Spanyol Pecat Pelatih Setelah Menang atas Rumania

Oleh Aditya Wicaksono pada 19 Nov 2019, 20:15 WIB
Diperbarui 19 Nov 2019, 20:15 WIB
Lihat Para Pemain Spanyol  Latihan Jelang Hadapi Swedia
Pelatih Spanyol, Robert Moreno. (AFP Photo/Jonathan Nackstrand)

Bola.com, Jakarta - Timnas Spanyol dikabarkan akan memecat Robert Moreno setelah ia mengantarkan La Roja ke Piala Eropa 2020. Hal itu terindikasi setelah laga melawan Rumania, yang dimenangi Spanyol dengan skor 5-0.

Robert Moreno menjadi pelatih timnas Spanyol pada Juni 2019. Ia menggantikan Luis Enrique yang mundur karena alasan keluarga.

Pada akhirnya, anak dari Luis Enrique gugur dalam perjuangan melawan sakit kanker tulang. Ia meninggal pada Agustus lalu.

Kondisi tersebut membuat Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mempertimbangkan untuk kembali menunjuk Enrique sebagai pelatih timnas.

Hal itu terindikasi dari sikap Moreno dan sejumlah pemain setelah laga melawan Rumania. Tidak ada perwakilan timnas Spanyol yang muncul dalam konferensi pers.

Kondisi tersebut diakibatkan Moreno mengumpulkan penggawa timnas Spanyol di ruang ganti untuk mengucapkan perpisahan. Moreno dikabarkan terkejut dengan keputusan tersebut.

Namun, ia menerima dengan lapang dada jika Luis Enrique kembali menjadi pelatih timnas Spanyol.

2 dari 2 halaman

Alasan Luis Enrique Tolak Latih Klub

Spanyol Bantai Kroasia
Luis Erique. (AP Photo/Alberto Saiz)

Luis Enrique sempat dikabarkan akan kembali menjalani karier sebagai pelatih. Ia disebut sebagai kandidat untuk menjadi manajer Arsenal, menggantikan Unai Emery.

Namun, Enrique menolak tawaran tersebut. Hal itu dikarenakan ia tak mau mengambil alih klub pada tengah kompetisi. Selain itu, Arsenal sedang berada pada periode yang tidak stabil, karena itu Enrique tak mau mengambil risiko.

Jika kembali ke timnas Spanyol, Enrique bisa menyelesaikan pekerjaannya yang belum tuntas. Ia menjadi pelatih La Roja setelah Piala Dunia 2018. Namun, Enrique mundur karena ingin merawat anaknya yang menderita kanker.

Enrique akan memiliki kesemapatan untuk mengantarkan Spanyol meraih gelar pada Piala Eropa 2020.

Sumber: Mirror

Lanjutkan Membaca ↓
Jejak Karier Andrea Pirlo di Juventus