Deretan Angka di Balik Koleksi Gol Cristiano Ronaldo Bersama Timnas Portugal

Oleh Rizki Hidayat pada 12 Okt 2019, 20:00 WIB
Portugal Vs Luksemburg

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo tak pernah berhenti membobol gawang lawan. Teranyar, Ronaldo mencetak gol ketika Timnas Portugal bersua Luksemburg, pada laga ketujuh Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Jumat (12/10/2019) malam waktu setempat, CR7 tampil sejak menit awal. Cristiano Ronaldo didampingi Joao Felix dan Bernardo Silva di lini depan.

Penyerang Juventus itu pun tampil gemilang. Dia berhasil membobol gawang Luksemburg pada menit ke-65.

Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Luksemburg dalam melakukan backpass kepada kiper, bola berhasil direbut Cristiano Ronaldo. Dengan tenang, Ronaldo menjaringkan bola ke dalam gawang Luksemburg lewat cara dilob.

Timnas Portugal pun menyudahi laga dengan kemenangan 3-0 atas Luksemburg. Dua gol Portugal lainnya dicetak Bernardo Silva pada menit ke-16 dan Goncalo Guedes menit ke-89.

Berkat tambahan satu gol tersebut, Cristiano Ronaldo dilansir Marca telah mendulang 700 gol sepanjang kariernya. Namun, BBC dan ESPN menyebut koleksi gol pemain berusia 34 tahun itu baru menyentuh angka 699.

Selain koleksi gol yang telah mencapai 699 atau 700, Cristiano Ronaldo juga menorehkan sejumlah fakta menarik. Berikut ini adalah deretan angka dibalik jumlah gol Ronaldo.

 

2 of 2

Data dan Fakta:

Cristiano Ronaldo - Timnas Portugal
Penyerang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo merayakan golnya Luksemburg dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Estádio Jose Alvalade, Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Armando Franca)

94 - Cristiano Ronaldo berhasil mencetak 94 gol dari 161 pertandingan bersama Timnas Portugal. Ronaldo masih terpaut 15 gol dari penyerang Timnas Iran, Ali Daei, yang masih berstatus sebagai top skorer sepanjang masa di level timnas.

44 - Dari 94 gol yang disarangkan Cristiano Ronaldo, 44 di antaranya tercipta pada laga tandang (termasuk di Piala Eropa 2004 dan final UEFA Nations League di Portugal). Sementara itu, 35 gol dalam partai tandang, dan 15 sisanya di tempat netral.

62 - Penyerang Juventus itu juga mencetak gol dalam 62 laga terakhir bersama Portugal. Dari 62 pertandingan itu, Timnas Portugal meraih 52 kemenangan, lima hasil imbang, dan menelan lima kekalahan.

8 - Cristiano Ronaldo berhasil mencetak delapan hattrick bersama Timnas Portugal, termasuk dua kali menorehkan quatrick. Dia juga tercatat 14 kali mencetak dua gol, dan mengoleksi satu gol dalam 40 pertandingan.

5 - Sejauh ini, Andorra, Armenia, Latvia, dan Swedia merupakan tim yang paling sering dibobol Cristiano Ronaldo, yakni lima kali. Sementara itu, gawang Estonia, Kepulauan Faroe, Hongaria, Lithuania, Luksemburg, dan Belanda telah dibobol empat kali oleh CR7.

0 - Meski begitu, Ronaldo belum pernah sekalipun mencetak gol ke gawang Timnas Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris.

Sumber: UEFA

Lanjutkan Membaca ↓