Sukses


Profil Stadion Piala Eropa 2020 : Dublin Arena

DUBLIN Arena menjadi satu di antara stadion yang bakal menjadi tuan rumah perhelatan akbar Piala Eropa 2020. Terletak di Kota Dublin, Irlandia, stadion yang juga dikenal sebagai Lansdowne Road atau stadion Irlandia ini akan menggelar laga Grup B.

Polandia, Swedia, dan Spanyol tergabung di grup ini pada Piala Eropa 2020. Sementara satu posisi lagi akan ditempati pemenang playoff Grup B. Dubin Arena terpilih sebagai venue untuk menggelar laga Piala Eropa 2020 bukan tanpa alasan. Selain berkapasitas 51.700 penonton (semua duduk), stadion ini juga sering menjadi tuan rumah event sepak bola internasional..

Bernama lain Aviva Stadium ini dibangun di situs bekas stadion Lansdowne Road yang dihancurkan pada 2007 silam. Stadion ini menjadi markas bagi penyewa utamanya, yakni Timnas Rugby Irlandia dan timnas sepak bola Republik Irlandia.

Keputusan untuk membangun kembali stadion setelah gagasan untuk Stadium Ireland serta Eircom Park tidak berhasil. Aviva Group Irlandia kemudian menandatangani kontrak 10 tahun untuk hak penamaan pada 2009 silam.

Dublin Arena , yang terletak bersebelahan dengan stasiun kereta Jalan Lansdowne, secara resmi dibuka pada 14 Mei 2010. Stadion ini merupakan yang pertama di Irlandia, serta hanya satu, Stadion Kategori 4 UEFA pada 2011 dan menjadi tuan rumah final Liga Europa.

Tak seperti pendahulunya, yang dimiliki sepenuhnya oleh Persatuan Sepak Bola Rugby Irlandia (IRFU), stadion saat ini dikendalikan IRFU dan Asosiasi Sepak Bola Irlandia (FAI) melalui usaha patungan. Usaha patungan ini dikenal sebagai Lansdowne Road Stadium Development Company (LRSDC).

Kerja bareng ini memiliki masa sewa 60 tahun. Setelah masa sewa tersebut habis, maka kepemilikan ekseklusif stadion akan kembali ke IRFU. Rencananya, Dublin Arena akan menggelar tiga laga Grup B dan satu laga Babak 16 Besar Piala Eropa 2020.

 

 

2 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

15 Juni 2020

Polandia vs Pemenang Playoff B

19 Juni 2020

Swedia vs Pemenang Playoff B

24 Juni 2020

Swedia vs Polandia

30 Juni 2020

Pemenang Grup E vs Runner Up Grup F

3 dari 3 halaman

Momen Penting

Pertandingan sepak bola pertama di Dublin Arena adalah Manchester United (MU) melawan League of Ireland XI Side, yang dikelola oleh Damien Richardson. Laga ini dimainkan pada 4 Agustus 2020.

MU memenangkan laga tersebut dengan skor telak 7-1. Gelandang MU asal Korea Selatan Park Ji-Sung mencetak gol pertama di Dublin Arena

Sementara pertandingan internasional pertama yang digelar di Aviva Stadium terjadi pada 11 Agustus 2010. Saat itu, Timnas Irlandia menghadapi Argentina dalam laga persahabatan.

Irlandia tampil sebagai pemenang dalam laga itu dengan skor tipis 1-0. Sementara itu, gol kompetitif pertama dicetak oleh Kevin Kilbane dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2012 pada 7 September 2010 melawan Andorra.

Aviva Stadium pernah terpilih sebagai venue digelarnya final Liga Europa 2011. Karena aturan UEFA terhadap sponsor perusahaan di luar federasi, maka stadion ini disebut sebagai Dublin Arena. Laga final mempertemukan antara tim Portugal, Porto dan Braga. Laga itu berkesudahan 1-0 untuk kemenangan Porto.

Video Populer

Foto Populer