Status Pencetak Rekor Buruk Bagi Marco Giampaolo Bersama AC Milan

Oleh Nurfahmi Budi pada 09 Okt 2019, 08:04 WIB
Pelatih AC Milan, Marco Giampaolo.

Bola.com, Jakarta - Marco Giampaolo mencetak rekor baru bersama AC Milan. Sayang, kali ini bukan catatan bagus yang menyertai kepergian pria berusia 52 tahun tersebut. Yup, usai dipecat AC Milan, Marco Giampaolo masuk jajaran pelatih dengan periode terpendek yang pernah menangani I Rossoneri.

Statistik mengungkapkan, Marco Giampaolo hanya beredar 111 hari di area San Siro. Mantan pelatih Empoli dan Sampdoria tersebut menjadi pelatih tersingkat milik AC Milan, di luar kategori caretaker.

Marco Giampaolo masuk ke jajaran keluarga besar AC Milan pada 1 Juli 2019. Ia tak berumur lama setelah hanya mengoleksi 3 kemenangan dan 4 kekalahan selama memegang AC Milan. Posisi AC Milan pada klasemen sementara Liga Italia Serie A juga berbahaya, karena berada di peringkat 13.

"AC Milan mengumumkan telah membebaskan Mr Marco Giampaolo dari posisinya sebagai pelatih Tim Utama. Klub berterima kasih kepada Marco untuk pekerjaan yang dilakukan dan mengucapkan semoga yang terbaik untuknya dalam karir profesionalnya." bunyi pernyataan resmi dari situs AC Milan.

 

2 of 3

Sepak Terjang

img_milanisti.jpg
Milanisti (fans Milan) dalam partai derby AC Milan vs Inter Milan di San Siro Stadium, Milan, 29 Agustus 2009. Inter Milan menang 4-0. AFP PHOTO/GIUSEPPE CACACE

Sepanjang sepak terjang bersama AC Milan, Marco Giampaolo sudah melakukan beragam pembenahan. Ia menjadi satu di antara pelatih yang setuju membawa dan atau meresmikan beberapa pemain. Para penggawa tersebut antara lain Franck Kessie, Theo Hernandez, Rade Krunic, Rafael Leao, Ismael Bennacer dan Leo Duarte.

Sayang, komposisi tersebut, plus pemain lawan, tak sanggup menghadapi tekanan berat di pentas Liga Italia Serie A. AC Milan justru terjerembab pada laga pembuka 2019-2020, kala takluk di markas Udinese, dengan skor 0-1.

 

3 of 3

Pupus Asa

Inter Milan Taklukan AC Milan
Aksi penyelamatan dilakukan Gianluiggi Donarumma pada laga lanjutan Serie A yang berlangsung di Stadion San Siro, Milan, Senin (18/3). Inter Milan menang 3-2 atas AC Milan. (AFP/Miguel Medina)

Asa Milanisti sempat membuncah ketika AC Milan bangkit pada giornata 2 dan 3. Saat itu, AC Milan menang atas Brescia (1-0) dan Hellas Verona (1-0). Namun, pada empat laga berikutnya, AC Milan tak berdaya saat menghadapi Inter Milan (0-2), Torino (1-2), Fiorentina (1-3), meski sempat menang di markas Genoa (2-1).

Kini, manajemen AC Milan tengah memburu pelatih anyar. Rumors terkuat adalah Stefano Pioli, meski sudah banyak Milanisti

Lanjutkan Membaca ↓