AC Milan Vs Juventus: 2 Bukti Rossoneri Hanya Sedang Apes

Oleh Hesti Puji Lestari pada 14 Feb 2020, 10:35 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 10:35 WIB
Coppa Italia: Penalti Ronaldo Gagalkan Kemenangan AC Milan atas Juventus
Penalti Ronaldo Gagalkan Kemenangan AC Milan atas Juventus (AP)

Bola.com, Jakarta - AC Milan gagal membuktikan kualitas di hadapan pendukungnya sendiri. Rossoneri ditahan dengan skor 1-1 oleh Juventus pada leg pertama semifinal Coppa Italia, Jumat (14/2/2020).

Jual beli serangan terjadi sejak babak pertama. Trio Milan yakni Hakan Calhanoglu, Zlatan Ibrahimovic, dan Ante Rebic terus menerus mencari celah untuk menjebol gawang tim tamu.

Beruntungnya, La Vecchia Signora memiliki kiper sekaliber Gianluigi Buffon. Penjaga gawang berusia 42 tahun itu masih cukup ampuh mempertahankan skor 0-0 hingga turun minum.

Pada babak kedua, Milan tampil semakin ganas. Kerja keras Zlatan Ibrahimovic berbuah manis. Pada menit ke-61 Rossoneri berhasil menjebol gawang Buffon dan skor berubah menjadi 1-0 untuk Milan.

Skor bertahan sampai waktu tambahan babak kedua. Namun apes menimpa skuat racikan Stefano Pioli.

Jelang laga usai, tembakan akrobatik Ronaldo mengenai tangan dari Davide Calabria. Wasit Paolo Valeri melihat tayangan VAR di pinggir lapangan untuk kemudian memberikan hadiah penalti bagi Juventus.

Penalti dieksekusi dengan baik oleh Cristiano Ronaldo dan skor akhir berubah 1-1. Bukan hanya itu, Bola.com juga merangkum dua bukti AC Milan hanya sedang apes dalam laga tersebut. Berikut perinciannya.

2 dari 3 halaman

1. Unggul Jumlah Tembakan

AC Milan tampil cukup ofensif dalam laga tersebut. Buktinya, mereka berhasil mencatatkan 21 tembakan yang 11 di antaranya mengarah ke gawang.

Angka ini jauh melampaui catatan Juventus dalam pertandingan leg pertama semifinal Coppa Italia 2019-2020 tersebut. Bianconeri hanya mencatatkan 14 tembakan dengan empat yang on target.

Statistik itu membuktikan Milan tampil cukup percaya diri dan kuat dalam strategi kala menjamu Cristiano Ronaldo dkk. Hanya, mereka sedang apes dalam pertandingan tersebut.

3 dari 3 halaman

2. Gol Hanya Lewat Penalti

Gol penyeimbang milik Juventus juga menjadi salah satu bukti bahwa AC Milan hanya apes. Ya, Juventus hanya bisa menyeimbangkan skor dengan tendangan penalti dari kaki Cristiano Ronaldo.

Itu berarti, Nyonya Tua sebenarnya kesulitan memporak-porandakan barisan pertahanan Milan. Bahkan, gol Cristiano Ronaldo itu sempat menimbulkan perdebatan.

Menurut allenatore Milan, Stefano Piolo, Davide Calabria membelakangi Ronaldo kala bola itu menghatam lengannya. Berkaca pada pertandingan Cagliari-Brescia pada awal musim, penalti tak seharusnya diberikan kala pemain membelakangi bola.

“Saya marah. Pertama ada pelanggaran terhadap Ibrahimovic pada awal pertandingan. Ditambah lagi, saya ingat wasit memperlihatkan cuplikan penalti Cagliari-Brescia pada awal musim dan mengatakan itu adalah kesalahan untuk menghadiahkannya karena pemain tidak bisa melihat bola," kata Pioli dikutip dari Football Italia.

Lanjutkan Membaca ↓