Sukses


63 Alasan Valencia Harus Kimput Menghadapi Atalanta

Bola.com, Jakarta - Aneh rasanya melihat suporter Valencia senang ketika pada undian babak 16 besar Liga Champions berjumpa Atalanta. Padahal, lawannya nanti merupakan satu di antara tim paling tajam di Eropa.

Valencia merasa lega karena 'berhasil' terhindar dari tim raksasa lainnya di babak knock-out. Tanpa mereka sadari, meski sempat tertatih-tatih di fase grup, Atalanta bukanlah tim sembarangan.

Pertandingan leg pertama kedua tim akan digelar di Stadio Giuseppe Meazza, Milan. UEFA menilai Atleti Azzurri d'Italia, markas Atalanta di Kota Bergamo, tidak memenuhi kualifikasi untuk menggelar Liga Champions.

Bukan cuma soal infrastruktur saja, Atalanta juga tak memiliki cukup dana untuk menyiapkan skuat yang siap mengarungi Liga Champions. Kekuatan finansial mereka tercatat yang terendah di antara 31 peserta Liga Champions 2019-2020 lainnya.

Siapa sangka, memulai Liga Champions dengan kekalahan telak dari Dinamo Zagreb 0-4, dikalahkan di kandang oleh Shakhtar Donetsk 1-2, dan dibantai 1-5 oleh Manchester City, Josip Ilicic mampu bangkit pada tiga laga berikutnya.

Pada akhirnya, Atalanta sanggup lolos sebagai runner-up usai meraih hasil imbang 1-1 atas Manchester City, menang 2-0 atas Dinamo Zagreb, dan kemenangan tandang 3-0 atas Shakhthar Donetsk.

Terlepas dari performa di Liga Champions, Atalanta juga terbilang stabil di pentas domestik. Anak asuh Gian Piero Gasperini sukses membangun mesin gol dengan skuat yang ada.

Musim lalu, Atalanta merupakan tim dengan gol terbanyak di Serie A. Musim ini, mereka sudah menciptakan 63 gol di semua kompetisi, hanya kalah dari Paris Saint-Germain (67) dan Manchester City (65) saja di liga top Eropa.

Melihat data tersebut, torehan 63 gol yang berhasil dicatatkan Atalanta tentunya merupakan sesuatu yang wajib diperhatikan lebih oleh Valencia. Apalagi, mereka sudah kebobolan 34 kali musim ini di semua kompetisi.

Video

2 dari 2 halaman

Persebaran Gol Atalanta

Dari 63 gol yang dilesakkan Atalanta, Josip Ilicic menjadi penyumbang terbanyak sejauh ini dengan 15 golnya. Kendati demikian, pemain asal Slovenia itu bukan satu-satunya pemain yang harus diwaspadai oleh Valencia.

Ilicic, ironisnya, belum membuka rekening golnya di Liga Champions. Ia juga sebetulnya bukan berposisi sebagai penyerang murni, melainkan gelandang serang atau winger.

Itulah yang menjadi kelebihan Atalanta, yakni banyaknya pemain yang memiliki potensi mencetak gol sama besarnya. Luis Muriel misalnya telah mencetak 13 gol, disusul oleh Duvan Zapata dengan sembilan gol meski banyak absen sepanjang musim ini.

Lalu ada Robin Gosens, bek sayap yang juga bisa bermain sebagai bek tengah, yang telah mencetak delapan gol. Jangan lupakan juga Alejandro Papu Gomez, playmaker flamboyan milik Atalanta yang sudah melesakkan tujuh gol, sama seperti Mario Pasalic.

Sebaliknya, Valencia tengah menghadapi persoalan pelik di lini belakang. Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, dan Alessandro Florenzi dipastikan absen karena berbagai sebab, padahal ketiganya merupakan andalan di area pertahanan.

Atalanta tercatat sudah dua kali mencetak tujuh gol musim ini, melawan Udinese 7-1 dan Torini 7-0. Mereka juga berhasil menghempaskan AC Milan dan Parma dengan skor 5-0.

Sumber: AS, Whoscored

Video Populer

Foto Populer