Sukses


Serie A Musim Ini Mungkin Diakhiri Tanpa Peraih Scudetto

Bola.com, Jakarta - Presiden Lega Pro, Francesco Ghirelli diharuskan menyiapkan proposal kepada FIGC (PSSI-nya Italia) mengenai kelanjutan kompetisi menyusul mewabahnya virus corona. Satu di antara opsi yang mengemuka adalah meniadakan peraih scudetto Serie A, B, dan C.

Selain itu, ada pula opsi mengakhiri kompetisi dengan klasemen terkini tanpa status degradasi, dengan degradasi melalui play-off, dan menambah jumlah peserta tim untuk musim depan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ghirelli usai meninggalkan pertemuan penting dengan FIGC yang juga memunculkan putusan bahwa seluruh kegiatan olahraga di Italia dihentikan hingga 3 April 2020.

"Kami tengah mengevaluasi beberapa ide mengenai kompetisi musim ini, mengenai apa yang akan kami lakukan," kata Ghirelli.

"Salah satu ide yang mengemuka adalah tentu tetap menjalankan roda kompetisi sebagaimana mestinya. Tetapi, harus ada opsi lain."

"Opsi meniadakan peraih scudetto alias mengakhiri musim ini tanpa status juara merupakan ide lainnya. Lalu, ada juga mengakhiri musim ini dengan posisi klasemen terkini atau menggelar play-off," sambung Ghirelli.

Video

2 dari 2 halaman

Peserta Serie A Ditambah?

Negara lain, seperti Prancis, Spanyol, Portugal, dan Jerman memilih untuk tetap menjalankan kompetisi seperti biasa, tapi tanpa penonton. Jadi, ada kemungkinan Piala Eropa 2020 diundur atau bahkan dibatalkan akibat virus corona.

"Tiap liga punya kebijakan sendiri-sendiri, bagaimana menyikapi situasi ini, itu menjadi hak masing-masing," kata Ghirelli lagi.

"Kalau Serie A, sempat ada wacana untuk mengakhiri musim ini apa adanya dengan klasemen yang sekadang, maka tiga tim terbawah akan turun kasta. Soal ide menambah peserta Serie A menjadi 22 juga ada, tapi itu tidak masuk hitungan kami."

"Sepak bola harus bisa menerima hal seperti ini. Tidak ada yang menginginkan situasi seperti yang dirasakan sekarang. Kami harus legawa menerima apa pun itu keputusannya," ujar Ghirelli memungkasi.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer