Dimitar Berbatov Gantung Sepatu, Begini Ucapan Perpisahannya

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 20 Sep 2019, 12:30 WIB

Diperbarui 21 Sep 2019, 19:17 WIB

Manchester United

Jakarta - Mantan striker Manchester United dan Tottenham Hotspur, Dimitar Berbatov, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola, Kamis (19/9/2019). Dia gantung sepatu hanya 18 bulan setelah meninggalkan Kerala Blasters India, sekaligus mengakhiri kariernya selama 20 tahun di lapangan hijau.

Pemain berusia 38 tahun tersebut pernah menjadi pencetak gol terbanyak Bulgaria, juga bermain untuk CSKA Sofia, Bayer Leverkusen, Fulham, Monako dan klub Yunani PAOK, dan juga MU. Tapi Dimitar Berbatov tidak memiliki klub sejak meninggalkan Blasters.

"Seseorang mengatakan kepada bahwa saya perlu mengatakan sesuatu, dan melihat bahwa orang-orang bertanya kepada saya, terutama di rumah, saya perlu memberikan pesan perpisahan," tulis Berbatov di Instagram. 

"Pertandingan terakhir saya adalah lebih dari satu tahun yang lalu, jadi saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk berhenti, dan itu sudah lama tertunda."

Dimitar Berbatov sempat memenangkan dua gelar Liga Premier bersama MU dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Bulgaria tujuh kali antara 2004 dan 2010.

2 of 3

Rencana Lain

Dimitar Berbatov (© AFP 2008)
Bulgarian football player Dimitar Berbatov, who plays striker for Tottenham Hotspur, holds his award to the press after being named Bulgaria's Best Footballer of the Year in Sofia on March 24, 2008. AFP PHOTO / BORYANA KATSAROVA

Dimitar Berbatov menambahkan berencana untuk tetap bermain sepak bola dalam kapasitas tertentu.

"Ketika saya memikirkannya, itu tidak pernah berakhir, karena saya akan tetap berada dalam permainan satu atau lain cara," katanya.

Berbatov bergabung dengan MU dari Tottenham pada 2008 dengan rekor klub sebesar 30,75 juta pounds.

3 of 3

Ingin Jadi Manajer

Dia melakukan debutnya di Bulgaria pada 1999, saat masih berusia 18 tahun. Ia menyatakan pensiun dari sepak bola internasional pada 2010 setelah mencetak 48 gol dalam 79 pertandingan.

Mantan penyerang Timnas Bulgaria ini mengimpikan bisa duduk di kursi manajer MU. Dia pun akan bekerja keras mewujudkan impiannya tersebut.

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Achmad Yani Yustiawan/Editor Marco Tampubolon, published: 20/9/2019)

Lanjutkan Membaca ↓