Sukses


Profil Tim Piala Eropa 2020: Republik Ceska

TIM ini selalu dianggap sebagai kuda hitam, baik di kawasan Eropa maupun dunia. Yup, Republik Ceska memang bukan tim yang 'besar' di Eropa. Mereka tidak punya skuat yang bertabur bintang kelas dunia, namun sejak tahun 1996 mereka tidak pernah sekalipun absen dari putaran final kompetisi Euro.

Sebelum tahun 1996, Republik Ceska memang belum berdiri. Saat itu, mereka masih tergabung dengan Slovakia sebagai Cekoslovakia. Kondisi itu sebelum kedua negara ini berpisah di tahun 1993.

Cekoslovakia sendiri punya taji di kompetisi Euro. Mereka pernah menjadi Juara Piala Eropa 1976 dan dua kali menjadi peringkat ketiga di Piala Eropa 1960 dan Piala Eropa 1980.

Setelah berpisah, Republik Ceska juga memiliki catatan yang apik di turnamen antar negara Eropa ini. Mereka pernah menjadi runner up di Euro 1996, setelah kalah dari Jerman di Final. Selain itu juga menjadi semifinalis setelah kalah dari Yunani karena aturan Golden Ball.

Dengan rekor selalu ikut serta di putaran final Euro, Pasukan Jaroslav Silhavy berhasil memastikan diri lolos ke putaran Final Piala Eropa 2020 setelah menjadi runner up grup A, dengan rekor lima kemenangan dan tiga kekalahan.

Kelolosan Republik Ceska jika dilihat dari kacamata statistik memang cukup menarik. Mereka hanya mampu mencetak 13 gol dari delapan pertandingan penyisihan, di mana mereka kebobolan 11 gol dari delapan pertandingan.

Lima dari 11 gol yang bersarang ke gawang mereka tercipta saat mereka kalah 5-0 dari Inggris di pertandingan penyisihan pertama grup A. Berbekal lini serang yang kurang produktif serta lini pertahanan yang kurang teruji menghadapi tim-tim besar.

Walhasil, menarik untuk melihat bagaimana mereka akan bertahan hidup di Grup D, di mana mereka akan bersaing dengan Inggris, Kroasia dan Pemenang playoff C.

 

2 dari 5 halaman

Profil Pelatih : Jaroslav Silhavy

PADA putaran final Piala Eropa 2020 ini, Timnas Republik Ceska akan dikomandoi pelatih berusia 58, Jeroslav Silhavy.

Silhavy pertama kali diangkat menjadi manajer Timnas Republik Ceska pada 2018. Ia menggantikan Karel Jarolim yang dipecat Federasi Sepakbola Republik Ceska setelah mereka kalah 5-1 dari Russia, yang merupakan kekalahan terbesar dalam sejarah Republik Ceska.

Silhavy sendiri tidak asing melatih Timnas Republik Ceska. Ia sempat menjadi assisten manajer Republik Ceska saat mereka masih ditangani Karel Bruckner dari tahun 2001-2009, sebelum ia memutuskan menjadi manajer Dynamo České Budějovice di tahun 2009.

Sebagai seorang manajer, Silhavy belum pernah menangani tim di luar Republik Ceska. Namun ia pernah menangani dua tim terbesar di Republik Ceskayaitu Slovan Liberec dan Slavia Praha, di mana ia memenangkan masing-masing satu gelar Liga Republik Ceska bersama kedua klub tersebut.

Rekornya saat menangani Republik Ceska memang cukup bagus. Dari 14 laga yang ia tukangi, Timnas Republik Ceska tercatat menang delapan kali dan kalah enam kali, di mana mereka mencetak 16 gol dan kebobolan 18 gol, di mana gawang mereka kerap bobol banyak ketika melawan tim-tim besar.

Di Euro 2016 silam, Republik Ceska gagal lolos dari fase grup. Mampukah Silhavy membawa timnya melampaui capaian itu? Kita lihat saja di musim panas nanti.

 

3 dari 5 halaman

Pemain Bintang : Patrick Schick

SEPERTI tulisan sebelumnya, Timnas Republik Ceska bukan tim yang bertabur bintang. Mereka tidak punya sosok ikonik lagi seperti Pavel Nedved, Petr Cech, atau Tomas Rosicky yang menjadi ikon dari Timnas Ini.

Namun jika harus memilih siapa yang akan menjadi pemain kunci Republik Ceska di Piala Eropa 2020, rasa-rasanya tidak berlebihan jika menyebut Patrick Schick sebagai kartu as.

Schick sempat menjadi rebutan klub-klub top Italia ketika ia memperkuat Sampdoria. Namun performanya mulai menurun sejak membela AS Roma, sehingga pada musim panas kemarin ia dipinjam oleh RB Leipzig.

Di Jerman, sang striker mulai menemukan permainan terbaiknya. Sempat absen cukup lama di awal musim karena cedera engkel, namun sejak November Schick mulai rutin bermain di lini serang Die Roten Bullen, di mana ia mengemas enam gol dari 12 pertandingan RB Leipzig.

Catatan golnya di Timnas Senior Republik Ceska juga cukup bagus. Sejak debut di tahun 2016 silam, Schick tercatat sudah 19 kali membela Timnas Republik Ceska dan menyarangkan sembilan gol untuk negaranya.

Jika Timnas Republik Ceska ingin lolos dari fase grup di putaran Final Piala Eropa 2020, Schick harus berada dalam kondisi prima agar mampu mencetak banyak gol di turnamen nanti.

 

4 dari 5 halaman

Jalan Menuju Piala Eropa 2020

SAAT undian penyisihan Piala Eropa 2020 kemarin, Republik Ceska tergabung di Grup A. Grup ini relatif enteng, di mana mereka hanya memiliki Inggris sebagai pesaing berat, sementara tiga tim lainnya, Kosovo, Bulgaria dan Montenegro diyakini tidak mampu berbuat banyak.

Pertandingan pertama Republik Ceska di penyisihan Piala Eropa 2020 adalah langsung menghadapi Inggris. Mereka tumbang dengan skor telak 5-0 di Wembley, di mana Raheem Sterling mencetak hattrick di laga itu.

Setelah kekalahan itu, Republik Ceska meraih dua kemenangan beruntun melawan Bulgaria dan Montenegro dengan skor 2-1 dan 3-0. Namun langkah mereka kembali tertahan setelah tumbang dengan skor 2-1 kontrak Kosovo.

Republik Ceska kembali meraih tiga kemenangan beruntun, melawan Montenegro (3-0), Inggris (2-1), dan mereka memastikan diri lolos ke putaran final setelah mengalahkan Kosov dengan skor 2-1. Namun sayang di partai pamungkas mereka tumbang dari Bulgaria dengan skor 1-0.

Dengan capaian itu, Republik Ceska meraih lima kemenangan dan tiga kekalahan di fase grup sehingga mereka meraih total 15 poin, terpaut enam poin dari Inggris di peringkat pertama. Mereka tercatat hanya mampu membuat 13 gol di fase grup dan kebobolan 11 gol.

Berdasarkan hasil undian putaran Final Piala Eropa 2020, Republik Ceska akan tergabung dengan Grup D. Mereka akan berjumpa kembali dengan Inggris, Kroasia dan pemenang playoff C antara Norwegia, Serbia, Skotlandia dan Israel.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

TIMNAS Republik Ceska tergabung di Grup D. Mereka nantinya akan bertanding di dua stadion sepanjang fase grup, yaitu di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia dan Wembley, London, Inggris.

Republik Ceska dijadwalkan akan menantang pemenang Playoff C di partai pertama mereka, sementara partai pamungkas mereka akan bertemu dengan unggulan juara, Inggris.

Berikut jadwal pertandingan Republik Ceska pada fase grup Piala Eropa 2020 :

15 Juni 2020 : Pemenang Playoff C Vs Republik Ceska (Hampden Park)

19 Juni 2020 : Kroasia Vs Republik Ceska (Hampden Park)

23 Juni 2020 : Republik Ceska Vs Inggris (Wembley)

Disadur dari : Bola.net

Penulis : Serafin Unus Pasi

Video Populer

Foto Populer