Sukses


Bukan Hanya Kepa Arrizabalaga, 5 Pemain Ini Juga Cetak Gol Bunuh Diri dengan Cara Unik

Bola.com, Jakarta - Laga yang mempertemukan Chelsea kontra Ajax Amsterdam pada matchday keempat Liga Champions, Rabu (6/11/2019), diwarnai berbagai aksi unik dan menarik. Dua kartu merah, dua penalti, dan dua gol bunuh diri tercipta dalam laga tersebut.

Dua kartu merah diberikan kepada Daley Blind pada menit ke-68 dan Joel Veltman pada menit ke-69. Dua penaliti dieksekusi dengan baik oleh pemain Chelsea, Jorginho, pada menit ke-4 dan ke-71.

Sementara gol bunuh diri dicatatkan Tammy Abraham pada menit ke-2 dan kiper andalan Chelsea, Kepa Arrizabalaga, pada menit ke-35. Namun gol bunuh diri Kepa menjadi satu hal yang paling mendapat sorotan.

Tendangan sudut Hakim Ziyech yang mengarah langsung ke gawang Chelsea tak bisa diantisipasi dengan baik oleh Kepa. Bola justru membentur tiang gawang dan memantul ke wajah sang kiper sebelum akhirnya masuk ke gawang.

Kejadian itu disebut cukup memalukan bagi penjaga gawang berusia 25 tahun tersebut. Kepa menjadi salah satu pemain yang mendapat olok-olok dari suporter Chelsea.

Meski demikian, Kepa Arrizabalaga bukan satu-satunya pemain yang pernah melakukan gol bunuh diri memalukan. Bola.com telah merangkum lima pemain yang juga pernah melakukan kesalahan yang sama.

 

2 dari 6 halaman

1. Robin van Persie (Belanda Vs Repulik Ceska, 2018)

Robin van Persie merupakan salah satu stiker terbaik Eropa pada masanya. Mantan pemain Manchester United itu ternyata pernah mencatatkan gol bunuh diri lucu dalam kariernya.

Gol lucu tersebut terjadi pada kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Republik Ceska. Tendangan sudut dari pemain Republik Ceska jatuh ke kepala Van Persie.

Alih-laih menyelamatkan gawang Belanda dari bola hasil tendangan sudut itu, Van Persie malah mengarahkan bola ke gawangnya sendiri. Alhasil, satu gol menjadi milik Republik Ceska.

3 dari 6 halaman

2. Vincent Kompany (Manchester City Vs Fulham, 2013)

Salah satu bek terbaik Premier League, Vincent Kompany, juga pernah melakukan gol bunuh diri unik. Enam tahun lalu, Manchester City menghadapi Fulham dalam lanjutan kompetisi Premier League.

Saat hendak meyapu bola ke luar lapangan, tendangan Kompany melengkung menghantam mistar gawang. Apesnya, bola tersebut justru masuk ke gawang Manchester City.

Gol tersebut menjadi menarik karena dicetak dari luar kotak penalti. Sejumlah pengamat menilah gol indah itu akan membuat sejarah kalau dicatatkan Kompany ke gawang Fulham.

4 dari 6 halaman

3. Wayne Hatswell (Forest Green Vs Morecambe Town, 2001)

Kejadian konyol terkait gol bunuh diri bukan hanya terjadi pada klub-klub besar Eropa. Pada 2001, Wayne Hatswell yang merupakan pemain klub yang berkompetisi di liga lokal Inggris, yakni Forest Green, juga melakukan blunder lucu.

Hatswell berusaha menghalau bola yang berjarak sekian inchi di depan gawang. Sayang, halauannya itu gagal. Bola membentur mistar dam masuk ke gawang sendiri. Kejadian itu disebut menjadi penyesalan terbesar dalam hidup Wayne Hatswell.

5 dari 6 halaman

4. Djimi Traore (Burnley Vs Liverpool, 2005)

Djimi Traore adalah salah satu pemain sepak bola yang membela Liverpool sejak 2002 hingga 2006. Namun tampaknya, laga kandangnya kala menjamu Burnley pada FA Cup 2005 menjadi kompetisi yang tak terlupakan.

Djimi Traore melakukan blunder memalukan di depan gawang sendiri. Alih-alih memamerkan skill penguasaan bolanya, Traore justru melakukan blunder dan membuat bola masuk ke gawang sendiri.

6 dari 6 halaman

5. Festus Baise (Sun Hei Vs Citizen Hong Kong, 2011)

Siapa bilang sepak bola Asia tidak memberikan suguhan menarik perihal gol bunuh diri. Pada 2011, Festus Baise yang saat itu membela Citizen Hong Kong harus menahan malu karena gol bunuh dirinya.

Kejadiannya hampir sama seperti kasus Djimi Traore. Saat itu, Baise juga berencana menghalau bola dengan koprol. Sayang, bola malah masuk ke gawang timnya sendiri.

Video Populer

Foto Populer