Torehan Spesial Thibaut Courtois Saat Belgia Mengalahkan Kazakhstan

Oleh Aning Jati pada 14 Okt 2019, 11:30 WIB
Thibaut Courtois

Bola.com, Jakarta - Timnas Belgia tak hanya memperpanjang statistik 100 persen kemenangan di penyisihan Grup I kualifikasi Piala Eropa 2020 saat mengalahkan tuan rumah Kazakhstan di Astana Arena, Astana, Minggu malam WIB (13/10/2019).

Pencapaian itu juga dibarengi dengan torehan apik sang kiper, Thibaut Courtois.

Pada laga melawan Kazakhstan itu, kiper milik Real Madrid itu mencatatkan clean sheet ke-200 sepanjang karier profesionalnya.

Jumlah itu tentu tak mudah digapai oleh seorang kiper, sehingga pencapaian Courtois tentu layak mendapat perhatian lebih.

Apalagi belakangan ia justru sering mendapat cemoohan dari suporter Real Madrid setelah performanya di La Liga musim ini dianggap buruk. Dari delapan pertandingan yang sudah dijalani, gawang El Real yang dikawal Courtois sudah kebobolan 11 gol dan hanya mencatatkan dua clean sheet.

Tebaru, ia dikabarkan mengidap gangguan kecemasan, dan sudah memberikan bantahan atas kabar tersebut.

Torehan clean sheet Courtois datang dari kiprahnya bersama beberapa klub, termasuk Genk, Atletico Madrid, Chelsea, dan sekarang di Real Madrid serta Timnas Belgia.

Khusus di Timnas Belgia, clean sheet Courtois ikut membantu tim asuhan pelatih Roberto Martinez itu menyegel tiket ke putaran final Piala Eropa di saat masih tujuh pertandingan di fase penyisihan grup.

Belgia jadi negara pertama yang memastikan lolos dalam turnamen sepak bola terbesar di Eropa itu pada musim panas tahun depan.

Dari delapan pertandingan yang sudah dijalani di penyisihan Grup I kualifikasi Piala Eropa 2020, Timnas Belgia membukukan 30 gol dan hanya kebobolan satu gol saja.

2 of 2

Statistik Clean Sheet Courtois

Thibaut Courtois
Thibaut Courtois (Real Madrid). (AFP/Curto de la Torre)

Dari statistik yang ada, penampilan Thibaut Courtois di level timnas dan klub cukup jomplang. Bersama Timnas Belgia, Courtois mencatatkan rataan clean sheet dalam 1,95 pertandingan, sedangkan saat membela Real Madrid hanya 3,59 pertandingan.

Ia bahkan lebih sering clean sheet saat membela Atletico Madrid, dengan rataan 2,07 pertandingan yang ia jalani.

Statistik Clean Sheet Courtois

58 clean sheet dalam 154 pertandingan bersama Chelsea

76 clean sheet dalam 154 pertandingan bersama Atletico Madrid

14 clean sheet dalam 45 pertandingan bersama Genk

12 clean sheet dalam 43 pertandingan bersama Real Madrid

Sumber: Marca

Lanjutkan Membaca ↓