Sukses


Laga Borussia Dortmund dan Barcelona Tanpa Pemenang

, Jakarta - Laga Grup F Liga Champions antara Borussia Dortmund dan Barcelona yang berlangsung di Signal Iduna Park berakhir tanpa pemenang. Laga tersebut diwarnai aksi gemilang kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, dalam menghalau tendangan penalti.

 

Meski bermain tandang, Barcelona mencoba mendominasi sejak menit awal. Pelatih Barcelona Erneso Valverde mempercayakan lini serangnya kepada Luis Suarez, yang ditemani Ansu Fati dan Antoine Griezmann. Sedangkan Lionel Messi terlihat di bangku cadangan.

Sementara Dortmund mengandalkan serangan balik saat mampu merebut bola dari Barcelona. Pada menit ke-5, Jadon Sancho menghadirkan ancaman di kotak Barcelona. Tetapi, upayanya digagalkan Nelson Semedo. Suporter Dortmund meminta penalti, tapi hanya ada sedikit kontak di antara kedua pemain.

Duel ketat terjadi di lini tengah. Begitu Dortmund menguasai bola, Barcelona kembali ke formasi 4-5-1, dengan Ansu Fati serta Antoine Griezmann yang bermain di sayap mewaspadai Sancho dan Thorgan Hazard.

Di menit ke-25, Dortmund nyaris membobol gawang Barcelona. Marco Reus yang lolos dari kawalan, melepaskan sepakan kaki kiri meneruskan umpan terobosan Hazard. Namun, Marc-Andre ter Stegen dengan gemilang menghalau bola masuk ke gawang dengan kakinya.

Barcelona belum juga mendapatkan peluang bagus mencetak gol. Sementara Dortmund hampir kembali mencetak gol di menit ke-39. Melalui serangan balik cepat, Sancho dan Paco Alcacer membigkar pertahanan Barcelona. Sayang, tendangan Sacho di luar kotak penalti masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Semenit kemudian, Barcelona kehilangan Jordi Alba lantaran cedera dan digantikan Sergi Roberto. Di injury time, Griezmann berupaya memberikan ancaman. Tetapi, umpannya ke kotak penalti kepada Gerard Pique mampu dihalau Hummels. Skor 0-0 menutup babak pertama.

 

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Barcelona langsung mengancam di menit ke-48. Akan tetapi, tendangan Luis Suarez dari jarak dekat mampu dihalau kiper Roman Burki.

Tujuh menit berselang, Dortmund mendapatkan hadiah penalti setelah Semedo melanggar Sancho di kotak terlarang. Sayang, tendangan penalti Marco Reus ke pojok kiri gawang masih bisa ditepis kiper Ter Stegen.

Untuk menambah daya serang, pelatih Barcelona Ernesto Valverde memainkan Lionel Messi dan Ivan Rakitic dengan menarik keluar Ansu Fati dan Sergio Bosquest. Ini merupakan laga perdana Messi bersama Barceloan setelah absen sejak awal musim karena cedera otot betis.

Dortmund terus mengancam. Di menit ke-71, peluang kembali didapat. Namun, sontekan Paco Alcacer dari jarak dekat masih melebar di sisi gawang. Empat menit berselang, tendangan Reus masih melayang di atas mistar gawang.

Sementara itu, masuknya Messi membuat lini belakang Dortmund menjadi lebih waspada. Hampir sembilan pemain Dortmund berada di area penalti setiap Barcelona melancarkan serangan.

Ter Stegen tampil gemilang di bawah mistar gawang. Di menit ke-78, dia kembali menggagalkan upaya Reus untuk membobol gawangnya lewat kerjasama dengan Brandt.

Memasuki injury time, Barcelona mendapatkan peluang emas lewat Messi. Tidak terkawal, Messi mendapatt umpan dari Suarez di kotak penalti. Sayang, tendangan Messi dari jarak dekat diblok pemain Dortmund sehingga laga berakhir tanpa gol.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

Borussia Dortmund: R. Burki, M.Hummels, Raphael Guerreiro, M. Akanji, A. Hakimi, A. Witsel, T. Delaney, J. Sancho, M. Reus, T. Hazard (J. Brandt, 73), Paco Alcacer (J. Bruun Larsen, 87)

Barcelona: M. ter Stegen, Pique, Jordi Alba (Sergi Roberto, 40), C. Lenglet, Nelson Semedo, Busquets (I. Rakitic, 60), Arthur, F. de Jong, L. Suarez, A. Griezmann, Ansumane Fati (Lionel Messi, 59)

Sumber: Liputan6.com (Bogi Triyadi/Edu Krisnadefa)

Video Populer

Foto Populer