Sukses


Fans Kumpulkan Rp6,5 Miliar Demi Selamatkan Klub Kesayangan

Bola.com, Jakarta - Basma Amor mencurahkan isi hatinya terkait nasib klub kesayangan, Club Africain. "Rasanya lega bisa memberikan sesuatu untuk klub. Dan saya pikir, apa yang kurasakan sama dengan seluruh fans Club Africain," cuit Amor.

Kalimat milik Basma Amor tersebut bisa jadi mewakili seluruh fans Club Africain. Nama tim asal Tunisia tersebut sedang menjadi bahan pembicaraan banyak pihak.

Alasan utama situasi di atas adalah beragam masalah yang tengah mendera Club Africain. Satu yang menjadi atensi para pendukung adalah kondisi keuangan. Newtelegraphng.com merilis, klub tersebut terlilit utang dan terkendala dalam membayar gaji para pemain.

Kondisi yang menimpa Club Africain menjadi viral karena klub ini berstatus pemilik fans terbanyak, dan klub terbesar di Tunisia. Walhasil, banyak orang, terutama para penggemar setia, yang tak ingin klub kesayangan mereka hilang dari peredaran kompetisi domestik.

Oleh karena itu, barisan fan Club Africain menggelar program penggalangan dana. Hebatnya, dalam rentang 24 jam, berhasil terkumpul uang senilai 450 ribu dolar AS atau sekitar Rp6,5 miliar (1 dolar AS = Rp14.500). Seluruh uang tersebut langsung disalurkan ke manajemen tim yang bermarkas di Stade Olympique de Radès.

 

2 dari 2 halaman

Program Pertolongan

Cerita tentang Club Africain tergolong miris. Pasukan Victor Zvunka ini berstatus tim tertua kedua di Tunisia, plus satu di antara tim ternama di kawasan Afrika. Kondisi keuangan yang negatif sempat membuat Club Africain harus mendapat potongan enam poin di kancah liga domestik akibat tak sanggup membayar gaji para pemain.

Sebenarnya, langkah untuk mengadang laju krisis sudah mendapat reaksi dari banyak pihak. Federasi Sepak Bola Tunisia (FTF) turun tangan untuk menyelematkan klub yang berdiri pada 1920 tersebut. Pada Oktober 2019, FTF membuat akun khusus yang bertujuan menampung donasi dari fans. Jumlahnya mencapai angka 600 ribu dolar AS.

Kini, Basma Amor dan jutaan penggemar Club Africain berharap langkah kecil mereka bisa membuat kondisi klub terus membaik. Setidaknya, jumlah utang yang sudah mencapai angka 6 juta dolar AS bisa tereduksi.

Sumber : newtelegraphng.com

Video Populer

Foto Populer