8 Pemain Bintang dengan Status Bebas Transfer pada Musim Panas 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 08 Feb 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 08 Feb 2020, 08:15 WIB
jadwal pertandingan dan siaran langsung sepak bola

Bola.com, Jakarta Setelah sejumlah perpindahan pemain terjadi di bursa transfer Januari 2020, dalam beberapa bulan ke depan akan menarik melihat aksi-aksi pemain baru tersebut. Namun, bagaimana nasib para pemain yang akan habis kontraknya dalam kurun waktu enam bulan ke depan?

Jika bicara kontrak pemain dengan klub, lebih banyak akan berakhir pada musim panas ketimbang saat bursa transfer Januari. Hal itu karena klub-klub Eropa memang lebih senang berbelanja pemain menjelang bergulirnya musim baru.

Bursa transfer musim panas memang menjadi momentum bagi klub-klub Eropa untuk membangun tim yang akan lebih bersaing di musim baru. Sementara bursa transfer Januari lebih sering digunakan sebagai momen evaluasi tim untuk mengganti dan menambah tenaga agar bisa meraih hasil yang lebih baik di akhir musim.

Seperti dilansir dari ESPN, begitu banyak pemain bintang yang akan habis kontraknya menjelang bursa transfer musim panas 2020. Artinya akan cukup banyak transfer saga yang terjadi jelang musim panas tahun ini.

Tentu patut dinantikan siapa saja pemain yang akhirnya meninggalkan klubnya secara gratis, atau klub mana saja yang mendapatkan pemain secara gratis, serta klub mana saja yang akhirnya memilih memperpanjang kontrak sang pemain ketimbang kehilangan dengan sia-sia.

Melansir dari ESPN, berikut daftar 8 pemain bintang yang kemungkinan besar akan tetap berstatus bebas transfer pada bursa transfer musim panas mendatang.

2 dari 10 halaman

Edinson Cavani

Top scorer sementara Eropa
4. Edinson Cavani (Paris Saint-Germain) - 16 Gol. (AP/Christophe Ena)

Striker asal Uruguay ini hampir saja bergabung bersama Atletico Madrid dalam bursa transfer musim dingin. Namun, PSG meminta dana sebesar 20 juta euro untuk mencapai kesepakatan.

Dalam bursa transfer selanjutnya, Cavani memiliki hak untuk memilih klubnya sendiri dan tampaknya itu adalah Atletico Madrid. Namun, tentu saja bisa berubah jika mereka memiliki rencana lain untuk menambah daya gedor lini serangnya.

 

3 dari 10 halaman

Willian

Chelsea Vs Southampton
Winger Chelsea, Willian, saat coba melewati kawalan gelandang Southampton, Nathan Redmond, pada laga pekan ke-19 Premier League, di Stamford Bridge, Kamis (26/12/2019). The Blues takluk 0-2 dari Southampton. (AFP/Adrian Dennis)

Sekarang masalah kontrak Callum Hudson-Odoi telah terselesaikan. Chelsea bisa memalingkan perhatian mereka ke Willian dan Pedro, yang kontraknya juga akan berakhir berbarengan dengan bursa transfer musim panas mendatang.

Chelsea perlu bertindak cepat kecuali mereka ingin kehilangan pemain ini dengan sia-sia meski merasa William akan bertahan di Stamford Bridge terlepas adanya ketertarikan dari Barcelona dan Juventus. Sementara Pedro akan pergi.

 

4 dari 10 halaman

Nemanja Matic

Manchester United, Chelsea, Piala FA 2018
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, tampak kecewa usai dikalahkan Chelsea pada laga final Piala FA 2017-2018 di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Manchester United. (AFP/Ian Kington)

Mengingat betapa pentingnya peran Matic saat Manchester United masih di bawah asuhan Jose Mourinho, tampaknya Ole Gunnar Solskjaer juga bakal mempertahankan pemain yang satu ini.

Pemain asal Serbia ini baru berusia 31 tahun, tapi mungkin saja Manchester United ingin menggunakan pemain muda ketimbang mereka yang berpengalaman saat ini. Hal itu tentu akan mempengaruhi keputusan mereka untuk memberikan opsi satu tahun lebih kepada Matic.

5 dari 10 halaman

Adam Lallana

adam lallana
Gelandang Liverpool asal Inggris, Adam Lallana. (AFP/Anthony Devlin)

Perjuangan Liverpool untuk meraih gelar juara Premier League musim ini terjadi tanpa bantuan yang begitu besar dari mantan gelandang Southampton ini. Faktanya dia menjadi pemain yang sedikit ambil bagian dari perjalanan Liverpool dalam beberapa musim terakhir.

Namun, Adam Lallana masih berusia 31 tahun. Dengan usia tersebut, bukan tidak mungkin dirinya bisa mendapatkan peran yang lebih baik dan penting bersama klub yang lebih kecil.

 

6 dari 10 halaman

David Silva

David Silva, Manchester United
Ekspresi pemain Manchester City, David Silva, setelah membobol gawang Watford pada final Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (18/5/2019) malam waktu setempat. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Mungkin ia memang sudah berusia 33 tahun, tapi Silva merupakan pemain dengan kualitas luar biasa. Namun, ia sudah mengatakan akan pergi setelah 10 tahun bersama The Citizens.

City memiliki Silva yang lain, yaitu Bernardo, untuk menggantikannya. Begitu pun pemain muda Phil Foden. Namun, pemain asal Spanyol itu akan terus bermain karena telah mengatakan bakal mengakhiri kariernya di Las Palmas, klub dari kota kelahirannya di Pulau Gran Canaria.

 

7 dari 10 halaman

Dries Mertens

Napoli vs Atalanta
Penyerang Napoli, Dries Mertens menyundul bola saat menjamu Atalanta dalam laga pekan kesepuluh Liga Italia di Stadion San Paolo, Naples, Rabu (30/10/2019). Laga sengit Napoli vs Atalanta berakhir tanpa pemenang dengan skor 2-2. (Ciro Fusco/ANSA via AP)

Napoli telah membuat keputusan untuk Mertens, yang menunda kontrak baru karena adanya ketertarikan dari Manchester United dan Chelsea pada Januari lalu.

Selain itu, masa depan pemain berusia 32 tahun lainnya, Jose Callejon, juga tengah menggantung ketika menolak pindah ke Shanghai Shenhua pada musim panas lalu.

 

8 dari 10 halaman

Mario Gotze

Mario Gotze, Liverpool
Gelandang Borussia Dortmund, Mario Gotze tertarik hijrah ke Liverpool. (AFP)

Selamanya akan dikenal sebagai pemain yang mencetak gol penentu kemenangan Jerman di final Piala Dunia 2014. Gotze mungkin merasa ia harus melakukan sesuatu yang lebih besar sebagai pembuktian diri.

Masih berusia 27 tahun dan setelah gagal pindah ke Bayer Munchen, ada rumor yang mengaitkannya dengan Liverpool yang ditangani mantan pelatihnya, Jurgen Klopp. Namun, hal tersebut tidak akan mudah karena pasti akan ada kompetisi besar dengan klub lain untuk mendapatkan tanda tangannya.

 

9 dari 10 halaman

Blaise Matuidi

Juventus Vs Parma
Gelandang Juventus, Blaise Matuidi, berebut bola dengan gelandang Parma, Dejan Kulusevski, pada laga Serie A di Stadion Juventus, Turin, Minggu (19/1). Juventus menang 2-1 atas Parma. (AFP/Marco Bertorello)

Mengejutkan jika banyak klub tidak dikaitkan dengan Matuidi mengingat situasi kontraknya yang akan habis dan fakta ia masih berusia 32 tahun.

Pemain asal Prancis ini memiliki jumlah bermain dari awal pertandingan lebih banyak dari Cristiano Ronaldo pada musim ini, di mana Matuidi 19 kali menjadi starter dan Ronaldo hanya 18 kali.

Blaise Matuidi mungkin akan menjadi sebuah tambahan tenaga yang bagus bagi klub manapun yang ingin memperkuat lini tengah mereka.

 

10 dari 10 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Melihat Kembali Momen Persaingan Ronaldo dan Oliver Bierhoff di Serie A Musim 1997/1998