Selebrasi Keren Georginio Wijnaldum dan Frankie de Jong Menolak Rasialisme

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 21 Nov 2019, 15:30 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 16:18 WIB
Belanda VS Estonia

Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda berhasil mengalahkan Estonia dengan skor telak 5-0 pada laga terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C, Rabu (20/11/2019) di Johan Cruijff Arena. Georginio Wijnaldum menjadi bintang kemenangan dalam laga tersebut lewat hattricknya.

Sementara dua gol lainnya masing-masing dicetak Nathan Ake (18') dan Myron Boadu pada menit ke-87. Kemenangan atas Estonia itu membuat poin Belanda menjadi 19.

Meskipun sudah memastikan lolos mendampingi Jerman, Belanda tetap tampil menekan sejak menit awal. Ketiga laga baru berjalan enam menit De Oranje sudah memimpin lewat sundulan sang kapten, Georginio Wijnaldum.

Setelah gol tersebut pemain Liverpool itu langsung melakukan selebrasi bersama rekan setimnya. Ada yang menarik saat Wijnaldum merayakan golnya itu.

Wijnaldum mengajak rekannya Frankie de Jong ikut selebrasi dengannya. Wijnaldum langsung meraih tangan De Jong dan mensejajarkan tagannya.

Dilansir dari Sportbible, Rabu (21/11/2019) hal itu dilakukan untuk menunjukkan Wijnaldum tak memiliki masalah dengan De Jong meskipun warna kulitnya berbeda.

Dalam tayangan ulang terlihat tangan Frankie de Jong lebih putih ketimbang tangan Georginio Wijnaldum. Namun, meskipun berbeda warna kulit kedua pemain tetap saling bahu-membahu di tim.

2 of 2

Sering Terjadi di Sepak Bola

Mario Balotelli Resmi Diperkenalkan Brescia
Mario Balotelli. (AFP Photo/Yann Coatsaliou)

Warna kulit memang kerap menjadi sasaran ejekan, termasuk di dunia sepak bola. Beberapa waktu yang lalu, pemain Brescia, Mario Balotelli, juga mendapatkan perlakuan yang kurang mengenakkan dari suporter.

Eks pemain Manchester City itu mendapat ejekan bernada rasial. Balotelli yang mendengar ungkapan tersebut langsung bereaksi dengan menendang bola ke arah penonton yang mengejeknya.

Selain Mario Balotelli masih banyak pemain lain yang sering mendapatkan perlakuan rasialis saat bermain bola. Hal tersebut tentunya perlu dihilangkan dalam sepak bola agar permainan tersebut semakin indah untuk dinikmati.

Sumber: Sportbible

Lanjutkan Membaca ↓
David Villa Dapat Kado Perpisahan dari J League Sebelum Gantung Sepatu