Sukses


Perjuangan Pemain Timnas Kolombia Mencari Sang Ayah yang Hilang Selama Hampir 25 Tahun

Jakarta Pemain Timnas Kolombia, Fernando Quintero, tengah berjuang mencari jawaban atas hilangnya sang ayah nyaris 25 tahun lalu. Quintero berharap Kepala Angkatan Bersenjata Kolombia bisa memberi jawaban pasti.

Jaime Quintero hilang pada 1995 ketika melakukan dinas militer di pangkalan militer Carepa, di timur laut Kolombia. Konon, sang ayah memiliki perselisihan dengan kaptennya di kesatuan, Zapateiro, yang sekarang menjabat sebagai jenderal.

"Saya tidak ingin mengambil keuntungan dari Jenderal Angkatan Bersenjata yang baru (Enrique) Zapateiro, setelah menjabat. Tetapi, saya berharap bisa memulai dialog segera dan mencari tahu apa yang terjadi," tulis Juan Quintero di Twitter.

Pemain klub Argentina, River Plate itu menuliskan keluh-kesahnya kepada 1,6 juta pengikutnya di Twitter. Gelandang andalan Timnas Kolombia tersebut ingin kepastian tentang nasib sang ayah, karena keluarganya masih terpukul atas hilangnya Jaime Quintero.

"Saya punya hak sebagai anak untuk tahu apa yang terjadi pada ayah saya karena saya sudah menderita dan saya melihat keluarga saya menderita karena masalah psikologis," terang Juan Quintero, yang baru berusia dua tahun ketika ayahnya, Jaime menghilang pada 1995.

Jenderal Zapateiro, adalah kapten pada unit tempat ayahnya bertugas dulu. Zapateiro dinyatakan bersih dari kesalahan oleh pengadilan pada 2001. Akan tetapi, kerabat terus mendesak adanya jawaban atas lenyapnya itu.

Video:

2 dari 3 halaman

Terjadi Perselisihan

Menurut keluarganya, Zapateiro memerintahkan Jaime Quintero untuk pergi ke Medellin setelah diduga terjadi perselisihan antara keduanya atas ketidakdisplinan terus menerus. Namun, Quintero tidak pernah tiba di tujuan.

"Tidak ada bukti tanggung jawab kapten komandan... Eduardo Enrique Zapateiro Altamiranda, yang sekarang ditunjuk sebagai komandan militer, atau terhadap anggota angkatan bersenjata nasional manapun," jawab angkatan bersenjata dalam pernyataan yang dimuat pada lamannya, seperti dilansir AFP.

3 dari 3 halaman

83 Ribu Orang Hilang

Di Colombia, 83.000 orang lenyap selama lebih dari 50 tahun perang saudara. Menurut Pusat Memori Sejarah Nasional, jumlah itu hampir tiga kali lebih banyak dibanding di bawah pemerintahan diktator di Argentina, Brasil, dan Chile pada paruh kedua abab ke-20.

Sumber asli: AFP

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Windi Wicaksono/Editor: Bogi Triyadi/Published: 02/01/2019)

Video Populer

Foto Populer