Sukses


5 Kekalahan Mengejutkan Ketika Klub Besar Eropa Berhadapan dengan Klub Non Unggulan

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan cabang olahraga yang cukup populer di dunia. Tak terelakan lagi sepak bola begitu dicintai oleh hampir seluruh populasi di muka bumi ini.

Masyarakat di Indonesia menjadikan Eropa sebagai kiblat sepak bola. Terdapat beberapa kelompok suporter yang mendukung sejumlah tim besar Eropa.

Setiap tim pasti menginginkan kemenangan di setiap laga. Kemenangan demi kemenangan semakin mendekatkan sebuah tim menuju gelar juara.

Namun, tak jarang kekalahan menghampiri. Kekalahan yang dialami terasa sangat menyakitkan, terlebih ketika menghadapi tim yang lebih lemah.

Manchester United hingga Barcelona pernah merasakan kekalahan menyakitkan dari klub non-unggulan. Hal itu membuktikan kalau pertandingan sepak bola tidak bisa diprediksi dengan mudah.

Berikut ini kami rangkum lima kekalahan menyakitkan tim besar dari tim yang lebih lemah:

2 dari 6 halaman

MANCHESTER UNITED 0-1 Leeds United (Babak Ketiga Piala FA 2009-10, 3 Januari 2010)

Piala FA merupakan turnamen sepak bola tertua di dunia. Setiap musim, Piala FA selalu menghadirkan kejutan. Tim-tim dari kasta terbawah selalu memberikan hasil yang mengejutkan.

Salah satu tim dari kasta terbawah yang memberikan kejutan adalah Leeds United. Pada Januari 2010, The Whites mampu mengalahkan juara bertahan Premier League saat itu, Manchester United, dengan skor 1-0 di Stadion Old Trafford. Pada laga tersebut, Jermaine Beckford jadi satu-satunya pencetak gol setelah menerima umpan lambung dari Neil Kilkenny. Kemenangan tersebut membuat Manchester United harus tersingkir lebih cepat dari Piala FA musim 2009-10.

3 dari 6 halaman

ARSENAL 1-2 Birmingham City (Final Piala Liga 2010-11, 27 Februari 2011)

Tak hanya Piala FA, Piala Liga juga menghadirkan kejutan, terutama pada tahun 2010-an awal. Salah satu kejutan tersaji pada musim 2010-11 saat Birmingham City mampu menjuarai turnamen tersebut.

The Blues menjadi juara Piala Liga setelah menaklukan Arsenal dengan skor 2-1 di partai final. Nikola Zigic membuka keunggulan setelah menerima umpan dari Roger Johnson pada menit ke-28. Sebelas menit berselang, The Gunners mampu menyamakan kedudukan setelah Robin van Persie mencetak gol pada menit ke-39. Satu menit jelang laga berakhir, Obafemi Martins mengunci kemenangan Birmingham City setelah memanfaatkan kemulut di depan gawang Wojciech Szcaesny.

Kekalahan tersebut terasa sangat menyakitkan bagi Arsenal. Pasalnya, The Gunners harus memperpanjang puasa gelar setelah terakhir menjuarai Piala FA pada musim 2004-05.

4 dari 6 halaman

BARCELONA 0-2 Hercules (La Liga 2010-11, 11 September 2010)

Barcelona dikenal sebagai tim kuat saat Pep Guardiola masih melatih pada musim 2010-11. El Barca sulit dikalahkan, bahkan ketik bermain di kandang sendiri.

Namun, Hercules mampu mengejutkan pecinta sepak bola setelah mengalahkan Barcelona dengan skor 2-0 di Camp Nou pada September 2010. Pada saat itu, Hercules baru saja promosi ke La Liga setelah musim 1996-97. Nelson Valdez menjadi bintang pada pertandingan tersebut setelah mencetak dua gol kemenangan Los Herculanos atas El Barca.

5 dari 6 halaman

Olympique Lyon 1-0 REAL MADRID (Leg Pertama 16 Besar Liga Champions 2009-10, 17 Februari 2010)

Pada musim 2009-10, Real Madrid membentuk tim Los Galacticos jilid kedua dengan mendatangkan sejumlah pemain bintang seperti, Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka, dan Karim Benzema. Namun, skuat El Real tidak cukup untuk menyingkirkan Olympique Lyon dari fase 16 besar Liga Champions musim 2009-10.

Pada leg pertama, Real Madrid harus takluk 1-0 dari Lyon di Stade de Gerland pada Februari 2010. Gol tunggal Jean Makoun mampu membawa Les Gones menang atas Los Blancos. Hasil tersebut merupakan pintu awal bagi Real Madrid untuk keluar dari Liga Champions.

6 dari 6 halaman

Fulham 4-1 JUVENTUS (Semifinal Liga Europa 2009-10, 19 Maret 2010)

Siapa sangka tim seperti Fulham pernah mengalahkan Juventus? Hal ini terjadi pada tahun 2010. Bobby Zamora dkk. mampu menghempaskan Si Nyonya Tua dengan skor 4-1 pada partai kedua semifinal Liga Europa 2009-10.

David Trezeguet membuka keunggulan bagi Juventus pada menit kedua laga. Tanpa di sangka Fulham mampu membalikkan keunggulan Juventus setelah mencetak empat gol pada laga tersebut. Bobby Zamora (9’), Zoltan Gera (39’, 49’), dan Clint Dempsey (82’) menjadi pencetak empat gol bagi The Cottagers. Hasil tersebut menghantarkan Fulham melangkah ke partai final Liga Europa setelah unggul agregat 5-4 atas Juventus. (Bola.com/Tegar Juel)

Sumber: Bleacher Report

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Tegar Juel

  • Trivia

Video Populer

Foto Populer