Sukses


4 Pemain Asia yang Bersinar di Pentas Eropa Pekan Ini

Bola.com, Jakarta - UEFA menggelar laga kedua fase grup Liga Champions dan Liga Europa pada tengah pekan ini. Sejumlah pertandingan memunculkan beberapa pesepak bola yang tampil gemilang dan mencuri perhatian.

Beberapa pemain tersebut berkontribusi mengantarkan timnya meraih kemenangan. Jumlah gol dan assist dapat menjadi parameter dalam menilai permainan untuk seorang pemain.

Pada pertengahan pekan ini, sejumlah pemain dari Benua Asia unjuk gigi dan menampilkan permainan terbaiknya di turnamen Eropa. Bahkan, ada satu nama mampu menjadi yang terbaik sepanjang laga.

Berikut ini adalah empat pesepak bola Asia yang bersinar di pentas Eropa pada akhir pekan lalu hingga tengah pekan ini:

2 dari 5 halaman

Wu Lei (China – Espanyol)

Masyarakat China patut bangga atas pencapaian Wu Lei bersama Espanyol. Pria berusia 27 tahun tersebut adalah pesepak bola asal China pertama yang tampil di turnamen Eropa.

Wu Lei bermain sejak menit awal ketika Espanyol melawat ke markas CSKA Moscow di VEB Arena, pada laga kedua Grup H Liga Europa, Kamis (3/10/2019) malam WIB.

Bukan hanya mencatatkan debut, Wu Lei juga menjadi pemain asal China pertama yang mengukir gol di turnamen Eropa. Sebiji gol dipersembahkan Wu Lei setelah memanfaatkan umpan dari Matias Vargas pada menit ke-64.

Berkat gol tersebut, Espanyol menang 2-0 atas CSKA Moscow. Satu gol Espanyol lainnya disarangkan Víctor Campuzano pada menit ke-90+5.

Wu Lei memulai debut profesionalnya bersama Shanghai SIPG pada 2013. Enam tahun setelahnya, Espanyol tertarik untuk mendatangkan bomber Timnas China tersebut.

Pada bursa transfer musim dingin 2019, Wu Lei didatangkan Espanyol dengan mahar 2 juta euro dan dikontrak selama tiga tahun.

3 dari 5 halaman

Takumi Minamino (Jepang – Red Bull Salzburg)

Takumi Minamino bermain selama 90 menit penuh saat timnya, Red Bull Salzburg, menelan kekalahan 3-4 dari Liverpool di Stadion Anfield, pada laga kedua Grup E Liga Champions, Rabu (2/10/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Meski Salzburg takluk dari The Reds, Minamino berkontribusi dengan mencetak satu dari tiga gol timnya pada pertandingan tersebut. Pemain berusia 24 tahun itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-56, setelah memanfaatkan umpan dari Hwang Hee-chan.

Takumi Minamino memulai karir profesionalnya bersama Cerezo Osaka pada 2012. Bersama Cerezo Osaka, winger Timnas Jepang tersebut bermain sebanyak 63 kali dan mencetak tujuh gol.

Pada musim 2014-2015, Red Bull Salzburg merekrut Minamino dengan mahar 800 ribu euro. Selama memperkuat Salzburg, Minamino mencatatkan penampilan sebanyak 128 kali dan mencetak 40 gol.

4 dari 5 halaman

Hwang Hee-chan (Korea Selatan – Red Bull Salzburg)

Hwang Hee-chan mencuri perhatian saat timnya menghadapi Liverpool tengah pekan ini. Gerakannya menipu bek The Reds sekaligus pemain terbaik Eropa 2019, Virgil van Dijk, mendapatkan berbagai pujian dari pencinta sepak bola.

Bomber Timnas Korea Selatan tersebut tampil menawan setelah mencetak satu gol dan satu assist pada laga tersebut. Dia berhasil membobol gawang Liverpool pada menit ke-39, sekaligus mendongkrak semangat pemain Red Bull Salzburg untuk menyamakan kedudukan.

Sayangnya, upaya Hee-chan membawa timnya meraih poin dari lawatan ke Stadion Anfield gagal berbuah hasil. Salzburg menelan kekalahan 3-4 dari Liverpool, setelah Mohamed Salah mencetak gol pada menit ke-69.

Hwang Hee-chan memulai karier profesionalnya bersama Red Bull Salzburg. Sempat dipinjamkan ke FC Liefering dan Hambur SV, Hee-chan kembali ke Salzburg dengan penampilan memukau.

Pemain berusia 23 tahun tersebut telah mencetak enam gol dari 10 pertandingan di seluruh ajang pada musim ini. Sejauh ini, prestasi terbaik Hwang Hee-chan bersama Red Bull Salzburg adalah meraih tiga gelar Bundesliga Austria dan dua trofi Piala Austria.

Selain itu, dia juga turut mengantarkan Timnas Korea Selatan merengkuh medali emas Asian Games 2018.

5 dari 5 halaman

Son Heung-min (Korea Selatan – Tottenham Hotspur)

Son berhasil membawa Tottenham unggul lebih dulu saat bersua Bayern Munchen pada laga kedua Grup B Liga Champions, di Tottenham Hotspur Stadium, Selasa (1/10/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Bomber Timnas Korea Selatan itu membobol gawang Die Bayern pada menit ke-12, setelah memanfaatkan umpan dari Moussa Sissoko. Walau mencetak satu gol, Son gagal membawa Spurs mendapatkan poin.

Tottenham Hotspur menelan kekalahan telak 2-7 dari The Bavarians. Hasil minor ini membuat Spurs menjadi klub Inggris pertama yang kebobolan tujuh gol di pertandingan Eropa, sejak mereka kalah 0-8 dari Cologne di Piala Intertoto 1995.

Son Heung-min merupakan satu di antara pilar penting Tottenham Hotspur. Mantan pemain Hamburger SV dan Bayer Leverkusen tersebut berhasil mencetak 70 gol dari 196 pertandingan di seluruh ajang.

Pada musim lalu, dia membantu The Lilywhites lolos hingga ke final Liga Champions. Namun, Tottenham gagal meraih titel juara setelah menelan kekalahan 0-2 dari Liverpool.

Son juga menjadi pemain penting untuk Timnas Korea Selatan. Dia turut mengantarkan Taegeuk Warriors merengkuh medali emas Asian Games 2018. (Bola.com/Tegar Juel)

Video Populer

Foto Populer