Performa Terkini 7 Pemain Termahal yang Tinggalkan Premier League pada Musim Panas 2019

Oleh Yus Mei Sawitri pada 16 Jan 2020, 08:10 WIB
Diperbarui 16 Jan 2020, 08:34 WIB
Inter Milan Vs Cagliari

Bola.com, Jakarta - Pencinta sepak bola tetap mendapat hiburan pada musim panas meskipun tak ada pertandingan yang tersaji di lapangan. Fans akan disuguhi tontonan menarik lainnya dari luar lapangan, yaitu parade transfer pemain, termasuk di Premier League.  

Bursa transfer musim panas selalu menjadi momen bagi klub-klub merombak skuat setelah mengevaluasi performa selama musim sebelumnya. Tak jarang klub rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaiki kinerja pada musim baru. 

Tak terkecuali pada bursa transfer musim panas 2019. Banyak transfer bernilai besar terjadi pada musim panas 2019, sebagian antarklub di Premier League atau pemain yang masuk dari luar Inggris. 

Kompetisi Premier League yang gemerlap masih jadi magnet besar bagi pemain dari berbagai penjuru dunia untuk datang.  Namun, ada juga yang memilih meninggalkan Premier League untuk karier yang lebih baik. 

Klub-klub Premier League biasanya membutuhkan dana besar untuk menambah skuat. Sebagai konsekuensi, klub-klub tersebut juga berusaha melepas pemain dengan harga mahal demi menstabilkan neraca keuangan klub. 

Tapi, tak semua kepindahan berefek positif bagi pemain, meski banyak juga yang tampil lebih cemerlang di luar Premier League. Berikut ini 7 pemain termahal yang meninggalkan Premier League dan penampilan terkininya, seperti dilansir Planet Football

 

2 of 8

1. Eden Hazard

Eden Hazard - Real Madrid
Eden Hazard diperkenalkan kepada media dan publik sebagai pemain anyar Real Madrid di Santiago Bernabeu, Jumat (13/6/2019).(AP Photo/Manu Fernandez)

Eden Hazard menjadi pemain paling mahal yang hengkang dari Premier League pada musim panas 2019. Dia gabung ke Real Madrid dengan banderol 100 juta euro (Rp1,52 triliun). 

Sejauh ini, bisa dibilang penampilan Eden Hazard bersama Los Blancos mengecewakan.

Setelah membantu Chelsea menjuarai Liga Europa, pemain Belgia itu malah lebih banyak menyumbangkan gol untuk negaranya ketimbang Real Madrid pada saat ini. Tak heran, muncul kritikan-kritikan di Spanyol terhadap dirinya. 

Belum moncernya performa Hazard antara lain dipengaruhi cedera yang merecokinya sejak November. Namun, pada masa itu Real Madrid tetap tampil apik tanpa dirinya. Alhasil, Eden Hazard harus berjuang supaya mendapat kepercayaan penuh untuk selalu tampil di tim utama. 

Hazard sejauh ini menyumbangkan 1 gol dan 3 assist di La Liga. Adapun di Liga Champions baru mencatatkan satu assist. 

 

3 of 8

2. Romelu Lukaku

Inter Milan Hajar Cagliari 4-1, Lukaku 2 Gol
Pemain Inter Milan Romelu Lukaku menyapa para suporter usai menghadapi Cagliari pada pertandingan Coppa Italia di Stadion San Siro, Milan, Italia, Selasa (14/1/2020). Inter Milan menang 4-1 dengan dua gol disumbang Lukaku. (AP Photo/Antonio Calanni)

Setelah setengah musim lebih, Romelu Lukaku menunjukkan bahwa Inter Milan tak salah memboyong dirinya dari Manchester United pada musim panas 2019 dengan banderol 50 juta pounds (Rp891,5 miliar). 

Pemain berkebangsaan Belgia tersebut telah melampui 15 gol yang dicetaknya pada musim terakhir di MU. Musim ini, Lukaku membukukan 18 gol dari 25 penampilan bersama Inter Milan. 

 

4 of 8

3. Danilo

Bek Manchester City Segera Jadi Milik Juventus
Danilo tiba di Turin (dok Juventus)

Manchester City menangguk keuntungan dengan menjual bek kanan, Danilo, ke Juventus dengan banderol 37 juta euro atau setara Rp659,4 miliar). 

Pemain asal Brasil itu mencetak gol pada laga debutnya bersama Juventus. Namun, dia kemudian dipaksa berbagi peran bek kanan dengan Mattio de Sciglio. 

Danilo bukan satu-satunya mantan pemain Premier League yang butuh waktu beradaptasi di Turin. Aaron Ramsey juga berusaha kembali ke performa terbaik setelah sempat dibekap cedera. 

 

5 of 8

4. Idrissa Gueye

Idrissa Gueye
Idrissa Gueye (evertonfc.com)

Everton melego Idrissa Gueye ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2019 dengan meraup 30 juta pounds atau setara Rp534,8 miliar. 

Gueye telah tampil dalam 12 pertandingan di Ligue 1 dan empat kali di Eropa, termasuk bermain 90 menit saat kemenangan 3-0 atas Real Madrid. PSG meneruskan tradisi mereka mengawali musim dengan perkasa. 

Namun, perjuangan Gueye di PSG diprediksi tak akan mudah. Dia harus berusaha tampil stabil karena perebutan posisi di sektor gelandang tengah PSG sangat ketat. 

 

6 of 8

5. Marko Arnautovic

Chelsea, Premier League, West Ham United
Gelandang West Ham United, Marko Arnautovic, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada laga Premier League di Stadion London, Sabtu (10/12/2017). Chelsea Takluk 0-1 dari West Ham United. (AFP/Ian Kington)

Arnautovic memilih hijrah ke Shanghai SIPG pada musim panas tahun lalu, yang membuat West Ham United meraup 22,5 juta euro (Rp401 miliar). Sang pemain juga mendapat gaji yang menjanjikan. 

Dia mengawali kiprahnya di China dengan perkasa, mencetak 9 gol dari 11 pertandingan dan membantu klub barunya lolos ke babak playoff Liga Champions Asia. 

Mantan pemain Stoke City itu akan kembali lagi ke China pada akhir Januari 2020, karena liga domestik di sana bergulir pada awal Februari. 

 

 

7 of 8

6. Kieran Trippier

Juventus Taklukkan Atletico Madrid Berkat Gol Tunggal Dybala
Bek Juventus, Mattia De Sciglio (kiri) berebut bola udara dengan bek Atletico Madrid, Kieran Trippier pada pertandingan Grup D Liga Champions di stadion Allianz di Turin, Italia (26/11/2019). Juventus menang tipis atas Atletico Madrid 1-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Keputusan Kieran Trippier meninggalkan Premier League sangat tepat. Mantan bek kanan Tottenham Hotspur tersebut telah menemukan performa terbaik bersama klub barunya Atletico Madrid.

Spurs mendapatkan dana segar senilai 20 juta pounds dari penjualan Trippier ke Atletico Madrid. 

Dia menjadi pemain reguler Atletico Madrid di La Liga dan Liga Champions. Atletico juga dibantunya lolos ke 16 besar Liga Champions untuk meladeni juara bertahan Liverpool. 

 

8 of 8

7. Dodi Lukebakio

Jika Anda tak mengenali nama Dodi Lukebakio tak usah menyalahkan diri sendiri. Pemain asal Belgia itu hanya bermain selama 15 menit bersama Watford di Premier League sejak gabung ke klub itu pada Januari 2018.

Dia kemudian menghabiskan musim lalu dengan menjalani masa peminjaman di Bundesliga. Lukebakio mencetak hattrick untuk Fortuna Dusseldorf saat menghadapi Bayern Munich.

Gara-gara hatrrick tersebut Watford mendapat 18 juta pounds (Rp320,9 miliar) dari penjualan Lukebakio ke Hertha Berlin. Sang pemain telah mencetak lima gol dalam 18 penampilan bersama klub barunya. 

Sumber: Planet Football 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Dua Bintang Timnas Indonesia Rasakan Serunya MMA di Event One Championship