4 Blunder Loris Karius di Lapangan Hijau Saat Berkostum Liverpool dan Besiktas

Oleh Nurfahmi Budi pada 20 Sep 2019, 19:10 WIB
Loris Karius

Bola.com, Jakarta - Loris Karius kembali mencuri perhatian para pecinta sepak bola. Sayang, buka kabar positif dari eks kiper Liverpool tersebut. Ia kembali tersangkut masalah yang membuatnya terlempar dari Liverpool; blunder.

Pada Matchday 1 Liga Europa 2019-2020, Loris Karius membela Besiktas. Ia menjadi bagian penyebab kekalahan kala klub asal Turki tersebut melawat ke markas Slova Bratislava, Národný futbalový štadión, Jumat (20/9/2019) dini hari WIB.

Loris Karius membuat satu blunder yang memberi 'gol gratis' ke lawan. Pada akhirnya, Slovan Bratislava unggul 4-2. Empat gol tuan rumah lahir via Andraz Sporar (14', 58'), Marin Ljubicic (90'+3') dan Moha (90'+4').

Sementara itu, sepasang gol Besiktas berasal dari aksi bomber Adem Ljajic (29' PEN) dan bunuh diri Vasil Bozhikov (45'+1'). Nah, Loris Karius melakukan kesalahan yang nyaris sama dengan apa yang diperlihatkan kala membela Liverpool. Berikut ini beberapa blunder sang penjaga gawang berkebangsaan Jerman tersebut.

 

2 of 5

1. AFC Bournemouth 4-3 Liverpool (Premier League 2016 - 2017)

Loris Karius
Loris Karius (AFP/GEOFF CADDICK)

Pada Desember 2016, Liverpool melawat ke markas AFC Bournemouth pada lanjutan Premier League. Liverpool sempat unggul 3-1 atas Bournemouth hingga menit ke-64. Namun, keunggulan tersebut belum memastikan Liverpool meraih kemenangan.

Bournemouth mencetak dua gol penyama kedudukan melalui lesatan Ryan Fraser (76') dan Steve Cook (78'). Pertandingan bisa saja berakhir imbang sebelum gol kemenangan berasal dari Nathan Ake pada pengujung laga.

Gol kemenangan Bournemouth tak terlepas dari blunder Loris Karius. Bola yang mengarah ke arah Karius tidak mampu ditangkap dengan sempurna. Bola liar tersebut langsung disambar Nathan Ake guna memastikan kemenangan Bournemouth atas Liverpool.

 

3 of 5

2. Real Madrid 3-1 Liverpool (Final Liga Champions 2017-2018)

Liverpool, Rumor Transfer Liverpool
Penampilan kurang memuaskan Loris Karius di Liga Champions menjadi satu alasan Liverpool untuk melepas kiper asal Jerman tersebut pada bursa transfer 2018. (AFP/Isabella Bonotto)

Real Madrid bersua Liverpool pada partai puncak Liga Champions 2017-2018. Pada partai ini, Real Madrid kembali meraih gelar Liga Champions setelah menekuk Liverpool dengan skor 3-1.

Pada laga tersebut, Loris Karius menjadi pemain yang paling bertanggung jawab atas kekalahan Liverpool, karena melakukan dua kali blunder. Real Madrid membuka keunggulan melalui gol Karim Benzema pada menit ke-51.

Gol tersebut berawal dari kesalahan Karius dalam melempar bola. Tanpa melihat situasi sekitar, Karius melempar bola yang tidak sengaja mengenai kaki Benzema.Liverpool kembali menyamakan keadaan melalui gol Sadio Mane pada menit ke-55. El Real kembali unggul melalui gol akrobatik yang dicetak Gareth Bale pada menit ke-64.

Pada menit ke-83, Real Madrid menambah keunggulan melalui gol yang dilesatkan Gareth Bale. Karius tidak lengket dalam menangkap bola tembakan Bale dari luar kotak penalti.

 

4 of 5

3. Bursaspor 1-1 Besiktas (Super Lig 2018-2019)

Liverpool-AS Roma
Kiper Liverpool, Loris Karius melakukan pemanasan saat menghadiri sesi pelatihan di kompleks pelatihan Melwood tim di Liverpool, Inggris barat laut, (23/4). Liverpool akan bertanding melawan wakil Italia, AS Roma di stadion Anfield. (AFP Photo/Paul Ellis)

Liverpool 'mengirim' Loris Karius ke Besiktas. Namun, di tempat baru tersebut, ia tak bisa lepas dari kata blunder. Eks kiper Mainz 05 tersebut kembali melakukan blunder saat melakoni laga debut bersama Besiktas melawan Bursaspor di panggung Super Lig.

Pada laga tersebut, Karius melakukan sejumlah penyelamatan penting. Namun, Karius kembali melakukan blunder saat gawangnya kebobolan pada menit ke-85.

Saat itu, Karius hendak memotong bola hasil umpan silang Yusuf Erdogan ke kotak penalti. Namun bola tersebut mampu disambar Diafra Sakho. Kesalahan dalam berkomunikasi dengan Pepe membuat gol itu terjadi.

 

5 of 5

4. Slovan Bratislava 4-2 Besiktas (Liga Europa 2019-2020)

Loris Karius
Momen kiper Liverpool, Loris Karius, setelah melakukan blunder ketika bersua Real Madrid pada laga final Liga Champions. (AP/Sergei Grits)

Loris Karius melakukan blunder saat besua Slovan Bratislava pada laga perdana Liga Europa 2019-2020. Hal itu terjadi saat hendak menghalau bola dengan cara menyundul di luar kotak penalti.

Namun, bola tersebut hanya memantul ke arah gawang yang dijaga Karius. Bomber Slovan, Andraz Sporar, tanpa ampun menghukum kesalahan Loris Karius tersebut dengan langsung membuat gawang yang dijaga Karius kebobolan pada menit ke-14. Satu gol hasil blunder Karius membantu Slovan Brastislava menang atas Besiktas dengan skor 4-2. (Bola.com/Tegar Juel)

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓