VIDEO: Insiden VAR Paling Unik Terjadi di Jerman

Oleh Okie Prabhowo pada 27 Okt 2019, 08:10 WIB
Diperbarui 27 Okt 2019, 08:10 WIB

Bola.com, Kiel - VAR (Video Assistant Referee) memang bisa mengubah segalanya, bahkan untuk sebuah tembakan yang melenceng. Sekilas tembakan tersebut sekadar tendangan yang tidak tepat sasaran. Namun, bermula dari tembakan itulah semuanya terjadi.

Semua berawal dari striker VFL Bochum, Silvere M'Boussy, yang melakukan tembakan saat laga melawan Holstein Kiel dalam lanjutan 2. Bundesliga (Divisi II Liga Jerman), Jumat (25/10/2019). Setelah itu, wasit Timo Gerach, butuh bantuan VAR.

Akhirnya wasit memutuskan Bochum mendapat penalti. Apa yang terjadi? Ternyata di video terlihat ada seorang pemain cadangan dari tim lawan, Holstein Kiel, menyentuh bola tepat di garis lapangan. Maksud pemain tersebut, Michael Eberwein, tentu ingin membuat bola lebih cepat diterima kiper tim lawan.

Kenapa bisa Eberwein berada di posisi dekat gawang? Eberwein dan beberapa pemain Holstein Kiel sedang melakukan pemanasan tidak jauh dengan gawang lawan.

Sesuai aturan, seperti yang dilansir di International Football Association Board (IFAB), pemain cadangan tidak boleh intervensi dalam sebuah pertandingan. Hukumannya bisa berupa tendangan bebas atau penalti.

Aksi pemain Holstein Kiel, Michael Eberwein, ini sekilas sepele tetapi ternyata berbuah fatal. Jadi memang sebaiknya Eberwein tidak menendang bola tersebut, ya?