Sukses


Profil Stadion Piala Eropa 2020: Arena Nationala

KOTA Bucharest mendapat kepercayaan menjadi satu di antara 12 tuan rumah putaran final Piala Eropa 2020. Stadion Arena Nationala menjadi pilihan UEFA, yang akan memberi nuansa berbeda.

Arena Nationala, atau juga disebut sebagai The National Arena, terletak di Kota Bucharest, ibukota Rumania. Stadion ini berjarak sekitar empat kilometer dari pusat kota, ke arah timur.

Stadion ini mulai dibuka pada tahun 2011 lalu. Butuh dana mencapai 234 juta euro saat itu untuk membangun stadion ini. Pembangunannya sendiri memakan waktu sekitar tiga tahun.

The National Arena memiliki kapasitas 55.634 tempat duduk dan menjadi stadion terbesar di Rumania. Stadion ini juga termasuk canggih karena memiliki retractable roof alias atap yang bisa dibuka tutup secara otomatis. Untuk membuka atau menutup atap ini, dibutuhkan waktu selama sekitar 15 menit.

Di dalam stadion, terdapat 3.600 tempat duduk VIP. Sementara untuk media, stadion ini menyediakan 126 tempat duduk. Namun pihak pengelola stadion bisa menambah kapasitasnya menjadi 548 tempat duduk.

Arena Nationala memiliki desain mangkuk, memungkinkan untuk tempat duduk terhubung terus menerus di sekitar lapangan. Ini berlawanan dengan gaya stadion di Inggris di mana tiap tribune terpisah di setiap sisi.

Namun pembangunan stadion ini tidak lepas dari kontroversi. Hal tersebut tak lepas dari masalah biaya dan adanya beberapa penundaan.

Walikota Bucharest saat itu, Sorin Oprescu, sempat menyebut pembangunan stadion telat 20 pekan dari jadwal yang semestinya pada bulan Mei 2009. Situasi jadi sedikit runyam pada Oktober 2009.

Sebab ada keputusan untuk menambahkan 'retactable roof'. Biaya pembangunan stadion pun membengkak 20 juta euro. Sekitar dua bulan kemudian, masalah kembali menghampiri. Proses pembangunan stadion terpaksa dihentikan sementara karena cuaca yang tidak mendukung.

 

2 dari 5 halaman

Momen Bersejarah di Arena Nationala

AWALNYA, acara pembukaan resmi stadion ini digelar pada 10 Agustus 2011. Acara itu juga direncakan bakal diramaikan dengan laga uji coba antara Timnas Rumania dengan Argentina. Akan tetapi pada bulan Juli, Tim Tango membatalkan rencana itu setelah pelatih mereka yakni Sergio Batista, mengundurkan diri.

Pada akhirnya acara pembukaan stadion itu dimundurkan pada tanggal 6 September 2011. Saat itu bertepatan dengan digelarnya laga Kualifikasi Euro 2012 Grup D antara Timnas Rumania lawan Prancis. Pertandingan itu berkesudahan 0-0 sementara penonton yang datang ke stadion berjumlah 49.137.

Jumlah penonton tertinggi untuk pertandingan sepak bola dicapai pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 antara Rumania vs Belanda, yang diselenggarakan pada 16 Oktober 2012. Saat itu ada 53.329 penonton yang memadati stadion.

Stadion ini juga pernah dipakai untuk perhelatan final Liga Europa pada bulan Mei 2012 silam. Saat itu tim yang bertanding di laga puncak sama-sama berasal dari Spanyol yakni Atletico Madrid dan Athletic Bilbao. Stadion tersebut dihadiri oleh 52.347 penonton. Jumlah itu menjadi jumlah penonton terbesar kedua di sepanjang sejarah stadion tersebut.

Stadion ini tentunya juga bisa digunakan untuk keperluan lain selain sepak bola. Arena Nationala pernah dimanfaatkan untuk perhelatan konser musik. Sejumlah musisi top dunia pernah manggung di sini.

Sebut saja Red Hot Chili Peppers, Depeche Mode, Kings of Leon, Ed Sheeran, hingga Metallica. Nama terakhir menjadi konser dengan rekor kehadiran penonton terbanyak (50.319 penonton). Rencananya pada bulan Juli 2020 nanti, Celine Dion akan tampil dalam rangkaian Courage World Tour.

 

3 dari 5 halaman

Berdiri di Atas Bekas Stadion Lain

Arena Nationala sendiri dibangun di atas bekas stadion lama yang bernama Stadionul National, alias The National Stadium. Stadon ini sangat bersejarah karena dibangun pada tahun 1953 silam dan dirancang oleh arsitek bernama Villy Juster.

Stadion ini awalnya dibangun untuk menggelar 4th World Festival of Youth and Students. Festival ini telah diselenggarakan secara rutin sejak 1947 sebagai acara solidaritas pemuda global untuk demokrasi dan melawan perang dan imperialisme.

Awalnya stadion ini terkenal dengan nama Stadionul August 23. Setelah itu berganti nama menjadi Stadionul National. Kompleks olahraga yang berada di sekitar stadion diberi nama Lia Manoliu, yang merupakan nama seorang atlet terkenal di Rumania.

Stadion ini memiliki kapasitas yang lebih besar ketimbang The National Arena. Stadion ini berkapasitas 60.120 penonton dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tentunya yang paling sering adalah untuk menggelar kegiatan sepak bola. Timnas Rumania pun kerap menggelar pertandingan mereka di sini.

Stadion ini juga pernah menggelar sejumlah konser musisi dunia. Dua di antaranya adalah konser Michael Jackson pada tahun 1992 dan 1996.

Stadion ini menggelar pertandingan terakhirnya pada November 2007. Saat itu Rumania bermain melawan Albania dan menang telak 6-1. Setelah pertandingan, stadion itu akhirnya dirobohkan demi membangun stadion baru.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

PADA 6 Desember 2012, UEFA mengumumkan Piala Eropa 2020 akan dihelat di beberapa negara Eropa. Format tersebut dirancang untuk merayakan 60 tahun digelarnya turnamen terbesar negara-negara Eropa ini.

Satu di antara negara yang mendapat jatah untuk menggelar Piala Eropa 2020 ini adalah Rumania. Stadion Arena Nationala menjadi salah satu stadion yang dipercaya UEFA untuk menggelar pertandingan turnamen dua tahunan tersebut.

Rencananya akan ada empat pertandingan yang dihelat di Arena Nationala. Tiga laga merupakan pertandingan di fase grup dan satu lagi merupakan laga di babak 16 besar.

14 Juni 2020 : Austria Vs Play-off pemenang D atau A

18 Juni 2020 : Ukraina Vs Play-off pemenang D atau A

22 Juni 2020 : Ukraina Vs Austria

29 Juni 2020 : Babak 16 Besar

 

5 dari 5 halaman

Catatan Tentang Arena Nationala

1. Stadion ini digunakan tiga tim sekaligus: Timnas Rumania, Steua Bucharest, Dinamo Bucharest

2. Stadion ini merupakan Stadion UEFA Kategori 4

3. Stadion in dirancang oleh Gerkan, Marg and Partners, dan dibangun oleh perusahaan Jerman Max Bogl dan perusahaan Italia Astaldi.

4. Stadion ini dimiliki oleh pemerintah kota Bucharest, tetapi dapat disewa oleh klub sepak bola mana pun.

5. Sejak awal musim 2012/13, Dinamo memutuskan untuk memainkan semua pertandingan liga kandang mereka di stadion ini, meskipun masalah penjadwalan terkadang memaksa mereka kembali ke kandang lama mereka, Stadionul Dinamo.

6. Arena Nationala pada awalnya juga digunakan oleh Steaua Bucharest untuk pertandingan besar di liga dan semua pertandingan Eropa mereka, dan pada 2015 mereka memutuskan untuk memainkan semua pertandingan kandang mereka di stadion ini.

7. Desain atap Arena Nationala sangat mirip dengan Stadion Nasional di Warsawa, Polandia. Kedua stadion ini juga memiliki kapasitas dan umur yang sama.

Disadur dari : Bola.net

Penulis : Dimas Ardi Prasetya

Video Populer

Foto Populer