Sukses


China Resmi Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021

Bola.com, Jakarta - FIFA memutuskan turnamen Piala Dunia Antarklub digelar di China. Dalam keputusan yang diumumkan oleh Gianni Infantino, Presiden FIFA, disebutkan pula bahwa kompetisi nanti akan menggunakan format baru, yakni diikuti oleh 24 tim.

Sejauh ini, Piala Dunia Antarklub diikuti oleh tujuh tim saja. Pesertanya diambil dari masing-masing pemenang tiap konfederasi.

Format itu akan segera berakhir pada kompetisi tahun 2021. FIFA ingin menciptakan sejarah baru dengan menambah kuota, sehingga gairah kompetisi juga meningkat.

"Ini adalah momen bersejarah untuk sepak bola," kata Infantino dalam pertemuan FIFA di Shanghai.

"Turnamen nanti akan disuguhi dengan format baru, semua orang yang mencintai sepak bola akan menantikannya. Inilah Piala Dunia Antarklub paling nyata dan yang sebenar-benarnya. Tim-tim terbaiklah yang akan berkompetisi di sini," tambahnya lagi.

 

2 dari 2 halaman

Kuota Tim

Turnamen ini akan diselenggarakan pada Juni 2021. Alih-alih dihelat tiap tahun, Piala Dunia Antarklub dengan format terbaru ini digelar tiap empat tahun.

Adapun pesertanya terdiri dari delapan klub Eropa, enam klub dari Amerika Selatan, serta masing-masing tiga klub dari Afrika, Asia, Amerika Tengah, Amerika Utara, dan satu dari Oseania.

Menariknya, terdapat sejumlah klub elit Eropa yang tidak setuju dengan format baru ini, termasuk Juventus, Manchester United, Barcelona dan Ajax Amsterdam. Mereka bahkan berniat memboikot kompetisi tersebut.

"Kami menolak adanya revisi Piala Dunia Antarklub saat ini dan dengan tegas mengonfirmasi bahwa tidak ada klub di bawah naungan Asosiasi Klub Eropa akan berpartisipasi," tulis ECA kepada Infantino dalam sebuah surat.

Sumber: FIFA

Video Populer

Foto Populer