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga Champions. Saat ini, rekor tersebut berada di tangan peter Ofori-Quaye, yang mencetak gol pada usia 17 tahun dan 195 hari. Catatan tersebut tercipta pada laga Olympiakos kontra Rosenborg pada Oktober 1997.

Andai bermain kontra Borussia Dortmund, saat itu usia Fati berada di angka 16 tahun dan 322 hari. Uniknya, kans Fati mencetak rekor tersebut tetap terbuka sampai maksimal babak semifinal.

Bagi Barcelona, Fati menjadi kekuatan lini depan. Permainannya tak canggung ketika berada satu lapangan bersama para senior seperti Arturo Vidal, Ivan Rakitic, Luis Suarez sampai Antoine Griezmann.

 

3 of 4

Tak Jemawa

Intip Lionel Messi Cs Saat Berlatih Jelang Hadapi Dortmund
Penyerang Barcelona, Lionel Messi (tengah) melakukan pemanasan saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City, Spanyol (16/9/2019). Barcelona akan menghadapi wakil Jerman, Borussia Dortmund pada grup F Liga Champions di Signal Iduna Park. (AFP Photo/Pau Barrena)

Namun, bekal skuat super tersebut tak membuat Valverde jemawa. Ia merasa Dortmund masih menjadi momok menakutkan, terutama ketika berstatus tuan rumah. Ia mengaku mewaspadai teror para fan Die Borussen.

"Satu yang paling saya suka tentang Dortmund adalah hubungan mereka dengan fans yang luar biasa. Semua itu diramu dengan deretan pemain bagus seperti Sancho, Reus dan Alcacer. Dortmund bisa memainkan penguasaan bola," ucap Valverde.

Valverde dan pasukannya layak memerhatikan trio Sancho, Reus dan Alcacer. Catatan statistik menunjukkan, trio tersebut sudah mengemas 14 gol. Walhasil, mereka akan menjadi tantangan berat bagi lini pertahanan Barcelona.

Pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre tak menampik pasukannya selalu mengandalkan tiga tukang gempur tersebut. Ia tak ingin mengubah komposisi terbaik yang membuat mereka berada di posisi runner-up klasemen sementara Bundesliga musim ini.

 

4 of 4

Komentar Kubu Dortmund

Borussia Dortmund - Jadon Sancho
Pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho. (AFP/Guido Kirchner)

"Kami menghadapi pertandingan sulit. Satu di antara yang harus kami lakukan adalah terus menyerang, mencari jalan, membuat kesempatan, dan tentu saja mencetak gol," kata Marco Reus.

Perjumpaan Borussia Dortmund dan Barcelona pada Matchday 1 Fase Grup F Liga Champions 2019-2020 menjadi yang pertama sejak Piala Super Eropa 1997. Saat itu, Barcelona unggul agregat 3-1.

Sumber: UEFA, Bild.de, FC Barcelona

Lanjutkan Membaca ↓