Sukses


Kesalahan Fatal Jurnalis China Dimaafkan Netizen Setelah Melihat Fotonya

Bola.com, Jakarta - Jurnalis China, Xing Chengbo, membuat kegemparan di dunia maya setelah membuat kesalahan dalam penulisan nama pemain. Ia salah menulis 15 dari 23 nama pesepakbola nasional yang ikut serta dalam EAFF E-1 Football Championship.

Artikel yang ia tulis kemudian terbit di BD News pada 9 Desember 2019. Kesalahan Xing antara lain menulis kiper Liu Dianzuo menjadi Liu Dianzhu. Ia juga menggunakan karakter China yang salah untuk nama Feng Jin, Mei Fang, Jiang Zhipeng, dan Ji Xiang.

Kesalahan penulisan tersebut mengejutkan bagi sejumlah kalangan, termasuk warganet. Selama ini Xing dikenal sebagai jurnalis berpengalaman karena pernah meliput event besar sekelas Piala Dunia 2018 dan Asian Games 2014 dengan baik.

Tidak lama setelah artikel itu diterbitkan, netizen China membanjiri Weibo Xing dengan komentar mempertanyakan profesionalismenya sebagai jurnalis.

"Apakah Anda benar-benar lulus dari Universitas Kelautan China? Apakah Anda menonton sepak bola? Anda benar-benar belum pernah melihat nama-nama pesepak bola nasional sebelumnya? Jika Anda tidak bersemangat tentang sepak bola, Anda tidak harus melakukan pekerjaan ini," tulis satu di antara netizen, seperti dilansir Asiaone, pekan lalu. 

"Dengan tingkat keahlian Anda, Anda menjadi jurnalis? Bagaimana Anda masuk ke perusahaan ini? Menggunakan koneksi? Jika saya bisa mengetikkan daftar lengkap pemain dengan benar, apakah ini berarti saya bisa menjadi pemimpin redaksi surat kabar Anda? Saya 'Tertawa begitu keras'," imbuh netizen China yang lain.

2 dari 2 halaman

Netizen Barbalik Memuji Setelah Melihat Foto Sang Jurnalis

Namun, kritikan yang diajukan kepada Xing Chengbo berubah menjadi pujian setelah netizen menemukan foto sang jurnalis. Foto-foto tersebut berhasil membuat netizen terpana dengan kecantikannya dan ada yang membelanya.

"Saya sedang jatuh cinta," tulis netizen yang membelanya.

"Memiliki wanita cantik yang salah mengeja namamu adalah kehormatan seumur hidup bagi para pemain nasional kita," tambah satu netizen.

"Maafkan dia, kita harus memaafkannya (untuk kesalahannya)," imbuh netizen yang lain.

Xing Chengbo mungkin telah dimaafkan oleh beberapan netizen. Namun, BD News beranggapan ini masalah serius sehingga ia diturunkan pangkatnya menjadi "Jurnalis trainee".

Sumber: Asiaone

Video Populer

Foto Populer