Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? Jose Mourinho Pilih Ronaldo Nazario

Oleh Aning Jati pada 12 Okt 2019, 18:15 WIB
Ronaldo Nazario

Bola.com, Jakarta - Coba tanyakan siapa pemain terbaik sepanjang hidupnya kepada Jose Mourinho. Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? Pelatih asal Portugal itu punya jawaban berbeda karena pelatih asal Portugal itu lebih memilih Ronaldo Nazario de Lima.

Jose Mourinho tentu punya pertimbangan tersendiri sehingga lebih memilih striker asal Brasil itu.

Pasalnya, setidaknya dalam satu dekade terakhir, pembahasan tentang siapa yang lebih baik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo hampir tak pernah ada ujungnya.

Mourinho pernah ikut menangani Ronaldo Nazario pada 1996-1997, semasa menjadi asisten pelatih Barcelona di era pelatih Boby Robson. Dalam satu musim keberadaannya di Camp Nou, pemain bertubuh gempal itu mampu mengoleksi 47 gol.

Satu dekade kemudian, Mourinho menggantikan Manuel Pellegrini di Real Madrid, dan membesut Cristiano Ronaldo. Kerja sama keduanya selama tiga tahun menghasilkan beberapa gelar termasuk La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Sementara, meski tak pernah melatih Messi, Mourinho punya banyak pengalaman membwa tim asuhannya menghadapi klub yang dibela Messi, sehingga sang pelatih cukup yakin untuk melabeli pemain asal Argentina itu sebagai salah seorang pemain terbaik di dunia.

"Ronaldo, sang fenomena. Cristiano Ronaldo dan Leo Messi telah punya karier panjang. Mereka bertahan di puncak setiap hari selama 15 tahun," ujar Mourinho kepada LiveScore.

"Meski begitu, jika kita bicara spesifik perihal talenta dan skill, tak ada seorang pun yang melewati Ronaldo Nazario. Ketika dia gabung Barcelona dengan Bobby Robson, saya menyadari bahwa dia pemain terbaik yang saya pernah lihat di lapangan," ungkapnya.

"Cedera mengakhiri karier yang bahkan bisa lebih luar biasa, tapi bakat yang dimiliki pemain berusia 19 tahun itu sesuatu yang luar biasa. Pada 1997, Barcelona bermain melawan PSG in Rotterdam dan gol Ronaldo, 1-0, luar biasa," tutur Mourinho.

Nah, apakah Anda setuju dengan pendapat Jose Mourinho tersebut?

Sumber: Sportskeeda

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Pemain Terbaik FIFA 2017
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, berbincang dengan striker Barcelona, Lionel Messi, saat acara penghargaan pemain terbaik FIFA 2017 di London, Senin (23/10/2017). Cristiano Ronaldo berhasil meraih pemain terbaik FIFA 2017. (AFP/Ben Stansall)