Dibungkam Republik Ceska, Timnas Inggris Dinilai Tampil Jelek

Oleh Rizki Hidayat pada 12 Okt 2019, 19:00 WIB
Ceko Vs Inggris

Bola.com, Praha - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, mengakui anak asuhnya tampil buruk saat menelan kekalahan 1-2 dari Republik Ceska pada laga ketujuh Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020.

Bersua Ceska di Sinobo Stadium, Jumat (11/10/2019) malam waktu setempat, Inggris mampu menguasai jalannya pertandingan. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, The Three Lions mencatatkan 55 persen penguasaan bola, berbanding 45 persen milik Republik Ceska.

Timnas Inggris pun mampu unggul lebih dulu berkat eksekusi tendangan 12 pas Harry Kane pada menit kelima. Hadiah penalti itu didapatkan Inggris setelah Raheem Sterling dilanggar Lukas Masopust di kotak terlarang.

Namun selepas itu, Tim Tiga Singa kerepotan meladeni perlawanan Ceska. Alhasil, mereka kebobolan dua gol setelah Jakob Brabec (9') dan Zdenek Ondrasek (85') mencatatkan namanya di papan skor.

Tertinggal 1-2, Timnas Inggris meningkatkan intensitas serangan. Namun sampai laga berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

 

2 of 3

Tampil Buruk

Gareth Southgate dan Timnas Inggris.
Gareth Southgate dan timnas Inggris memberikan penghormatan kepada suporter. (AP/Matthias Schrader)

Gareth Southgate menyebut Timnas Inggris memang tampil kurang meyakinkan pada laga kontra Republik Ceska. Menurutnya, Ceska memang tampil lebih baik dan layak mendapatkan pujian.

"Kami tidak bermain dengan cukup baik, sesederhana itu. Kami terlalu mudah kehilangan bola. Terutama pada babak pertama kami tidak menciptakan peluang yang cukup," kata Southgate.

"Pada babak kedua kami memiliki beberapa peluang bagus yang tidak kami raih, dan sepanjang malam kami terlalu terbuka untuk kehilangan penguasaan bola," lanjutnya.

"Beberapa dari itu karena kami memberikan bola. Jadi kami memberi Ceska peluang. Mereka bermain bagus, dan layak mendapatkan pujian, kami memberi mereka terlalu banyak peluang untuk mencetak gol," tambah Gareth Southgate.

3 of 3

Kekalahan Perdana dalam 10 Tahun Terakhir

Timnas Republik Ceko - Kualifikasi Piala Eropa 2020
Para pemain Timnas Republik Ceko merayakan kemenangan 2-1 atas Timnas Inggris dalam laga lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Sinobo Stadium, Sabtu (12/10/2019). (AP Photo/Petr David Josek)

Bagi Timnas Inggris, hasil minor kontra Republik Ceska memutus tren positif dalam 10 tahun terakhir. The Three Lions tercatat belum pernah menelan kekalahan dalam 43 pertandingan terakhir, pada kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia.

Dalam 43 pertandingan tersebut, Tim Tiga Singa mampu meraih 34 kemenangan dan sembilan hasil imbang. Terakhir kali Inggris menelan kekalahan pada kualifikasi adalah saat takluk 0-1 dari Ukraina pada 10 Oktober 2009.

Hasil ini juga membuat Timnas Inggris harus menunda lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Saat ini, mereka masih berada di puncak Grup A dengan nilai 12, unggul selisih gol head to head atas Republik Ceska di urutan kedua.

Sumber: The Independent

Lanjutkan Membaca ↓