Sukses


Saat Lionel Messi, Son Heung-min, dan Van Dijk Disebut Turut Andil dalam Pemanasan Global

Bola.com, Jakarta - Sederet bintang sepak bola dunia seperti Lionel Messi, Son Heung-min, Virgil Van Dijk dan 17 pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or disebut turut andil dalam pemanasan global. Mereka menyumbang setidaknya 505 ton CO2 tahun ini.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Andrew Welfle dari Universitas Manchester, sejumlah bintang top dunia melakukan banyak perjalanan musim ini. Mereka berkeliling dunia untuk mengikuti sejumlah kompetisi seperti Liga Champions dan kompetisi domestik.

Biasanya, para atlet ini akan menggunakan jet pribadi sebagai moda transportasi mereka. Penggunaan bahan bakar untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya itu menjadi bahan penelitian Andre Welfle.

Hasilnya, pemain Paris Saint-Germain asal Brasil, Marquinhos, disebut menjadi pemain yang paling banyak menyumbang CO2 tahun ini. Marquinhos menempuh jarak 110.787 km dalam perjalanannya di semua kompetisi musim ini.

Itu berarti, pemain berusia 25 tahun tersebut akan menyumbang 53,5 ton emisi CO2 di udara. Begitu juga dengan Son Heung-min yang telah menempuh jarak 88.289 km musim ini dan Roberto Firmino dengan 97,907 km. 

Marquinhos, Son, dan Roberto Firmino menjadi tiga atlet yang paling banyak berkontribusi dalam pemanasan global. Sementara Lionel Messi dari Barcelona dan Virgil Van Dijk dari dari Liverpool masing-masing bertanggung jawab atas 20,9 ton dan 16,5 ton emisi CO2 di udara. 

 

2 dari 2 halaman

Ballon d'Or

Masih melansir dari sumber yang sama, penelitian ini melibatkan 20 pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or tahun ini. Namun, di balik isu lingkungan yang berembus, penghargaan Ballon d'Or tetap menjadi bahasan menarik untuk dikulik-kulik.

Rumor bocornya pemenang calon pemenang Ballon d'Or 2019 juga sempat menjadi sorotan. Sebuah media asal Spanyol yakni Mundo Deportivo, mengejutkan pencinta sepak bola di seluruh dunia dengan artikelnya yang diterbitkan Rabu (27/11/2019).

Mundo Deportivo mengungkap bahwa Lionel Messi telah terpilih menjadi pemenang Ballon d'Or 2019. Meski demikian, informasi tersebut masih berupa rumor. Semua masih bisa berubah hingga dihelatnya penghargaan pemain sepak bola pada 2 Desember 2019.

Sumber: News 18

Video Populer

Foto Populer