Sukses


    5 Rekor Piala Dunia yang Mungkin Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

    Jakarta - Tidak perlu diragukan lagi kalau Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan pemain terbaik di dunia. Dalam satu dekade terakhir, keduanya bergantian merebut trofi.

    Namun, baik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi belum punya trofi Piala Dunia. Sejak digulirkan pada 1930, Piala Dunia merupakan trofi yang paling diidam-idamkan oleh setiap pemain di seluruh penjuru Bumi.

    Banyak rekor yang sudah tercipta di Piala Dunia. Seperti Miroslav Klose yang saat ini memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia. Pria asal Jerman itu mencetak 16 gol.

    Sedangkan Brasil merupakan negara yang paling banyak memenangkan ajang ini. Tim Samba sudah menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali.

    Berbicara soal rekor Piala Dunia, berikut ini hal-hal yang mustahil dicatatkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pada ajang ini.

    Saksikan video pilihan berikut ini:

    2 dari 6 halaman

    Pencetak Gol Termuda

    Bicara soal pencetak gol termuda di Piala Dunia, Ronaldo dan Messi sudah tidak mungkin bisa melakukannya. Ronaldo sudah berusia 35 tahun, sedangkan Messi telah menginjak 32 tahun.

    Dalam sejarahnya, pencetak gol termuda di Piala Dunia adalah Pele. Legenda Brasil ini melakukannya saat Piala Dunia 1958. Ketika berusia 17 tahun dan 239 hari, Pele mencetak gol kala Brasil menang 2-0 atas Wales.

    Tak hanya itu, masih di Piala Dunia 1958, Pele juga menjadi pemain termuda yang mencetak hat trick di Piala Dunia kala melawan Prancis di babak semifinal.

    Sementara Messi mencetak gol pertamanya di Piala Dunia pada tahun 2006. Ketika itu usianya sudah 19 tahun. Sedangkan Ronaldo sudah berusia 21 tahun ketika mencetak gol pertamanya di Piala Dunia tahun 2006.

     

    3 dari 6 halaman

    Partisipasi sebagai Kapten

    Rekor penampilan di Piala Dunia sebagai kapten saat ini masih dipegang oleh legenda Meksiko, Rafael Marquez. Mantan bek Barcelona itu terpilih sebagai kapten Meksiko untuk pertama kalinya saat tampil di Piala Dunia 2002.

    Pada saat itu, usia Rafael Marquez masih 23 tahun. Dia juga menjadi kapten Meksiko di Piala Dunia 2006, 2010, 2014, dan 2018. Marquez pun tercatat sudah menjadi kapten dalam lima gelaran Piala Dunia.

    Sedangkan Messi didapuk sebagai kapten Argentina sejak 2011. Sedangkan Ronaldo memegang tanggung jawab sebagai kapten Portugal sejak 2008.

    4 dari 6 halaman

    Pencetak Assist Terbanyak

    Untuk pencetak assist terbanyak dalam sejarah Piala Dunia adalah Pele. Dia telah mencetak 10 assist saat berlaga di Piala Dunia.

    Hebatnya lagi, Pele berhasil mencetak 10 assist dalam tiga penampilannya di Piala Dunia, yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1966.

    Sedangkan untuk Messi, baru mencetak lima assist dari 19 pertandingan di Piala Dunia. Sementara Ronaldo baru mengukuhkan dua assist dari 17 aksinya di Piala Dunia.

    5 dari 6 halaman

    Rekor Terbanyak Finis sebagai Finalis

    Untuk rekor yang berhasil finis sebagai finalis di Piala Dunia dimiliki enam pemain. Mereka adalah Nilton Santos, Pele, Cafu, Ronaldo Luiz, Pierre Littbarski, dan Lothar Matthaus.

    Namun, di antara mereka, hanya Pele yang selalu meraih kemenangan di tiga partai final bersama Brasil. Sedangkan, Santos, Cafu, dan Ronaldo sempat sekali menjadi runner up.

    Sementara untuk Littbarski dan Matthaus berhasil memenangkan Piala Dunia bersama Jerman Barat pada 1990. Kemudian mereka menjadi runner up pada Piala Dunia edisi 1982 dan 1986.

    Messi sendiri baru bisa membawa Argentina sebagai runner up pada Piala Dunia 2014. Sedangkan Ronaldo belum pernah tampil di final Piala Dunia bersama Portugal.

    6 dari 6 halaman

    Pengoleksi Gelar Terbanyak Piala Dunia

    Sejak Piala Dunia dimulai pada 1930, tercatat ada 445 pemain yang sudah terlibat sebagai pemenang. Namun, hanya 21 pemain yang berhasil memenangkan Piala Dunia lebih dari satu kali.

    Kemudian, hanya Pele yang berhasil memenangkan Piala Dunia lebih dari dua kali. Pele memenangkan Piala Dunia pertamanya pada 1958. Kemudian dia juga meraihnya di tahun 1962 dan 1970.

    Sedangkan untuk Messi dan Ronaldo, seperti diketahui, mereka belum pernah menjuarai Piala Dunia.

     

    Sumber asli: Berbagai sumber

    Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Edu Krisnadefa, Published 3/3/2020)

    Video Populer

    Foto Populer