Brasil Vs Argentina: Laga dengan Banderol Pemain 18,5 Trilun

Oleh Wiwig Prayugi pada 15 Nov 2019, 18:12 WIB
Diperbarui 15 Nov 2019, 20:18 WIB
Brasil Vs Argentina

Bola.com, Jakarta - Brasil menghadapi Argentina pada laga persahabatan yang digelar di Stadion King Saud University, Riyadh, Sabtu (16/11/2019) dini hari nanti.

Duel Brasil versus Argentina selalu penuh gengsi mengingat rivalitas mereka sangat kuat baik di Copa Amerika maupun Piala Dunia. Alhasil, laga persahabatan pun sangat disorot.

Dalam dua pertemuan terakhir, Brasil menang, yakni pada Copa America 2019 (2-0) dan laga persahabatan Oktober 2018 (1-0).

Ada fakta menarik dalam laga ini, yakni susunan pemain termahal dari kedua tim, yakni banyaknya pemain berbanderol mahal yang bakal tampil nanti.

Menurut laporan AS berdasarkan Transfermarkt, Brasil unggul jauh dari Argentina, soal banderol pemain. Bila ditotal, Brasil punya 710 juta euro, sementara Argentina hanya 489 juta euro. Bila digabung, mencapai 1.199 juta euro atau Rp 18,5 triliun, dengan kurs euro Rp 15.516. 

Bola.com merinci harga masing-masing pemain yang mewakili lini belakang, tengah, hingga depan.

Brasil punya lima pemain mahal setiap lini, yang bila digabung, banderolnya mencapai 485 juta euro, yakni Alisson Becker, Marquinhos, Philippe Coutinho, Roberto Firminho, dan Neymar.

Sementara, Argentina hanya punya dua nama yang 'menonjol' dalam urusan harga, yakni Lionel Messi, Paulo Dybala, dan Sergio Aguero. Total, ada angka 325,2 juta euro dari banderol kiper Agustin Marchesin, Nicolas Tagliafico, Paulo Dybala, Lionel Messi, dan Sergio Aguero.

Bila ditotal, jumlah nilai ke-10 pemain Brasil dan Argentina tersebut mencapai 810,2 juta euro. Bila dirupiahkan, harga 10 pemain itu mencapai 7,5 triliun.

2 dari 4 halaman

Kiper

Menang Adu Penalti Atas Paraguay, Brasil ke Semifinal
Kiper Brasil Alison memblok tendangan penalti pemain Paraguay Gustavo Gomez dalam laga perempat final Copa America 2019 di Arena do Gremio, Porto Alegre, Brasil, Kamis (27/6/2019). Brasil melaju ke semifinal Copa America 2019 setelah menaklukkan Paraguay lewat adu penalti. (AP Photo/RicardoMazalan)

Brasil saat ini memiliki dua kiper ternama, yakni penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker dan kiper Manchester City, Ederson.

Berdasarkan Transfermarkt, Alison dibanderol 80 juta euro dan Ederson 70 juta euro. Sementara, kiper Argentina, Agustin Marchesin, dibanderol tidak tidak sampai 10 juta euro.

Untuk bek, Brasil punya pemain belakang PSG, Marquinhos dengan banderol 65 juta euro. Sementara, pemain belakang Argentina yang termahal ialah Nicolas Tagliafico (Ajax). Tetapi, selisih banderol Tagliafico dengan Marquinhos sangat jauh. Tagliafico, pemain berusia 27 tahun itu diberi bernilai 28 juta euro.

3 dari 4 halaman

Tengah

Paulo Dybala
Paulo Dybala turut menyumbang gol untuk Argentina (Andres Larrovere / AFP)

Gelandang Brasil, Philippe Coutinho dan gelandang Argentina, Paulo Dybala sama-sama bernilai mahal. 

Harga Coutinho memang terjun bebas, setelah tampil kurang memuaskan di Barcelona. Saat pindah ke Barcelona, ia dibanderol 150 juta euro. Saat ini, nilainya adalah 90 juta euro, ketika dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Tak jauh berbeda, Dybala juga mewakili lini tengah Argentina yang diibanderol mahal. Nilainya saat ini adalah 75 euro. Banderol Dybala diprediksi bakal melonjak apabila terus tampil cemerlang di Juventus.

4 dari 4 halaman

Depan

Menengok Persiapan Messi Cs Jelang Hadapi Brasil
Penyerang Argentina, Lionel Messi berbincang dengan rekannya Sergio Aguero saat mengikuti sesi latihan tim jelang bertanding melawan Brasil di Ciudad Deportiva Antonio Asensio di Palma de Mallorca (12/11/2019). (AFP/Jaime Reina)

Argentina lumayan mahal dalam hal penyerang. Jelas sekali karena ada Lionel Messi di sana. Messi di angka 150 juta euro. Ada juga Sergio Aguero yang dibanderol 65 euro.

Sementara, Brasil juga punya Roberto Firmino yang dibanderol 80 juta euro dan Neymar di angka 180 juta euro.

 

Sumber: AS, Transfermarkt

Lanjutkan Membaca ↓