Sukses


VIDEO: Profil Tim Wales di Piala Eropa 2020

Bola.com, Jakarta Wales memastikan satu tiket ke Piala Eropa 2020. Ini merupakan kali kedua buat Gareth Bale dkk. berlaga di kompetisi tertinggi antarnegara benua Eropa. Kejutan siap kembali dibuat oleh tim Inggris Raya tersebut. Sejak 1990-an, Wales rutin melahirkan sejumlah pesepak bola papan atas walau tidak sesering negara tetangganya seperti Inggris, Skotlandia, atau Irlandia. Sebut saja Ryan Giggs, Craig Bellamy, Bale, dan tentunya Aaron 'Rambo' Ramsey.

Ironisnya, Wales jarang ikut ambil bagian pada putaran final Piala Eropa dan Piala Dunia. Mereka masih kalah pamor oleh Inggris, Irlandia, dan Skotlandia. Namun, dalam satu dekade terakhir, semua usaha keras mulai membuahkan hasil. Sebagai penggagas UEFA, Wales baru berhasil menembus putaran final Piala Eropa pada 2016 silam. Itu juga merupakan kompetisi prestisius pertamanya sejak mengikuti Piala Dunia 1958. Bisa dibayangkan betapa keberhasilan tersebut disambut suka cita oleh rakyat Wales. Komposisi skuat Wales dinilai sudah sangat layak untuk mengikuti Piala Eropa 2016. Materi Timnas Wales berisikan pemain yang bermain di sejumlah klub papan atas Eropa. Bale, Ramsey, Wayne Hennesey, hingga Ashley Williams hanyalah sebagian kecil dari nama-nama tenar di skuat besutan Chris Coleman tersebut.

Pada Piala Eropa 2016, Wales sebenarnya nyaris tidak lolos dari kualifikasi. Tergabung bersama Bosnia and Herzegovina, Belgia, dan Israel, sedikit yang memprediksi kalau mereka bakal lolos ke putaran final. Pada Oktober 2015, Wales menelan kekalahan perdana dari Bosnia and Herzegovina, yang membuat Belgia terbang ke puncak klasemen kualfikasi Piala Eropa 2016 Grup B. Untungnya, Israel di luar dugaan tumbang Siprus, hasil yang membuat Wales dipastikan lolos ke Piala Eropa untuk pertama kalinya. Magis tim dengan bendera berlatar naga berwarna merah itu berlanjut di putaran final. Berada di Grup B bersama Inggris, Slovakia, dan Rusia, mereka sanggup memuncaki klasemen meski tumbang satu kali dari Inggris.

Pada fase knock-out, Wales mampu mengalahkan Irlandia Utara dengan skor tipis 1-0. Namun, penampilan terbaik Wales bisa dibilang terjadi pada babak perempat final. Kala itu, mereka bertemu Belgia dan di luar dugaan sanggup keluar sebagai pemenang usai menang 3-1. Perjalanan Wales baru kandas di partai semifinal. Bersua Portugal, mereka menyerah kalah 0-2.

Video Populer

Foto Populer