5 Fakta Menarik Pasca Kemenangan Besar Manchester United Atas AZ Alkmaar

Oleh Rizki Hidayat pada 13 Des 2019, 19:15 WIB
Diperbarui 13 Des 2019, 19:18 WIB
Manchester United Cukur AZ Alkmaar 4-0 di Old Trafford

Bola.com, Manchester - Manchester United meraih kemenangan empat gol tanpa balas atas AZ Alkmaar, pada laga terakhir Grup L Liga Europa, Kamis (13/12/2019). Hasil tersebut membuat MU lolos ke-32 besar dengan status juara grup.

Menjamu AZ di Old Trafford, The Red Devils langsung berinisiatif menyerang sejak bola digulirkan. Anak asuh Ole Gunnar Solskjaer itu mencatatkan 52 persen penguasaan bola, berbanding 48 persen milik tim tamu.

Manchester United juga melepaskan 14 tembakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain AZ Alkmaar memperoleh empat peluang bagus dari tujuh kesempatan.

Menguasai jalannya pertandingan, MU berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan empat gol tanpa balas. Keempat gol Tim Setan Merah disarangkan Ashley Young pada menit ke-53, Mason Greenwood menit ke-58 dan 64', serta Juan Mata menit ke-62.

"Kami tidak bisa menunggu sesuatu terjadi, kami harus membuat segala hal terjadi sendiri. Babak kedua jauh, jauh lebih baik. Kami mendorong lini tengah lebih tinggi ke lapangan dan itu berhasil," ujar Ole Gunnar Solskjaer.

Tambahan tiga poin tersebut membuat Manchester United berhasil melenggang ke-32 besar Liga Europa sebagai pemuncak Grup L, dengan nilai 13. Mereka unggul empat poin atas AZ Alkmaar di urutan kedua.

2 of 3

Data dan Fakta:

Manchester United Vs AZ Alkmaar
Bek Manchester United, Ethan Laird, masuk menggantikan Ashley Young saat melawan AZ Alkmaar pada laga Liga Europa di Stadion Old Trafford, Manchester, Rabu (12/12). MU menang 4-0 atas AZ. (AFP/Lindsey Parnaby)

1. Manchester United berhasil meraih tujuh kemenangan dari sembilan laga kandang terakhir melawan klub Belanda di semua kompetisi. Mereka juga mencatatkan clean sheet dalam tiga laga terakhir.

2. Juan Mata untuk pertama kalinya terlibat langsung dalam tiga gol (1 gol; 2 assist) Manchester United dalam satu laga di turnamen Eropa, sejak Maret 2013. Saat itu, Mata mencetak satu gol dan dua assist bersama Chelsea kontra Steaua Bucharest.

3. Ashley Young mencetak gol Eropa pertamanya bersama Manchester United sejak Februari 2012. Ketika itu, dia membobol gawang Ajax Amsterdam.

4. Hanya Marcus Rashford (13 gol) yang mencetak lebih banyak gol dibandingkan Mason Green Wood (6 gol), di semua ajang kompetisi bersama Manchester United musim ini.

5. Mason Greenwood adalah pemain termuda yang mencetak dua gol di turnamen Eropa untuk Manchester United (18 gol; 72 hari).

Sumber: BBC

3 of 3

Video:

Lanjutkan Membaca ↓